1. DScovery

Investasi Saham: Pengertian, Keuntungan, Resiko, Strategi dan Analisa fundamental

Investasi saham dapat menawarkan tingkat pengembalian yang menarik, saham menjadi pilihan investasi yang populer di kalangan investor.

Salah satu jenis investasi jangka panjang yang banyak dipilih orang untuk berinvestasi adalah saham. Lalu apa yang harus diinvestasikan dalam saham? Misalnya, apakah sama dengan berinvestasi emas?

Berinvestasi menjadi pilihan masyarakat untuk mempersiapkan keuangan masa depan. Meskipun saham lebih likuid daripada emas, potensi pengembaliannya sama bagusnya. Banyak orang kaya di Indonesia karena memiliki investasi saham yang besar. Apa sebenarnya keuntungan dari investasi ini? 

Pengertian Investasi Saham

Saham adalah investasi keuangan seseorang atau suatu entitas dalam suatu bisnis. Lalu apa itu investasi saham? Salah satu jenis investasi penyertaan modal adalah investasi saham. Investor berhak menghadiri rapat perusahaan yang relevan dan memiliki hak atas aset perusahaan.

Tujuan dari investasi saham ini adalah untuk menyisihkan uang untuk masa depan. Pendapatan jangka panjang yang dapat kamu sisihkan untuk modal perusahaan kamu setelahnya.

Kapan kamu akan siap untuk membeli saham? Kriterianya adalah memiliki pendapatan yang lebih besar daripada pengeluaran saat ini, tidak memiliki hutang konsumtif atau produktif, dan terbiasa memiliki tabungan darurat.

Saham dapat dilihat sebagai indikasi umum dari kepentingan kepemilikan individu atau pihak dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas, termasuk badan usaha. Pihak yang telah mendaftarkan penyertaan modal berhak menuntut keuntungan dan kekayaan perseroan serta berhak menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). 

Akibatnya, jika kamu berinvestasi dalam saham, kamu mungkin menerima pengembalian tidak langsung atas uang yang awalnya kamu gunakan untuk membeli saham dari satu atau lebih perusahaan. Namun demikian, kamu harus menyadari bahwa uang yang kamu bagikan untuk investasi saham berfungsi untuk mendukung tuntutan peningkatan ekonomi perusahaan atau bisnis. Keuntungan yang dihasilkan dari ekspansi ekonomi yang nantinya akan dibagikan kepada penanam modal atau investor saham.

Perlu diketahui bahwa saham-saham ini mewakili sektor ekonomi yang berbeda. Oleh karena itu, peluang kamu untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas investasi ini dan akan akan meningkat jika kamu memilih investasi saham yang sesuai. Bursa Efek Indonesia melacak informasi dan melaporkan bahwa ada sekitar 711 bisnis dengan saham terdaftar yang selanjutnya diklasifikasikan ke dalam 9 sektor.

  • Agriculture
  • Mining
  • Basic industry & chemicals: 
  • Miscellaneous industry (usaha pembuatan mesin berat atau ringan, berikut dengan komponen penunjangnya)
  • Consumer goods industry
  • Property, real estate, and building construction
  • Infrastructure, utility, and transportation
  • Finance
  • Trade, service, and investment

Saham biasa dan saham preferen adalah dua kategori investasi saham. Saham biasa adalah jenis investasi saham yang sering muncul sebagai surat berharga yang mengidentifikasi seseorang sebagai pemilik perusahaan.

Sebaliknya, saham preferen mengacu pada pemegang saham yang mendapatkan pembayaran dividen sebelum pemilik saham biasa. Membeli saham preferen memberi kamu kesempatan untuk mengendalikan kebijakan perusahaan, yang merupakan keuntungan.

Keuntungan Investasi Saham

Seperti yang sudah dikatakan, berinvestasi di saham bisa sangat bermanfaat. Berbagai manfaat tersebut adalah sebagai berikut, antara lain:

  • Bisa Diversifikasi Investasi

Salah satu keuntungan investasi saham, menurut Good Financial Cents, adalah dapat digunakan untuk mendiversifikasi portofolio investasi. Untuk dapat menangani risiko signifikan yang terkait dengan investasi saham, sangat penting untuk mendiversifikasi portofolio investasi seseorang.

