Categories

Mobile

Instagram Luncurkan Channel Video di Explore

Terlepas dari perubahan-perubahan ini, fungsi tab Explore tetap sama.

Yoga Wisesa - 15 April 2016

Meskipun awalnya didesain sebagai medium sharing foto, Instagram mulai memasukkan elemen video sejak Juni 2013, memungkinkan penggunanya merekam dan mengunggah video maksimal 15 detik. Berdasarkan pengamatan media teknologi, langkah ini ialah upaya Facebook menyaingi Vine yang dimiliki Twitter. Ternyata, video di Instagram terbukti sangat populer.

Instagram akhirnya memutuskan untuk memudahkan user mengakses video-video itu. Di akhir Maret silam, mereka diketahui memperpanjang durasi rekaman menjadi 60 detik. Dan khususnya di device iOS, Instagram berencana mengembalikan kapabilitas membuat video dari clip di camera roll. Sebagai kelanjutannya, developer memperbarui penampilan Explore, kini menyuguhkan channel video.

Perubahan bisa segera dilihat dari channel terpersonalisasi bernama 'Video You Might Like', berisi kumpulan video dari komunitas global. Lalu saat mulai menjelajahi Explore, Anda juga akan melihat channel 'Featured', dipenuhi video-video mengenai topik tertentu. Meski mayoritas clip masih berjalan kurang dari 15 detik, ia menyajikan stream konstan sehingga dapat dinikmati selama yang Anda mau. Uniknya lagi, Anda dapat men-tap like dan mem-follow akun tanpa perlu meninggalkan tab Explore.

Terlepas dari perubahan-perubahan ini, fungsi tab Explore tetap sama. Ia akan menyambungkan Anda ke post-post menarik dari orang-orang yang belum Anda follow. Semakin banyak Anda like, konten di Explore jadi bertambah baik karena kian terpersonalisasi, optimal menghidangkan video yang Anda sukai. Dan jika tidak, Anda tinggal men-tap 'See Fewer Posts Like This' di menu '...'.

Di awal tahun ini, Instagram sempat bereksperimen dengan Explore, menghadirkan ajang-ajang pemberian penghargaan semisal Grammy, Oscar serta Golden Globe di layanan mereka meskipun fitur hanya tersedia selama event berlangsung. Dan belum lama ini, Instagram meluncurkan channel video Coachella di app - festival seni dan musik tahunan, diadakan di Empire Polo Club California.

Perlu Anda ketahui, seperti perpanjangan waktu video, update Explore tidak bisa langsung dinikmati semua pengguna Instagram. Buat mengawalinya, fitur anyar ini baru tersedia di wilayah Amerika Serikat saja. Developer berjanji, mereka 'sedang bekerja keras membawanya ke seluruh dunia'.

Sedikit info buat Anda: dalam enam bulan, waktu yang user habiskan untuk menonton video di Instagram naik lebih dari 40 persen.

Sumber: Blog Instagram. Tambahan: Billboard.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter