Categories

Gadget

Intel Xeon Cascade Lake Dukung RAM 3,84 TB!

Per Socket! Bukan totalnya...

Dimas Galih W. - 11 July 2018

Pertarungan abadi antara Intel dan AMD menekan kedua perusahaan tersebut untuk menelurkan feature-feature baru. Intel sendiri saat ini sudah diketahui bakal mengeluarkan prosesor baru untuk server dengan nama Cascade Lake.

Spesifikasi detail untuk Cascade Lake sendiri sampai saat ini belum secara resmi dikeluarkan oleh Intel. Akan tetapi, menurut laporan dari ServeTheHome, chipset Intel yang satu ini nantinya akan mendukung memori hingga 3,84 TB per socket. Hal ini menjadikan dukungannya dua kali lipat dari yang didukung oleh CPU Xeon Platinum M-Series berbasis Skylake, dimana mendukung 1,5 TB DDR 4 dengan menggabungkan DIMM 512 GB Optane dan DDR4 128 GB.

Intel menerbitkan gambar server Cascade Lake tahun lalu dengan enam DIMM DDR4 dan enam DIMM Optane Persistent per soketnya. Pada gambar tersebut, modul Apache Pass versi Intel memiliki kapasitas 512 GB.

Jika semua modul dipasangkan, dalam konfigurasi enam Optane dan enam DDR4, hasilnya akan menjadi 3072 GB memori Optane 3D XPoint dan 768 GB DDR4 RAM, dengan total 3,84 TB. Jika terdapat dua soket, maka bisa menjadi 7,68 TB per node.

Walaupun begitu, perlu diketahui bahwa tidak semua SKU Cascade Lake mendukung memori 3,84 TB. Hal ini hanya didukung pada model-model premium saja. Nantinya kemungkinan beberapa SKU pun tidak mendukung DIMM Optane. Hal tersebut tentu saja akan ditentukan pada saat Cascade Lake diluncurkan.

Sekedar tahu saja, sebuah RAM LRDIMM DDR4 128 GB memakan biaya sekitar $3500 (sekitar RP50 jutaan). Harga Optane sendiri belum diketahui. Nantinya, jika semua itu terwujud, kemungkinan besar harga server dengan Cascade Lake akan memakan biaya yang sangat besar.

 

Sumber artikel dan gambar: ServeTheHom. Gambar header: Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter