1. Startup

Jago Kabo, Kolaborasi Pengembang Game dengan Klub Sepak Bola Indonesia

Persilangan antara industri musik dengan game sudah dilakukan Touchten dan Aquarius Musikindo. Game yang mempunyai tema sepak bola juga sangat banyak. Tetapi saya tetap menganggap game yang satu ini berbeda. Kenapa? Karena ChocoArts, pembuat game ini, bekerja sama langsung dengan Persikabo (Persatuan Sepak Bola Indonesia Kabupaten Bogor) klub sepak bola yang bermain di Divisi Utama, untuk membuat mobile game sepak bola yang khusus bertema Persikabo.

Game ini diluncurkan hari Minggu, 22 April kemarin, pada saat pertandingan antara tuan rumah Persikabo melawan PSP Padang di Stadion Persikabo, Cibinong, Bogor. Beberapa jam sebelum pertandingan, ChocoArt bersama manajemen Persikabo membuka stan di sekitar stadion untuk mengenalkan game ini kepada Kabo Mania, julukan untuk pendukung Persikabo yang memang menjadi pasar dari game ini.

Game Jago Kabo memang sederhana. Pemain hanya perlu melakukan tendangan pinalti melawan kiper untuk memainkan permainan ini. Tetapi model bisnis yang dilakukan oleh kedua pihak, merupakan suatu terobosan bagus yang dilakukan sebuah klub sepak bola di Indonesia. Erwin Saleh, Manajer Operasional Persikabo, dalam tulisan oleh Divisi Utama, mengatakan bahwa kehadiran game ini adalah salah satu bukti bahwa Persikabo sudah semakin siap untuk mengembangkan aspek bisnis yang merupakan bagian penting dari era sepakbola profesional.

Jago Kabo dikembangkan oleh ChocoArts, pengembang game asal Jakarta. Jago Kabo berjalan dalam platform Nokia, tepatnya Nokia S40. Game ini dapat diunduh di Nokia Store dengan harga Rp. 3000. Selain melalui promosi pada pertandingan kemarin, Jago Kabo juga masih mengadakan kompetisi nilai tertinggi. Pemenangnya akan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam event khusus Jago Kabo pada pertandingan kandang Persikabo yang digelar pada Juni mendatang.

Kita tahu bahwa pendukung klub sepak bola Indonesia tergolong sangat fanatik. Karenanya, ide untuk membuat game khusus pendukung sepak bola bisa dibilang bagus. Meskipun pasarnya terbilang kecil (dalam kasus ini biasanya hanya warga Kabupaten Bogor dan sekitarnya), tetapi karena fanatisme tadi, game ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi klub sepak bola untuk mendapat pemasukan dari para pendukungnya. Di sisi lain, pendukung bisa memainkan game yang bisa mendekatkannya dengan klub kesayangannya, sambil berkesempatan untuk mengikuti event khusus bersama klub tersebut. Sebuah tawaran yang menarik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again