Selama dekade terakhir, manusia telah terobsesi untuk membuat alat komunikasi yang lebih portabel, dan tentu saja lebih kecil.

Penemuan laptop, ponsel, tablet PC dalam 15-20 tahun terakhir telah menjadi prestasi besar bagi komunikasi manusia. Orang mulai menggunakan ponsel mereka untuk terhubung ke internet. Dan trennya menunjukkan bagaimana orang modern tidak lagi menonton TV dan lebih memilih smartphone dan tablet PC sebagai sumber utama informasi mereka.

Namun belakangan ini, sebuah tren baru muncul, yang dikatakan banyak orang sebagai "Evolusi Televisi", dimana TV sekarang terhubung ke internet sebagai platform baru bagi orang untuk mengkonsumsi informasi. Bagaimana hal ini bekerja sebenarnya sama seperti semua platform lain, jika Anda telah memiliki basis pengguna-besar itu jauh lebih mudah untuk membiarkan orang melakukan apa yang mereka inginkan di dalam daripada mencari tahu apa yang harus diberikan kepada mereka. Sekarang pengguna dapat men-download widget yang dibuat oleh penyedia informasi pihak ketiga untuk menginstal di TV mereka, baik itu berita, cuaca, video, musik, situs jejaring sosial, dll.

Saya melihat dua kecenderungan kontradiktif dimana orang mulai meninggalkan TV kemudian beralih ke smartphone dan tablet PC serta menggunakan internet-connected TV sebagai cara baru untuk mengkonsumsi informasi.

Ini terlihat seperti sebuah kemunduran ketika orang datang kembali untuk duduk di depan TV dan mengkonsumsi informasi, seperti di masa lalu namun dengan beberapa hal baru seperti informasi real-time dan interaktivitas yang membuatnya kurang membosankan dan satu arah. Tapi tetap, saya pikir kedua tren ini adalah zero-sum game, karena tidak ada yang menonton TV karena mereka tidak memiliki kendali atas apa yang ditampilkan di sana. Internet adalah sebuah inovasi teknologi yang memberikan kekuatan untuk pengguna, satu hal yang gagal dilakukan oleh TV.

Sekarang produsen elektronik besar seperti Samsung, Sony dan LG sudah memiliki internet TV dan meluncurkan lini produk untuk konsumsi publik yang menggunakan akses internet broadband untuk terhubung ke internet. Dan sejauh ini respon pasar cukup baik meskipun tidak menakjubkan seperti yang terjadi pada tablet PC.

Apakah produsen bertaruh pada tren yang salah? Mungkin.

Saya pribadi berpikir bahwa internet TV saat ini sebagai sebuah jalan buntu, akan sangat sulit untuk membuat internet TV menarik bagi konsumen dibandingkan dengan semua manfaat yang diberikan oleh tablet PC dan smartphone. TV menyenangkan, terutama setelah bekerja dan saat waktu santai, tetapi tidak akan memunculkan daya tarik konsumen kembali, sampai seseorang meluncurkan sebuah inovasi bagi pasar dengan memberikan kekuatan lebih kepada mereka, sehingga interaksi tidak lagi "satu arah".

Apakah internet-connected TV masih memiliki kesempatan bertarung? Bagaimana pendapat para pembaca DailySocial? Tuliskan pendapat dan opini Anda pada kolom komentar.

[English version for this post]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again