Itu dapat memaksimalkan aset dengan membeli saham di perusahaan terpisah. Selain itu, membeli saham dari berbagai perusahaan dapat menurunkan risiko yang terkait dengan investasi.

  • Nilai Saham Masa Depan

Dapat diklaim bahwa saham menang atas inflasi. Nilai saham naik sebagai hasilnya. Ya, nilai saham bisa turun, tapi biasanya penurunannya tidak setajam itu. 

  • Dividen serta Capital Gain

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, dividen dan capital gain adalah dua potensi keuntungan dari investasi saham. Perlu diketahui bahwa berinvestasi dalam emas tidak akan menghasilkan dividen atau capital gain.

Kedua hal ini eksklusif untuk investasi saham. Manfaat yang satu ini bersifat pasif. Dividen, yang merupakan keuntungan untuk jangka waktu tertentu, diberikan kepada masing-masing pemegang saham sesuai dengan persentase kepemilikannya di neraca perusahaan.

Dividen ini sering dibagikan sebagai nilai moneter. Meskipun capital gain adalah keuntungan dalam modal. Saat Anda menjual aset dengan harga lebih tinggi daripada saat kamu membelinya, kamu mendapatkan keuntungan ini. 

Investor menyukai capital gain secara signifikan lebih dari dividen. Padahal, salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan investor untuk membeli saham adalah keuntungan finansial ini. Alhasil, keuntungan investasi saham yang satu ini sangat menggiurkan.

  • Memiliki Akses Mudah

Kemajuan teknologi khususnya telah membuat hidup lebih mudah dalam banyak hal, terutama dalam hal investasi saham. Kamu sekarang dapat dengan cepat menilai pasar ketika kamu ingin berinvestasi dalam ekuitas.

Selain itu, siapa pun dapat menganalisisnya; kamu tidak perlu menjadi trader atau investor. Saat ingin melakukan investasi ini, Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah sumber terpercaya.

Manfaat lain dari berinvestasi di saham adalah mudah dibeli. Ini bukan hanya masalah studi. Kamu dapat memperoleh saham dari berbagai sumber, termasuk pialang, perencana keuangan, dan pengecer internet. Bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi, sangat cocok karena aksesnya yang sangat mudah.

  • Likuiditas Kuat

Tingkat likuiditas yang tinggi adalah manfaat selanjutnya dari investasi saham. Likuiditas yang tinggi memudahkan untuk membeli dan menjual produk apa pun di bursa saham.

Sekarang saham diperdagangkan di salah satu bursa saham, korporasi ini memainkan peran penting. Ketika ini terjadi, akan ada banyak likuiditas, yang akan memudahkan investor untuk membeli dan menjual saham.

  • Pengembalian Sangat Tinggi

Jika dibandingkan dengan opsi investasi lain seperti deposito dan obligasi, investasi saham memberikan ketenangan pikiran bagi investor. Kenyamanan ini menawarkan tingkat pengembalian yang jauh lebih baik. Tentu saja ada keuntungan berinvestasi saham ketika kamu bisa meminimalkan risiko dan meningkatkan keuntungan.

Risiko Investasi Saham

  • Kerugian Modal

Berlawanan dengan keuntungan modal, kerugian modal dapat terjadi akibat harga jual yang lebih rendah dari harga beli awal.

Investor mungkin ingin menjual dengan harga lebih murah karena berbagai alasan, seperti kehilangan kepercayaan pada perusahaan yang bersangkutan karena penurunan kinerja atau berada di bawah tekanan untuk menjual dengan cepat untuk menarik investasi mereka.

  • Kebangkrutan

Setiap bisnis berisiko tidak dapat melunasi utangnya sebelum pengadilan menyatakan bangkrut. Investor hanya akan mendapatkan sebagian dari sisa nilai aset jika terjadi kebangkrutan setelah semua kewajiban diselesaikan.

Risiko yang terkait dengan investasi saham semacam ini biasanya muncul ketika kinerja perusahaan menurun ke titik di mana pendapatan perusahaan tidak mencukupi untuk memenuhi kewajiban hutangnya.

  • Likuiditas Saham

Jika saham perusahaan dapat dengan mudah diperdagangkan di pasar saham, saham tersebut dikatakan likuid. Beberapa saham, untuk selanjutnya, disebut sebagai saham tidur. Artinya, rendahnya minat investor terhadap saham tersebut mengakibatkan rendahnya volume transaksi saham tersebut.

