12 January 2016

by Bambang Winarso

[Rumor] Smartphone 4 inci Apple Dinamai iPhone 5e, Bukan iPhone 6C

Selain nama, iPhone terbaru ini juga punya spesifikasi yang lebih rendah

Sebuah laporan terbaru mengatakan bahwa smartphone terbaru Apple yang berukuran 4 inci bukan menggunakan nama iPhone 6c seperti yang digembar-gemborkan sebelumnya. Melainkan iPhone 5e, di mana inisial e disebut-sebut singkatan dari “enhanced”.

Sumber yang sama juga menyinggung soal spesifikasi iPhone 5e yang menurutnya akan lebih rendah dari bocoran sebelum ini. Seperti yang mungkin sudah Anda dengar, iPhone "mini" terbaru Apple akan mengusung prosesor A9 dan RAM 2GB, tapi di berita terbaru justru hanya menggunakan prosesor A8 dan RAM 1GB. Apabila ini benar, tentu menjadi pukulan yang tak mengenakkan bagi penggemar Apple yang sudah berharap lebih.

Namun dalam beberapa bulan terakhir spekulasi terkait iPhone berlayar 4 inci bergulir liar. Beberapa sumber terdahulu bahkan menyebut ponsel ini akan menjadi iterasi terbaru setelah iPhone 7. Kondisi ini membuat rumor yang berkaitan dengan iPhone terbaru masih terlalu dini untuk dapat dipegang. Sementara di tahun yang sama Apple kemungkinan besar juga akan meluncurkan generasi terbaru, iPhone 7.

Lebih jauh, laporan yang sama menyakini iPhone 5e akan mempunyai varian standar 16GB dan varian 64GB. Opsi lainnya juga akan ada varian berbalut Rose gold selain sederet pilihan warna yang sudah ada.

iPhone 5e juga diyakini akan memulai debutnya di tahun ini, entah itu di bulan Februari atau Maret. Kemungkinan besar bulan Maret akan jadi pilihan Apple, mengingat di  bulan yang sama mereka  juga akan menggelar event Apple Watch 2.

Sumber berita IGN dan gambar header Shutterstock.