Categories

Berita

Ubiqu Hadirkan Konektivitas Internet Melalui Antena, Targetkan Pengguna di Daerah Pelosok

Gunakan kapabilitas satelit Nusantara Satu yang diluncurkan awal tahun ini

Randi Eka - 1 November 2019

Mengusung slogan “internet dari langit”, layanan Ubiqu diluncurkan. Memanfaatkan satelit Nusantara Satu yang diluncurkan awal tahun ini, produk yang dikembangkan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) tersebut mampu menghadirkan solusi penyebaran layanan internet dengan pemancar antena untuk pengguna rumahan.

Layanan tersebut juga dipasarkan untuk daerah-daerah yang tidak terjangkau konektivitas berbasis kabel, misalnya di pulau terluar, gunung, hutan, dan lainnya. Layanan Ubiqu sebenarnya sudah mulai didesain sejak dua tahun lalu, namun sekarang dengan bantuan satelit baru, mereka berkomitmen untuk menghadirkan produk internet terjangkau bagi masyarakat.

“Ubiqu telah diluncurkan sejak dua tahun lalu. Namun dengan menggunakan Nusantara Satu yang merupakan satelit berkapasitas tinggi dengan teknologi terbaru yakni High Throughput Satellite (HTS), membuat internet satelit yang kami tawarkan ke masyarakat menjadi solusi yang paling terjangkau, karena memiliki kuota yang lebih besar, kecepatan lebih tinggi, namun lebih hemat di kantong,” ujar Direktur Niaga PSN Agus Budi Tjahjono.

Dalam penerapannya, menurut Agus, selama masih menghadap langit dan tidak terhalang dengan benda lain seperti pohon, rumah, dan sebagainya, internet satelit Ubiqu dapat langsung menyala dan memancarkan internet.

“Mungkin bagi masyarakat di perkotaan yang sudah sangat terfasilitasi, sambungan internet bukan lagi permasalahan besar. Namun bagi masyarakat Indonesia di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), internet satelit menjadi solusi dan berdampak positif untuk mereka. PSN melalui Ubiqu menjadi bagian untuk mengurangi digital gap di seluruh wilayah di Indonesia,” ujar Agus menjelaskan misi perusahaannya.

Untuk paket perangkat, meliputi Antena VSAT, Mounting VSAT, BUC, kabel, modem satelit, dan wifi router; Ubiqu mengenakan biaya mulai 7,9 juta Rupiah. Sementara untuk langganan internet bulanan, pengguna bisa memilih paket berkuota maupun paket unlimited.

Pihak Ubiqu juga mengatakan bahwa dalam memasarkan layanan mereka memiliki tantangan, yakni pada proses pendistribusian dan pemasangan perangkat satelitnya. Misalnya untuk mengirimkan satu paket perangkat Ubiqu ke area pelosok saja dapat menempuh seharian penuh dengan akses transportasi yang tidak mudah.

“Ubiqu murni produk komersial PSN, namun kami juga memiliki tugas untuk terus melayani masyarakat dan membantu pemerintah dengan melakukan pemerataan komunikasi. Ubiqu, diharapkan dapat menjadi solusi untuk mewujudkan keadilan sosial, salah satunya terkait perolehan informasi. Sebagai contoh, saat ini Ubiqu telah menjadi solusi utama bagi masyarakat di Jayawijaya, Papua, untuk dapat memperoleh akses internet,” jelasnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter