Listicles

Catat Tahapan IPO Saham yang Wajib Kamu ketahui!

IPO saham adalah penawaran perdana yang sering diburu oleh investor. Namun, bagaimana tahapan penawaran IPO saham?

Bagi kamu yang sudah terjun ke dunia saham sejak lama mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah IPO saham. Namun, jika kamu belum tahu apa itu IPO saham, tidak perlu khawatir karena sekarang kamu bisa mengenalnya.

Sebelum mengenal istilah IPO saham, pastinya kamu sudah tahu tentang saham GOTO yang dijual dengan Rp338 alias harga receh banget! Nah, harga tersebut masuk ke dalam penawaran IPO saham, loh!

Yuk, cari tahu apa itu IPO saham dan bagaimana mekanismenya dalam pasar modal!

Apa itu IPO saham?

Dikutip dari berbagai sumber, IPO saham atau initial public offering adalah sebuah cara yang dilakukan perusahaan untuk menjual sebagian atau seluruh sahamnya agar menjadi sebuah perusahaan publik melalui mekanisme penawaran pasar perdana. Yang nantinya kepemilikan saham tersebut dapat dijualbelikan di pasar modal saham.

Singkatnya, IPO saham ini adalah penawaran perdana saham sebuah perusahaan ke masyarakat umum.

Dikutip dari Mandiri Sekuritas juga, IPO saham ini biasanya proses masuk ke dalam proses penjualan saham perusahaan langsung kepada investor di pasar modal sekunder sebelum masuk ke Bursa Efek Indonesia (BEI).

IPO saham ini sering diburu oleh investor karena menjadi ladang cuan yang cukup menguntungkan dan IPO saham juga biasanya akan terjual secara terbatas.

Tahapan penawaran IPO saham oleh perusahaan

Sebelum masuk ke penawaran IPO, ada lima tahap yang harus diikuti oleh perusahaan. 

  • Pertama, perusahaan wajib mendapatkan persetujuan dari stakeholder dan penjamin emisi untuk membantu dalam penawaran IPO saham.
  • Kedua, melakukan permohonan atau pencatatan saham yang akan dijual ke Bursa Efek Indonesia dan setelah itu melakukan pendaftaran juga ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nantinya, kedua lembaga ini akan memverifikasi semua data yang diajukan dan nantinya kondisi keuangan serta kegiatan perusahaan akan disampaikan ke publik melalui proses prospektus.
  • Jika, sudah mengantongi izin OJK, perusahaan dapat mempublikasikan prospektus ringan dan melakukan ekspos publik dan di sinilah perusahaan akan membuka harga saham yang akan dijualnya kepada seluruh investor melalui penawaran awal (bookbuilding).
  • Setelah melakukan penawaran awal, perusahaan juga dapat melakukan penawaran umum saham atau offering ke masyarakat umum.
  • Setelah penawaran tersebut selesai, perusahaan akan mendapatkan persetujuan dari BEI untuk mengumumkan pencatatan saham perusahaan dan akan diberikan kode saham (tricker) yang nantinya akan digunakan dalam perdagangan saham di bursa efek.
  • Distribusi saham ke investor akan dilakukan secara elektronik melalui KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

Hal yang perlu diperhatikan di IPO Saham

Dalam penawaran IPO saham, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan investor untuk mendapatkan harga IPO saham yang sesuai.

  • Saat penawaran awal, investor bisa mengisi harga saham yang diinginkan sesuai dengan rentang harga yang diumumkan oleh perusahaan.
  • Penentuan harga saham ini tentunya harus dilakukan dengan melihat minat pembelian saham saat masa penawaran awal dari berbagai investor.
  • Apabila minat penjualan saham tinggi, perusahaan dapat menjual saham dengan harga yang tinggi juga.
  • Harga saham yang ditawarkan ke masyarakat umum atau masa offering adalah harga tetap yang tidak dapat diubah.
  • Jika permintaan saham dari investor lebih tinggi dari jumlah saham yang ditawarkan, maka akan dilakukan mekanisme penjatahan.
  • Adapun, bila investor yang tidak mendapatkan jatah saham, modal yang dibayarkan akan dikembalikan.
  • Penawaran awal juga hanya bisa dipesan melalui perusahaan sekuritas atau broker saham underwriter dari saham tersebut.

Saat ini penawaran IPO saham juga sudah bisa melalui e-IPO yaitu Electronic Indonesia Public Offering yang berperan sebagai sarana elektronik untuk membantu penawaran perdana saham kepada publik. Cara membeli IPO saham juga bisa kamu lihat di artikel “Mengincar Saham IPO? Pelajari Cara Belinya Agar Tak Salah Langkah”.

***

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again