Investor jangka panjang mungkin tidak menganggap risiko ini terlalu memprihatinkan karena mereka tidak akan langsung menjual sahamnya. Likuiditas yang buruk menjadi perhatian bagi orang-orang yang berinvestasi untuk jangka pendek atau sering berdagang.

  • Forced Delisting

Ini terjadi ketika saham suatu korporasi diambil paksa dari pasar BEI. Hal ini terjadi akibat kinerja keuangan yang buruk atau pelanggaran peraturan BEI yang dilakukan perusahaan.

  • Suspension

Perdagangan saham perusahaan pernah dihentikan karena alasan yang tidak diketahui. Risiko penangguhan, yang biasanya dihasilkan dari volume transaksi yang luar biasa tinggi atau dari perusahaan yang melanggar peraturan BEI atau laporan keuangan, dikenal sebagai hal ini.

Beberapa suspensi tidak terbatas, sementara yang lain hanya pendek. Mengingat bahwa investor dapat melanjutkan perdagangan nanti, penangguhan sementara mungkin tidak berdampak signifikan. Namun, suspensi tanpa tanggal akhir yang jelas menimbulkan risiko yang signifikan karena pemegang saham sama sekali tidak dapat menjual sahamnya tanpa adanya kerangka waktu.

  • Risiko Pasar

Risiko pasar adalah jenis risiko yang dapat berdampak pada kinerja seluruh pasar, bukan hanya satu saham atau bisnis. Jenis risiko investasi saham ini sering disebut sebagai risiko yang tidak terhindarkan, yang menunjukkan bahwa hal itu, tanpa kecuali, akan mempengaruhi semua investor, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Perubahan suku bunga, peraturan pemerintah, dan iklim sosial-politik bangsa adalah beberapa contoh bahaya pasar. Tanpa membatasi jenis sahamnya, risiko ini berpotensi berdampak pada pergerakan harga saham secara keseluruhan.

  • Risiko Unik

Risiko tidak sistematis atau unik adalah bahaya yang hanya dihadapi perusahaan tertentu, seperti ancaman pesaing baru atau kemungkinan kesalahan manufaktur atau produksi. Investor masih dapat mengurangi risiko khusus ini.

Investor dengan lebih banyak pengalaman seringkali akan lebih mampu mengelola bahaya khusus. Ini karena mereka dapat mengetahui bisnis mana yang berjalan dengan baik dan mana yang tidak.

Cara Memilih Saham yang Tepat

  • Cari Perusahaan yang Sukses

Pilih perusahaan yang keuntungannya meningkat. Selain itu, saat mencermati statistik 10 tahun terakhir, kamu harus memperhatikan stabilitas pendapatan dan laba emiten.

Selain itu, kamu harus memperhatikan aktivitas operasional dan pos arus kas. Kamu dapat mengklaim perusahaan berjalan dengan baik jika angka arus kas mendekati laba bersih.

  •  Pentingnya Return on equity (ROE) Dibandingkan Bunga Pinjaman Bank 

Pilih saham dengan tingkat return on equity (ROE) lebih besar dari tingkat bunga bank. Misalnya, saham ROE yang dipilih harus lebih baik dari bunga pinjaman 11 persen dari bank.

  •  Debt to Equity Ratio Piutang 

Debt to equity ratio (DER) merupakan persyaratan bagi hampir semua emiten, namun kuantitas dan debt to equity ratio (DER) harus diperhitungkan.

Strategi ini pada dasarnya sama dengan investasi saham ala syariah, dimana kamu menghindari emiten dengan tingkat utang tinggi atau debt to equity ratio lebih besar dari dua.

  • Dibeli Secara Teratur

Saham atau emiten aktif dengan klasifikasi LQ45 menjadi pilihan kamu. Blue-chip atau emiten dengan kapitalisasi pasar yang tinggi biasanya disarankan.

  • Memeriksa Catatan Perbankan

Kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang manajemen perusahaan target kamu dengan menggunakan teknik ini. Dapat dikatakan bahwa manajemen perusahaan buruk jika laba bersihnya positif tetapi nilai tunainya negatif.

