Jagoan Inovasi di Ajang Hackathon Toyota Fun/Code 2019 Sudah Terpilih

Jagoan Inovasi di Ajang Hackathon Toyota Fun/Code 2019 Sudah Terpilih

Rangkaian acara hackathon otomotif pertama di Indonesia telah berakhir
Toyota Funcode 1
Toyota Funcode 1

Semua rangkaian Hackathon Toyota Fun/Code 2019 telah selesai. Setelah berjuang selama 24 jam penuh, akhirnya para atlet dari 70 tim yang terpilih sukses menghadirkan inovasi luar biasa yang mampu memukau dewan juri. Di ajang ini para finalis mempresentasikan hasil karya mereka di depan para dewan juri serta hadirin yang datang. Acara puncak ini dilaksanakan di Candi Bentar, Jakarta pada tanggal 3 November, mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 15.00.

Tim Ga Chibi berhasil menjadi jawara alias juara pertama dengan aplikasinya yang bernama Rento!. Tim ini sukses membawa pulang uang tunai senilai 50 juta rupiah.

Posisi juara kedua diduduki oleh tim NL_Ione lewat aplikasi bernama Defino dan berhak mendapatkan uang tunai senilai 30 juta rupiah. Sedangkan juara ketiga berhasil diraih oleh Focus AR dengan aplikasi bernama Immersive Edu, yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai 20 juta rupiah.

Toyota Fun/Code 2019 merupakan kompetisi hackathon dengan tema otomotif pertama di Indonesia. Sebelum menggelar hackathon di Candi Bentar, Jakarta pada tanggal 2-3 November 2019 lalu, telah diselenggarakan pula Roadshow di tiga kota, yaitu Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

Toyota Funcode 2

Ajang ini berhasil mengumpulkan sebanyak 467 ide inovasi, terdapat 84 ide dari kategori Eco Driving, 101 ide kategori Education, 149 ide kategori Ownership Experience, 89 ide kategori Value Chain & Trade In dan 44 ide kategori Disability. Penyelenggara telah memilih 70 tim terbaik dari kelima kategori untuk berlaga di babak Hack Day. 70 tim yang berhasil melaju ke babak Hack Day kemudian menjalankan kompetisi selama 24 jam. Kemudian 70 tim mempresentasikan apa yang telah mereka kerjakan di hadapan dewan juri untuk mencari 8 tim terbaik yang akan melaju ke proses mega judging dan memberikan presentasi di hadapan peserta lainnya.

Setelah melewati proses penjurian mega judging yang menegangkan, serta diskusi panjang oleh para dewan juri, akhirnya dari 8 tim terbaik, terpilihlah ketiga tim pemenang dengan konsep, ide, dan produk terbaik.

Terbaik Ketiga: Focus AR

Focus AR

Tim Focus AR sebagai juara ketiga menggagas aplikasi Immersive Edu yang merupakan sebuah aplikasi edukasi dan promosi yang dibantu dengan teknologi Augmented Reality yang mempresentasikan sebuah model mobil secara langsung pada environment user. Tim Focus AR hanya terdiri satu orang Dicky Rachmat Iskandar.

Terbaik Kedua: NL_Ione

NL_Ione

Tim NL_Ione, sang juara kedua mengembangkan aplikasi bertajuk DEFINO (Deaf Assistant of Toyota) merupakan sistem yang berperan sebagai asisten bagi pengemudi Toyota yang tuna rungu, yang bekerja sebagai pengemudi transportasi umum. Ide awal Antonius Yonanda Chrisma Nugraha dan M. Sulthan Farras Nanz sebagai anggota tim adalah untuk memudahkan dalam berkomunikasi, dan mengatasi keterbatasan mengawasi situasi berkendara.

Terbaik Pertama: Ga Chibi

Ga Chibi

Tim Ga Chibi yang menjadi juara pertama mengembangkan aplikasi rental mobil dengan implementasi IoT bernama Rento!. Melalui karya inovasi ini, Feby Eliana Tengry, Gabriel Bentara Raphael, dan Rizky Andyno Ramadhan berupaya membantu pemilik mobil Toyota untuk menyewakan mobilnya dengan menggunakan sistem kunci mobil virtual.

Ketiga pemenang ini diharapkan mampu berkolaborasi dengan Toyota untuk menghadirkan produk teknologi digital yang mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berkendara maupun bagi yang ingin memiliki kendaraan sendiri.

Ke depannya, Toyota akan menjalin kerja sama dan berkoordinasi lebih lanjut dengan para pemenang untuk mengintegrasikan fitur-fitur yang mereka miliki dengan produk Toyota yang ada saat ini. Toyota juga tidak menutup kemungkinan untuk menjalin hubungan dengan para peserta lain yang belum menjadi pemenang, namun memiliki fitur dan keunggulan yang dibutuhkan oleh Toyota dalam meningkatkan kualitas layanan produknya.

Disclosure: Artikel ini adalah hasil kerja sama DailySocial dan TOYOTA sebagai bagian rangkaian kegiatan TOYOTA Fun/Code 2019

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…