7 January 2014

by Bambang Winarso

Intel Perkenalkan Sejumlah Teknologi Ciamik Mulai RealSense, Smartwatch dan Komputer Seukuran SD Card

Intel punya misi yang memberi beban tersendiri kepada tim mereka dengan membuat komitmen untuk membawa teknologi komputer ke era yang lebih dekat dengan manusia, mereka menyebutnya "Perceptual Computing" di mana menitikberatkan pada teknologi gerak tubuh, pengenalan wajah, dan pengendalian PC melalui teknologi tatap muka.

Tapi sepertinya hanya sebagian dari teknologi tersebut yang akan disuguhkan kepada kita, sebagaimana isi pengumuman terbaru bertajuk "A Revolution in the making" yang disampaikan oleh Intel melalui CEO-nya Brian Krzanich pada ajang CES 2014 yang berlangsung di Las Vegas. Apa saja teknologi baru yang dirilis oleh Intel untuk tahun 2014? Ini dia ulasan selengkapnya.

Kamera 3D RealSense

Teknologi RealSense menjadi salah satu bagian favorit yang tidak boleh dilewatkan, itu sebabnya teknologi ini saya tempatkan di posisi pertama. Secara sederhana RealSense dapat didefininisikan sebagai teknologi kamera 3D yang terintegrasi dengan modul kamera 2D dan mempunyai kemampuan untuk menagkap objek di tiga dimensi, sehingga memungkinkan untuk memahami jarak dan juga menangkap gambar. Dengan kata lain, teknologi kamera ini bekerja layaknya mata manusia.

Kemampuan kamera RealSense dapat digunakan untuk memindai objek lalu menampilkannya dalam bentuk tiga dimensi. Lebih lanjut perangkat lunak yang sudah tersedia di dalamnya dapat melakukan serangkaian proses modifikasi seperti menghapus latar, memutar sudut pandang kamera, mengisolasi objek dan lain sebagainya.

 

Info menarik: Gartner: Penjualan Komputer Personal Turun 8,6% di Q3

 

Purna Rupa Smartwatch dan Smart Headset, "Jarvis"

Tren wearable device yang sedang hot tak pelak membuat Intel tergoda untuk mencoba peruntungan mereka, hal ini dipastikan dengan pengenalan beberapa purna rupa perangkat smartwatch dan smart headset versi Intel bernama Jarvis. Mungkin saat mendengar nama Jarvis Anda akan langsung teringat dengan komputer super pintar milik Stark si Iron Man. Tapi, ini berbeda jadi buang dulu imajinasi gila Anda.

Purna rupa smartwatch milik Intel ini diklaim memiliki kelebihan karena bersifat merdeka, artinya tidak tergantung dengan perangkat lain. Dalam arti lain, jam tangan pintar Intel ini punya konektifitas sendiri baik ke perangkat lain maupun ke jaringan internet. Tak hanya itu, jam tangan pintar ini dilengkapi fitur notifikasi berdasarkan lokasi. Menurut Intel, jam tangan ini akan hadir di tahun 2014, tunggu saja.

Lalu bagaimana dengan smart headset, Jarvis? Smartheadset kreasi Intel ini diklaim memungkinkan pengguna untuk berhubungan dengan ponsel tanpa menyentuh sama sekali. Pada dasarnya Jarvis adalah sebuah headset yang menggunakan koneksi Bluetooth, bentuknya tak begitu istimewa tapi menurut Brian Krzanich headset ini punya kemampuan unik selain yang saya sebutkan di atas.

 

Info menarik: Open Automotive Alliance, Persekutuan Perusahaan Raksasa Untuk Mengusung Android ke Mobil Anda

 

Kemampuan lain yang bisa dilakukan oleh Jarvis misalnya mengendalikan smartphone untuk mencari alamat restoran ternama, mendapatkan petunjuk jalan dan bahkan melebihi apa yang bisa dilakukan oleh Siri milik Apple atau Google Now. Sayangnya Jarvis belum akan dijual karena Intel masih menginginkan perubahan terutama dari sisi desain.

Edison, Komputer Super Mini Seukuran SD Card

Kejutan lain yang juga mengundang decak kagum adalah Edison, ia bukan nama seseorang melainkan sebuah komputer yang dilengkapi prosesor dual core kelas Pentium PC, berjalan dengan Linux, mempunyai fitur Wi-Fi dan juga Bluetooth. Fiturnya tak hebat, tapi yang membuat komputer ini menjadi hebat karena mempunyai ukuran fisik sebesar SD Card.

Menurut Intel, komputer bernama Edison ini telah mempunya toko aplikasi khusus dan sebuah model Wolfram yang dirancang sebagai komputer mini. Dalam aplikasinya Edison mempunyai kemampuan untuk memproses data dari lingkungan sekitar. Dengan menggunakan program yang tepat, Edison dapat melakukan analisa terhadap informasi yang masuk dan mengeksekusi solusi dari informasi yang didapatkan.

 

Info menarik: Angkatan Udara Inggris Mulai Produksi Pesawat Tempur Dengan Teknologi 3D Printing

 

Untuk dapat bekerja dengan baik Edison digabungkan dengan yang namanya Nursery 2.0 yang mempunyai serangkaian sensor guna menganalisa temperatur, helaan nafas dan lain sebagainya. Brian Krzanich menantang siapapun untuk membuat perangkat ini menjadi bisa dipakai layaknya jam tangan atau headset, bagi yang berhasil akan mendapatkan hadiah dengan nominal total mencapai $1.3 juta, hadiah utamanya $500,000.

Selain tiga inovasi terbaru di atas, Intel masih punya sejumlah kejutan lain. Misalnya kepastian hadirnya komputer yang berjalan dengan dua sistem operasi yakni Windows dan Android. Kemudian ada juga perangkat unik bernama Smart charging bowl yang bisa mengisi ulang perangkat hanya dengan meletakkannya ke dalam Smart charging bowl.

Di tahun 2014 ini Intel memang punya banyak kejutan, itu fakta yang sulit dimentahkan. Tetapi pertanyaanya, bisakah semua perangkat itu dijual dan menjadi profit? Kita nantikan perkembangan selanjutnya.

Sumber berita dan gambar TheVerge, Intel dan gambar header koleksi TRL.