1. Startup

Jakarta Ruby Brigade dan DapurMasak Hadirkan Meetup dengan CTO Cookpad

Jakarta Ruby Brigade sebagai penggiat komunitas bahasa pemrograman Ruby di Indonesai bakal mengadakan meetup tanggal 18 Juni mendatang dengan bintang tamu CTO Cookpad Yuichi Tateno. Cookpad adalah situs komunitas berbagi resep masakan terbesar di Jepang yang baru-baru ini mengakuisisi secara penuh DapurMasak, startup pemenang Sparxup 2012.

Dalam pertemuan yang akan diadakan di Ciputra GEPI Incubator, DBS Tower Level 9, Ciputra World I. Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5, Jakarta, bakal diberikan dua materi utama, yaitu High Performance Rails yang dibawakan oleh Yuichi dan "The state of Ruby language in Indonesia" yang akan disajikan oleh Achmad Gozali. Sebelum menjadi CTO Cookpad, Yuichi adalah lead programmer di HatenaBookmark, salah satu layanan social bookmarking besar di Jepang.

Cookpad sendiri dijalankan menggunakan teknologi Ruby on Rails dan dikunjungi oleh lebih dari 20 juta pengunjung unik setiap bulannya. Yuichi akan membahas tentang penggunaan Ruby on Rails yang memiliki performa baik dan cepat, meskipun memperoleh load yang sangat besar.

Selain Cookpad, ada banyak layanan global besar yang juga menggunakan Ruby on Rails. Menurut blog The Coder Factory, layanan Internet populer seperti Airbnb, Hulu, Heroku, Groupon, dan GitHub juga menggunakan teknologi ini. Diperkirakan saat ini ada lebih dari 600.000 situs yang menggunakan Ruby on Rails sebagai basis pengembangannya.

Jakarta Ruby Brigade adalah komunitas pengguna Ruby yang berbasis di Jakarta. Mereka adalah grup yang secara bebas berbagi pengetahuan tentang bahasa pemrograman Ruby beserta library dan frameworks-nya, termasuk Ruby on Rails. Mereka bertemu sebulan sekali dalam pertemuan yang bersifat gratis dan terbuka untuk umum.

DapurMasak sendiri sempat mengejutkan dunia startup di Indonesia setelah mengumumkan bahwa Cookpad membeli sisa kepemilikan 60% di startup ini senilai $600 ribu (Rp 7 milyar) di akhir April 2014, setelah sebelumnya memperoleh investasi yang tidak disebutkan nilainya dari Cookpad di awal tahun dan dikonversikan menjadi 40% saham. DapurMasak didirikan oleh Soegianto Widjaja yang juga merupakan pendiri Sedapur yang kini sudah ditutup.

Untuk mengikuti Jakarta Ruby Meetup kali ini, peminat bisa mendaftar secara langsung di http://www.meetup.com/jakartarb/events/185580862/.

[Ilustrasi foto: Flickr/yggg]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again