Analisis Fundamental Saham dan Analisis Teknikal Saham

Analisis Fundamental Saham

Investor dengan tujuan investasi saham jangka panjang memanfaatkan analisis fundamental yang mengukur kinerja keuangan, kondisi ekonomi perusahaan, kondisi industri, sektor yang terhubung, serta analisis ekonomi makro dan mikro.

Bagaimana cara melakukan analisis fundamental saham? Ada dua cara untuk mendekati analisis fundamental: top-down dan bottom-up.

Top-Down

Analisis top-down melibatkan penilaian keadaan bisnis menggunakan deskripsi umum. Empat faktor diperiksa: lingkungan makro ekonomi domestik dan internasional, prospek pertumbuhan sektor, dan fundamental perusahaan. Ketika semuanya mengarah pada kesuksesan bisnis, aman untuk menyimpulkan bahwa saham perusahaan memiliki masa depan yang cerah.

Bottom-Up

Analisis bottom-up hanya berfokus pada perusahaan yang ingin menjual sahamnya dengan mengidentifikasi kinerja keuangan, produk atau jasa, serta kondisi persaingan dengan kompetitor, yang berdampak pada kondisi perusahaan. Ini mengabaikan kondisi ekonomi dan siklus pasar secara umum. Strategi ini didasarkan pada gagasan bahwa bisnis dapat berkembang dan berkinerja baik bahkan saat sektor mereka sedang berjuang.

Analisis Teknikal Saham

Dengan menggunakan bagan dan indikator tertentu, termasuk bagan garis, bagan batang, dan bagan candlestick, analisis teknis mengevaluasi kinerja saham dan memprediksi arah pergerakan harganya di masa depan. Investor dan pedagang jangka pendek biasanya menggunakan teknik ini untuk memperdagangkan saham dalam kerangka waktu yang lebih singkat.

Bagaimana cara melakukan analisis teknikal saham? Ada tiga cara, yakni:

Menentukan bagaimana harga saham akan bergerak

Kapan saat yang tepat untuk membeli atau menjual saham agar potensi keuntungannya maksimal? Hal ini bisa dijawab dengan melihat puncak pergerakan harga saat ini pada grafik atau chart saham yang bersangkutan. Dengan memanfaatkan fitur Bagan POEMS, kamu dapat melakukannya.

Mengidentifikasi dukungan dan oposisi

Dukungan adalah harga saham terendah yang diizinkan untuk jangka waktu tertentu. Waktu terbaik untuk membeli saham terlihat adalah ketika saham bergerak menyentuh level support karena ada kemungkinan harga akan naik kembali setelah itu terjadi. Harga akan turun kembali untuk mencari titik support baru, jika harga saham menembus level support (breakdown).

Perlawanan, di sisi lain, adalah batas harga maksimum suatu saham selama periode waktu tertentu. Saham akan terus naik harganya dan menemui titik resistance baru jika menembus titik resistance tersebut (breakout), sehingga situasi ini dianggap sebagai waktu terbaik untuk menjual saham. Saham juga akan mengalami penurunan dan memberi sinyal waktu untuk take profit ketika pergerakan saham gagal menembus level resistance tersebut.

Melihat volume transaksi

Bagan histogram yang digunakan untuk mengilustrasikan bagan harga saham biasanya menunjukkan volume transaksi di bawah bagan harga. Kondisi memburuk ditunjukkan dengan volume yang tinggi diikuti dengan penurunan harga saham. Volume tinggi dan kenaikan harga, di sisi lain, menandakan skenario bullish atau penguatan.

Strategi Investasi Saham Jangka Panjang

  • Strategi Dollar Cost Averaging 

Strategi dollar cost averaging memungkinkan kamu untuk secara teratur menginvestasikan jumlah uang yang sama menurut jangka waktu tertentu. Rata-rata biaya dolar memiliki keuntungan yang memungkinkan investor untuk terus berinvestasi dalam jumlah yang sama tanpa harus memperhitungkan situasi bearish atau bullish, mengurangi bahaya kelelahan emosional.

  • Memperhatikan Manajemen Perusahaan

Apakah suatu perusahaan dapat memperluas dengan cara yang lebih baik atau tidak tergantung pada manajemen bisnis. Pergerakan saham perusahaan biasanya memprediksi bagaimana kinerja perusahaan di masa depan. Kamu harus meneliti kinerja bisnis selama lima tahun terakhir, termasuk kinerja keuangannya. Kamu tidak perlu ragu menginvestasikan dana jangka panjang di emiten jika perusahaan dikelola dengan baik dan likuiditas saham terjaga.

