Beberapa hari lalu saya sedang mampir ke Teknologging.net milik Gagah Putera dan menemukan sebuah web lokal yang baru saya dengar. LewatMana.com, adalah sebuah website yang berisi info-info tentang kondisi jalanan baik berupa teks berita, dan disertai juga dengan feed CCTV. Dan insting saya pun tentu saja langsung coba mengontak contact-person untuk interview. Alhasil, interview berhasil dilaksanakan via email dengan Co-founder, Chief Marketing Officer/Media Relation, Alex Liem.

Berikut hasil wawancara saya dengan LewatMana.com

Terima kasih sebelumnya kepada Pak Rama dari dailysocial.net atas kesempatan yang di berikan kepada kami. Perkenalkan nama saya Alex Liem, Co-Founder, Chief Marketing Office/Media Relation.

Bisa dijelaskan dulu mengenai pak Ronny dan kaitannya denganLewatMana.com. Apakah founder, developer, investor, atau apa?

Pak Ronny Haryanto adalah salah satu co-founder dan bertugas sebagai Chief Technology Officer.

cat:sebelumnya contact-person ini diarahkan ke Pak Ronny jadi saya berasumsi wawancara akan dilakukan dengan pak Ronny.

Latar belakang didevelopnya LM? Sejarah, tanggal berdiri, tim pengembang, dll.

Diambil dari pengalaman kita semua setiap hari yang harus berurusan dengan macet, maka kami sepakat untuk membuat layanan komunitas bagi penguna jalan dengan harapan dapat menjadi wadah dalam berbagi informasi tentang kemacetan di jalan. Lewatmana.com dikembangkan dan dioperasikan oleh TrafficLive Asia bekerja sama dengan PT Onehub Solution. TrafficLive Asia didirikan di awal tahun 2008 oleh beberapa entrepreneur yang focus di internet media solution.

LM ini menggunakan funding pribadi atau didukung dengan perusahaan?

Pendirian dan operational LewatMana.com dibiayai oleh TrafficLive Asia dan didukung oleh PT Onehub Solution.

Apa perbedaan layanan antara LM dengan layanan sejenis seperti MacetLagi.com, infoLaluLintas.com dsb?

Mungkin semangat dan tujuan hampir sama, jadi kita bisa saling melengkapi. Layanan LM tidak terbatas di camera dan laporan lalu lintas saja, namun masih ada beberapa fitur solusi yang masih dalam pengerjaan di dapur lab kami, misalnya solusi yang berdasarkan Peta, GPS device, Facebook dan sebagainya. Intinya solusi itu adalah untuk mempermudah para pengguna jalan dalam mencari informasi yang di perlukan dalam perencanaan perjalanan atau ketika sedang di tengah perjalanan. Kami akan informasikan update applikasi lebih lanjut di kemudian hari.

LM bekerja sama dengan provider apa saja? untuk image cam feeds, dll.

LM bekerja sama dengan beberapa pihak termasuk dengan teman2 dari media, beberapa internet provider, operator, serta korporasi. Namun karena situs ini adalah lebih bersifat jejaring sosial dan berbasis komunitas, maka akan sangatlah berguna apabila kita semua ikut berbagi informasi agar dapat menjadi berguna bagi pengguna jalan yang lainnya. Tugas kami adalah mengelola informasi tersebut secara optimal untuk dapat di sajikan kepada penguna lainnya dengan bentuk format yang berguna, tepat isinya dan tepat waktu.

Untuk sementara waktu penguna LM dapat melaporkan situasi jalan raya dari pc maupun mobile ke m.lewatmana.com atau melalui twitter.com. Selain itu semua pengguna LM dapat meng-upload feed camera traffic mereka untuk bisa di access dari mana saja oleh pemilik camera, keluarganya, teman kantor dan sesama pengguna jalan. Dan semuanya ini tidak di pungut biaya apapun, alias gratis. Namun ada persyaratan yaitu camera harus di tujukan ke jalan raya.

Dari sisi bisnis, darimana LM berencana untuk mendatangkan revenue?

Ada beberapa business model yg kita pelajari, dan semuanya masih dalam tahap pengkajian untuk menentukan mana yang paling tepat. Tetapi yang pasti kita akan selalu berusaha menghadirkan LM secara gratis kepada users, karena situs ini ditujukan untuk kita semua dan dari kita semua.

Target pengguna dari LM sendiri ke arah mana?

Target pengguna LM adalah semua pengguna jalan di jakarta dan kota besar lainnya di indonesia

Apakah sudah ada dukungan untuk perangkat mobile?

Sudah ada versi ringan yang dapat di access melalui browser di hampir semua mobile phone, PDA, iPhone dan Blackberry.

Bagaimana? Sudahkah anda mencoba LewatMana.com? Bagaimana menurut anda? Ada saran atau kritik atau apapun yang ingin disampaikan / ditanyakan ke LewatMana.com?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again