25 February 2014

by Yoga Wisesa

Intel Luncurkan Prosesor 64-bit Merrifield dan Moorefield dalam Mobile World Congress 2014

Saat Intel meluncurkan prosesor Atom mereka untuk perangkat mobile pertama kali, varian terakhir dengan codename Medfield bisa dibilang merupakan prosesor smartphone paling gesit.

Hanya dengan satu buah core, produk ini dapat mengalahkan performa sepasang core prosesor berbasis ARM. Namun sayangnya prosesor Atom dapat menguras baterai dengan sangat cepat.

Untuk itu Intel membutuhkan varian baru yang bukan hanya lebih cepat, namun juga lebih sedikit mengkonsumsi daya listrik. Di ajang Mobile World Congress 2014 ini, Intel mengumumkan duet prosesor Merrifield dan Moorefield yang diproduksi dengan proses fabrikasi 22 nanometer. Intel Atom Z3400 'Merrifield' merupakan prosesor dual-core, sedangkan Z3500 'Moorefield' ialah prosesor quad-core.

 

Info menarik: Resmi Diumumkan, Ini Dia Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S5

 

Kedua chip ini merupakan prosesor jenis 64-bit dan Intel telah mengujinya dalam versi beta Android khusus. Sang vice president Herman Eul memamerkan mereka dalam konfrensi pers di MWC. Intel juga mengklaim bahwa dalam software benchmark, varian dual-core Merrifield mampu mengalahkan CPU A7 milik Apple dan juga Snapdragon 800 dari Qualcomm.

Dan menariknya mereka juga memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan para kompetitornya itu - berbeda dari prosesor Intel Atom sebelumnya.

Jadi seperti apa spesifikasi lengkap duet prosesor baru dari Intel ini? Merrifield akan beroprasi dengan kecepatan hingga 2,13GHz, dilengkapi prosesor grafis PowerVR G6400, mendukung RAM hingga 4GB dan penyimpanan eksternal hingga 256. Prosesor ini juga dapat memproses video 1080p dengan kamera hingga 13-megapixel dan mendukung Android versi terbaru 4.4.2.

Varian Moorefield memiliki spesifikasi yang lebih tinggi, ia berlari di kecepatan hingga 2,3GHz, dipersenjatai grafis PowerVR, mendukung RAM hingga sebesar 4GB, penyimpanan 256GB, kamera 13-megapixel dan Android 4.4.2 KitKat.

 

Info menarik: Viber Siapkan Versi Eksklusif Untuk Perangkat Nokia X

 

Selain dua prosesor ini, Intel juga mengumumkan sepasang modem LTE standalone. Mereka ialah XMM 7160 dan XMM 7260. XMM 7160 mendukung 15 band berbeda dan menyediakan kecepatan hingga 150Mbps, sedangkan XMM 7260 mendukung 22 band dan kecepatan hingga 300Mbps.

Beberapa nama familiar sudah memberikan lampu hijau mereka terhadap produk baru dari Intel ini. Foxconn telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan mereka, dan baik Merrifield serta Moorefield akan hadir di handset-handset terbaru garapan Asus, Dell serta Lenovo.

Sedikit info menarik, seorang rekan media terpaksa melakukan downclock pada prosesor Intel dalam Lenovo K900 miliknya karena menurutnya smartphone ini sangat haus baterai. Ia menurunkannya ke kecepatan 800Mhz per core, namun pada dasarnya handset ini masih bisa menangani berbagai aplikasi esensial dan beberapa game yang menuntut grafis.

Jadi bayangkan jika Atom bisa berjalan di kecepatan 2GHz dengan baterai yang tahan lama...

Sumber Laptopmag.com. Sumber gambar: MobileGeeks.de.