  • Lakukan Evaluasi Berulang

Meskipun tujuan investasi kamu bersifat jangka panjang, Kamu tetap perlu mengkajinya untuk menjaga stabilitas portofolio kamu. Dengan memantau informasi pasar, menganalisis perilaku perusahaan, kebijakan, dan laporan keuangan, kamu dapat menilai portofolio saham kamu. Kamu tidak perlu menjual saham yang dipilih jika setelah dievaluasi ternyata masih bagus.

  • Dividen yang Diperoleh harus Diinvestasikan Kembali (Compounding Interest).

Perusahaan dengan rasio pembayaran dividen yang terus meningkat menunjukkan stabilitas keuangan mereka. Menginvestasikan kembali dividen adalah langkah yang cerdas jika perusahaan tempat kamu menginvestasikan uang kamu membayarkan dividen kepada kamu karena akan meningkatkan nilai investasi kamu dari waktu ke waktu.

Strategi Investasi Saham Jangka Pendek

  • Pilih Instrumen

Memilih jenis investasi tidak boleh sembarangan. Kami menyarankan kamu untuk memiliki pengetahuan tentang berbagai instrumen investasi. Tentukan mana yang paling menguntungkan bagi kamu dan paling merugikan. Pelajari cara kerjanya juga.

Kamu akan dapat menentukan instrumen mana yang terbaik untuk kamu setelah mempelajari semuanya. Setelah menginvestasikan dana investasi, pantau aset.

  • Diversifikasi

Diversifikasi portofolio kamu sangat penting, terutama saat melakukan investasi jangka pendek. Hal ini dilakukan untuk mencegah kamu kehilangan bentuk investasi yang telah diwariskan dengan mudah.

Katakanlah kamu membeli saham. Tapi dalam semalam, harga saham turun. Semua aset kamu berkurang atau mungkin hilang. Kamu tidak akan menderita kerugian terlalu banyak jika kamu melakukan diversifikasi. Sebagai gambaran, investasikan 60% di saham dan 40% di reksadana pasar uang. Kemudian, berdasarkan keadaan berikut, situasi ini dapat diubah sekali lagi.

  • Jangan Panik

Jangan pernah cemas saat berinvestasi. Bahkan jika nilai investasi kamu berkurang, tahan keinginan untuk menjual langsung dari emosi. Kami tidak tahu apakah keadaan akan membaik di masa depan atau tidak.

Diversifikasi Portofolio Saham

Dengan berinvestasi di berbagai instrumen, industri, dan kategori keuangan, diversifikasi portofolio membantu investor mengurangi risiko investasi mereka. Diversifikasi portofolio adalah strategi untuk membagi portofolio dengan berinvestasi pada sektor yang berbeda dan sarana investasi lain yang dapat menawarkan pengembalian yang seimbang. 

Hal ini dikarenakan jika kamu hanya memiliki satu jenis investasi saja, maka peluang kamu untuk rugi akan semakin besar. Kamu bisa kehilangan semua dana kamu jika sesuatu yang tidak menguntungkan terjadi pada investasi kamu.

Manajemen Risiko dalam Investasi Saham

Investasi apa pun akan selalu membawa sejumlah risiko. Karena tidak memahami risikonya, para investor justru merugi, bukannya menghasilkan keuntungan. Berinvestasi dalam saham, emas, real estate, atau aset lainnya contohnya adalah investasi.

Setiap orang yang berinvestasi perlu menyadari bahaya ini dan memahami manajemen risiko investasi. Hal ini penting karena mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu investasi. Bagaimana dengan manajemen risiko dalam berinvestasi? 

Sebelumnya kita perlu tahu terlebih dahulu mengenai apa itu manajemen risiko investasi. Prosedur dan kerangka kerja manajemen risiko khusus manajemen investasi disebut sebagai manajemen risiko investasi. Hal ini mengacu pada manajemen risiko belanja modal (Capex) di lingkungan korporasi, dimulai dengan proses pengambilan keputusan dan beralih ke implementasi proyek dan pemanfaatan aset.

