1. DScovery

IPK Adalah: Pengertian dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Indeks Prestasi Kumulatif atau disingkat IPK adalah penilaian prestasi yang didapatkan oleh mahasiswa selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Ternyata untuk memperoleh nilai IPK yang baik, mahasiswa dilibatkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya. Berikut ini artikel penjelasan selengkapnya!

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif adalah penilaian yang diberikan kepada mahasiswa atas hasil kerja kerasnya selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Penilaian IPK tertinggi adalah 4.00 atau A yang menyatakan bahwa mahasiswa tersebut berhasil mendapatkan nilai A pada setiap mata kuliah yang diambilnya.

Untuk mendapatkan IPK yang bagus dan baik tidaklah mudah, terdapat berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi IPK mahasiswa. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai pengertian IPK hingga faktor yang mempengaruhi IPK mahasiswa.

Pengertian IPK

IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) adalah sebutan nilai yang dimiliki oleh mahasiswa selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) adalah sebuah indikator keberhasilan mahasiswa dalam menjalankan pendidikannya selama kuliah.

IPK merupakan hal yang penting karena memiliki batas minimum untuk menentukan apakah seorang mahasiswa lulus atau tidak. Indeks Prestasi Kumulatif adalah indeks prestasi dari keseluruhan mata kuliah yang pernah diikuti oleh mahasiswa, setiap perguruan tinggi memiliki penerapan yang berbeda dalam menentukan rentang nilai.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah nilai rata-rata yang diambil dari keseluruhan mata kuliah, dimana IPK bisa naik atau turun tergantung pada nilai yang akan didapatkan pada semester berikutnya. Dengan kata lain, IPK juga dipengaruhi oleh IP (Indeks Prestasi) Semester, yaitu nilai yang didapatkan pada setiap semester mahasiswa berkuliah.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi IPK

IPK (Indeks Prestasi Mahasiswa) dapat dipengaruhi oleh beberapa hal dan tidak semua orang memiliki alasan yang sama. Terkadang beda universitas bahkan pada program studi pun dapat mempengaruhi perolehan IPK mahasiswa. Meskipun demikian, pada intinya perolehan IPK melibatkan dua faktor yang memungkinkan. Berikut ini faktor yang mempengaruhi IPK:

  • Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri individu mahasiswa. Faktor internal ini dapat dikaitkan dengan kemampuan intelegensi mahasiswa, konsep diri, kepercayaan diri, kondisi emosional mahasiswa, aspek fisik seperti kesehatan, serta motivasi juga dapat mempengaruhi IPK seorang mahasiswa.

Perguruan tinggi adalah jenjang pendidikan yang ditempuh oleh peserta didik sebelum masuk ke dunia kerja, perguruan tinggi merupakan tempat dimana mahasiswa dilatih untuk mempertajam skill atau kompetensi mereka, serta bagaimana mempersiapkan lulusan yang berkualitas di dunia kerja. Oleh sebab itu, beban mental yang terjadi di perguruan tinggi merupakan hal yang dapat mempengaruhi mahasiswa dalam memperoleh IPK.

  • Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri mahasiswa itu sendiri. Faktor eksternal mencakup hal-hal yang tidak dapat dikendalikan oleh mahasiswa tersebut, tetapi mempengaruhi kinerja dan aktivitas mahasiswa dalam upaya meraih IPK yang baik. Contoh dari faktor eksternal seperti, kondisi keluarga, status sosial, lingkungan akademik, suasana lingkungan, kondisi perekonomian, budaya belajar masyarakat sekitarnya dan lain sebagainya.

Faktor eksternal dapat memberikan pengaruh terhadap IPK mahasiswa, karena pada dasarnya mahasiswa membangun kemampuan dirinya dari aspek kognitif, sikap, serta emosional melalui lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Lingkungan hidup akan sangat mempengaruhi bagaimana seseorang akan berpikir, bertindak, bersikap serta memberikan sebuah tanggapan.

Faktor eksternal menjadi hal yang penting juga untuk dipertimbangkan, karena untuk meraih IPK yang baik tidak hanya membutuhkan motivasi dari diri mahasiswa saja tetapi juga orang-orang atau lingkungan sekitarnya. Meskipun faktor eksternal atau lingkungan tidak bisa sepenuhnya dijadikan alasan atas pencapaian yang diperoleh mahasiswa, namun hal tersebut juga layak menjadi pertimbangan faktor yang mempengaruhi IPK mahasiswa.

Demikian informasi seputar pengertian IPK hingga faktor-faktor yang dapat mempengaruhi IPK mahasiswa. Perolehan IPK sebenarnya memiliki berbagai faktor lainnya, seperti penilaian dosen, keaktifan di kelas, penyelesaian tugas kuliah dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, upayakan bagi setiap mahasiswa untuk selalu aktif dan mengerjakan tugasnya semaksimal mungkin untuk hasil yang baik juga. Semoga informasi tersebut dapat membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again