Categories

Gadget

Speaker Bluetooth Ini Menyamar Sebagai Ban Mobil Balap Formula 1

Dibuat oleh iXoost dengan lisensi resmi dari Pirelli, sayang tidak terbuat dari bahan yang sama seperti ban mobil

Glenn Kaonang - 27 July 2018

Pernah mendengar nama iXoost (dibaca seperti kata “exhaust”)? Jujur saya pribadi belum pernah. iXoost merupakan produsen speaker asal Itali yang dikenal lewat produk-produknya yang bertema otomotif. Dan kalau Anda penasaran seunik apa produk bikinannya, coba perhatikan speaker berikut ini.

Namanya Pirelli P Zero Sound, dan seperti yang kelihatan pada gambar, wujudnya dibuat semirip mungkin dengan ban Pirelli P Zero yang digunakan di kompetisi balap Formula 1, lengkap beserta velg-nya. Tentu saja iXoost sudah memperoleh lisensi resmi dari Pirelli, kalau tidak produk ini pasti sudah diperkarakan di meja hijau.

Sayang ukurannya tidak sama persis seperti aslinya, melainkan merujuk pada ban yang digunakan oleh tim F1 untuk pengujian aerodinamika di dalam wind tunnel, dengan skala 1:2 (330 x 190 mm). Pun begitu, speaker ini berat (9,5 kg), dan di dalamnya bernaung satu midwoofer berdiameter 100 mm, tweeter 25 mm, serta amplifier berdaya 100 watt.

Pirelli P Zero Sound

Soal konektivitas, perangkat mengandalkan Bluetooth 4.0 dengan dukungan aptX. Yang amat mengejutkan, harganya jauh lebih mahal dari ban mobil Pirelli sendiri, yakni 2.400 euro. Dengan harga setinggi itu, ia jelas termasuk barang collectible, hanya saja saya menyayangkan effort iXoost dan Pirelli yang terkesan kurang maksimal.

Andai saja rangka speaker tersebut dibalut material karet yang sama seperti ban mobil, mungkin harganya jadi terdengar lebih masuk akal. Sebagai perbandingan, Porsche Design 911 Speaker yang terbuat dari ujung knalpot asli Porsche 911 GT3 cuma dihargai $550, padahal itu effort-nya sudah bisa dibilang luar biasa.

Sumber: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id