Elemen proses, indikator, dan kriteria risiko investasi semuanya termasuk dalam konstruksi kerangka manajemen risiko investasi. Kemudian, indikator risiko utama (KRI) yang dapat berfungsi sebagai indikator peringatan dini digunakan dalam proses pemantauan risiko beserta indikator kinerja.

Manajemen risiko investasi mencakup berbagai bahaya yang ada selama proses perencanaan investasi dan proyek Capex, mulai dari mitra dan pengadaan proyek hingga perizinan hingga tahap implementasi proyek. Termasuk memperoleh sumber daya proyek dan mengelola koneksi dengan pemangku kepentingan yang mungkin berdampak pada keberlanjutan proyek. 

Lalu bagaimana dengan strategi manajemen risiko dalam berinvestasi? Manajemen risiko investasi adalah proses mengidentifikasi bahaya yang terkandung dalam aset investasi dan kemudian menerapkan langkah-langkah pengendalian yang paling efektif.

Seorang investor harus mampu membedakan antara bahaya yang dapat dikendalikan dan yang tidak. mengurangi potensi risiko dalam portofolio aset merupakan langkah penting lainnya.

More Coverage:

Untuk mengelola risiko investasi secara efektif, 4 tahapan berikut harus diikuti:

  • Pahami risiko yang terkait dengan investasi potensial.
  • Alternatif apa yang ada untuk mengurangi risiko investasi.
  • Memaksimalkan teknik manajemen risiko untuk investasi.
  • Selama kamu berinvestasi dalam aset tertentu, buat strategi manajemen risiko.

Ada beberapa cara untuk mengelola risiko investasi. Teknik untuk mengelola risiko investasi termasuk diversifikasi portofolio, rata-rata biaya dolar (DCA), dan meneliti aset secara menyeluruh sebelum berinvestasi.

DCA menunjukkan komitmen jangka panjang oleh investor untuk melakukan sejumlah investasi sering dengan tujuan mengumpulkan perusahaan blue-chip dengan harga rata-rata terbaik.

Peran Pialang Saham dalam Investasi Saham

Ada banyak nama dan kata yang digunakan untuk menyebut pialang saham. Mereka termasuk pialang, perwakilan perantara pedagang efek (WPPE), perwakilan terdaftar, penasihat investasi, dan perantara pedagang efek (PPE).

Pialang ini berfungsi sebagai jembatan antara investor dan modal pasar dan merupakan bisnis atau orang dengan hak hukum untuk membeli atau menjual saham. Agar transaksi antara emiten dan investor dapat berlangsung di pasar bursa, maka layanan jual beli harus disediakan oleh korporasi atau perorangan.

Oleh karena itu, agar terjadi transaksi pada saat kamu ingin membeli saham tetapi tidak dapat dilakukan secara langsung dari pelaku bisnis atau pasar saham, maka diperlukan broker yang bertindak sebagai perantara atau penghubung pembelian kamu.

Pialang tersebut dapat berupa perusahaan efek, emiten, atau bahkan pegawai perusahaan efek yang telah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terdaftar sebagai anggota bursa. Saat melakukan pekerjaan mereka, mereka akan mewakili klien dan diberi kompensasi berdasarkan komisi.

Kemudian untuk peran dari pialang saham dalam dunia investasi saham diantaranya:

  1. Melaksanakan instruksi investor

Meskipun investor kadang-kadang menyerahkan aktivitas perdagangannya sesuai dengan saran pialang, terutama bertanggung jawab untuk melaksanakan instruksi investor. Pialang sering melakukan instruksi ini dengan membantu mengeksekusi transaksi sesuai dengan perintah setelah investor menetapkan volume dan target harga yang diperlukan untuk membeli dan menjual saham dan aset lainnya.

  1. Sebagai konsultan utama

Pialang profesional akan berfungsi sebagai penasihat utama investor, oleh karena itu pengetahuan dan pengalaman tidak diragukan lagi diperlukan. Seorang pialang harus mahir dalam mengevaluasi risiko dan potensi hasil yang tidak merata di samping keadaan pasar secara keseluruhan. Ini diperlukan untuk menawarkan saran, nasihat, dan rekomendasi untuk ekuitas terbaik yang harus dijual atau diperoleh investor.

