1. Startup

Interface Baru di Player YouTube

Setelah melakukan perombakan besar pada halaman utama mereka, kini YouTube melakukan perubahan lagi pada tampilan mereka.

Seperti yang dituliskan Cnet, perubahan kecil terjadi pada tab yang terdapat pada bagian bawah video, yaitu pada interface yang menunjukkan waktu putar video serta fitur volume. Jika pada awalnya tampilan desain volume video untuk mengecilkan dan membesarkan suara dilakukan dengan menggeser knob volume ke atas dan ke bawah, kini untuk membesarkan volume dan mengecilkannya dengan cara menggeser knob volume ke kiri dan ke kanan.

Interface yang baru juga terdapat pada penunjuk waktu lama video, jika dulu berbentuk bulat saja, kini ada dua tampilan. Pertama ketika pertama kali video di putar maka akan muncul bulat kecil yang menunjukkan lama waktu putar video, namun ketika video telah berjalan beberapa saat, maka penunjuk waktu putar ini akan menghilang, dan muncul lagi jika anda mengarahkan kursor ke ke arah video kembali.

Tampilan yang baru juga lebih transparan sehingga memberikan kesan lebih modern, penunjuk waktu lama putar video pun pindah ke atas, meski warnanya masih merah. Tapi keterangan tentang resolusi, yang merupakan salah satu fitur yang lumayan baru, di beberapa video tidak muncul. Saya juga mencoba beberapa genre video, misalnya untuk spech atau presentasi seperti presentasi Steve Jobs tentang iPad, tampilannya masih seperti yang lama, tapi untuk video klip band, tampilan telah berubah seperti screenshot diatas.

Masih seperti yang ditulis Cnet, ada dua tipe video yang belum diubah tampilan player-nya, yaitu video dengan iklan, serta video yang di-embed keluar YouTube, tampilannya masih tampilan player lama, namun dalam beberapa minggu ke depan, tampilan player dua jenis video ini juga akan diubah.

Belum ada rilis resmi di blog YouTube yang menjelaskan tentang perubahan ini, tampilan player di blog mereka pun masih yang lama. Untuk mencobanya tampilan baru ini anda bisa melihat video di link ini, dan bandingkan dengan tampilan player di video lama di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again