  1. Sebagai komunikator dan instruktur yang efektif

Pialang tidak hanya berfungsi sebagai konsultan tetapi juga sebagai guru dan komunikator yang efektif. Mereka akan memberikan informasi tentang pasar modal sesuai dengan kebutuhan investor, serta menjadi basis pengetahuan dan forum untuk pertanyaan investor mengenai ekuitas. Ini berarti bahwa para peserta ini tidak hanya harus memiliki pengetahuan dan kompetensi profesional dalam industri mereka, tetapi juga dapat diandalkan saat terlibat dan bertukar informasi.

  1. Membangun keselarasan

Penyedia layanan yang terampil sangat penting dalam mendorong perdamaian di antara klien dan karyawan. Pilang bertanggung jawab atas semua uraian tugas selain menjunjung tinggi hubungan pelanggan yang positif.

Salah satunya adalah menjaga dan mengamankan data penting terkait investor, seperti data transaksi rekening, informasi pajak, dan data penarikan. Pialang juga berkontribusi untuk memastikan kelancaran operasi pasar modal dengan memastikan aliran dana dan informasi.

Peluang Investasi Saham di Pasar Modal

Peluang para investor di pasar modal Indonesia di tahun 2023 ini masih memiliki kesempatan. Dilansir dari CNBC Indonesia bahwa menurut Rudy Utomo, Ketua Umum Panitia Umum APEI, mengatakan bahwa investasi saham berpeluang mempengaruhi kegiatan investasi pasar modal di tahun 2023 selama tahun pemilu. IHSG diperkirakan akan meningkat menjadi 6.300–7.700, dan situasi ini dipandang sebagai peluang bagi investor dan manajer investasi untuk mengejar potensi keuntungan. Sependapat dengan APEI, Marsangap P. Tamba, Ketua Presidium Dewan APRDI, menyatakan bahwa kondisi ekonomi makro Indonesia telah mendorong perkembangan pasar modal negara.

Perbedaan Investasi Saham dengan Instrumen-Investasi Lainnya

  • Perbedaan Saham dengan Reksa dana

Saham dan reksa dana adalah dua jenis investasi terpisah dengan berbagai keuntungan dan resiko. Dari segi keragaman portofolio, kemudahan berinvestasi, dan likuiditas yang tinggi, reksa dana menawarkan keuntungan. Sebaliknya, saham memiliki potensi keuntungan yang lebih besar tetapi juga memiliki risiko yang lebih besar.

  • Perbedaan Saham dengan Deposito

Menabung deposito sama dengan meminjamkan uang ke bank, yang kemudian akan memutar dana dan membayar kembali nanti dalam bentuk bunga dengan suku bunga yang telah diputuskan oleh bank. Surat berharga yang mewakili kepemilikan dalam suatu perusahaan merupakan saham.

  • Perbedaan Saham dengan Obligasi

Saham adalah simbol kepemilikan seseorang atau perusahaan dalam suatu korporasi atau perseroan terbatas. Obligasi, di sisi lain, adalah pernyataan tertulis bahwa penerbit obligasi telah mengakui hutang setidaknya selama satu tahun.

  • Perbedaan Saham dengan Properti

Dalam hal risiko dan pengembalian, saham dan properti adalah dua jenis investasi yang berbeda. Saham memiliki risiko yang signifikan karena perubahan harga di bursa saham di samping potensi keuntungan yang besar dari kepemilikan di perusahaan. Sementara investasi properti di rumah atau tanah menawarkan keuntungan dari pendapatan yang stabil dan keamanan investasi (risikonya rendah), potensi pengembaliannya lebih rendah daripada saham, dan membutuhkan modal dan waktu yang signifikan untuk berhasil.

  • Perbedaan Saham dengan Emas

Emas adalah pilihan yang baik jika kamu ingin berinvestasi dengan aman dalam jangka waktu yang lama karena kecenderungannya untuk stabilitas harga dan ketahanan terhadap kemerosotan ekonomi. Investasi saham sangat cocok bagi kamu yang senang mengambil peluang dan berani berpikir untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Nah, itulah rangkuman dari semua hal mengenai investasi saham. Semoga kamu semakin mengerti dan paham tentang investasi saham. Jadi apakah sekarang kamu tertarik untuk berinvestasi saham?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again