1. Startup

Jakarta Ventures Night 2011: TeknoUp dan NightSpade Dapat Investasi dari East Ventures

Jumat malam, 18 Maret 2011, di Hotel Hyatt Jakarta digelar acara Jakarta Ventures Night 2011. Bagi pembaca setia DailySocial pasti telah mengetahui acara ini, karena sebelumnya telah digelar Jakarta Ventures Night 2010 serta Bandung Ventures Night 2010. (Artikel bisa dilihat di tautan ini dan ini).

Selain presentasi dari 9 startup serta berbagai berita lain, seperti Tasterous yang menambahkan dua rockstar teknologi di jajaran Board of Directors mereka, ada satu pengumuman dari East Ventures tentang dua startup tambahan yang kini bergabung dan menjadi portfolio baru East Ventures (EV). Mereka adalah TeknoUp dan NightSpade.

TeknoUp merupakan sebuah situs yang menyediakan berita teknologi serta review gadget di Indonesia dan menyediakan juga berita teknologi terkini yang sedang hangat dibicarakan. Dari presentasi pada acara Jakarta Ventures Night, Citra dari TeknoUp menjelaskan bahwa TeknoUp tidak hanya menyediakan berita saja tetapi juga analisis atas berbagai informasi teknologi terbaru, dengan fokus pada bahasa lokal Indonesia serta ramah pengiklan. Bagi para pemilik brand, TeknoUp juga menyajikan kampanye untuk para pemilik merek bukan hanya simple advertising.

Salah satu keunggulan dari situs ini bisa jadi adalah bagian review yang tidak hanya menampilkan penjelasan berupa teks tetapi juga foto asli produk dan terkadang terdapat juga video hands-on dari penggunaan gadget yang dibahas. Anda bisa membaca review TeknoUp di artikel DailySocial berikut.

Satu lagi startup yang mendapatkan pendanaan dari East Ventures adalah NightSpade. NightSpade merupakan sebuah studio asal Bandung yang mengembangkan aplikasi interaktif untuk perangkat bergerak, desktop atau web. Beberapa produk mereka antara lain permainan, interactive websites serta interactive news reader. Mereka juga mengembangkan berbagai aplikasi untuk iPhone, iPad serta nantinya PlayBook.

Pada presentasi di acara Jakarta Ventures Night, Dody dari NightSpade juga mempresentasikan salah satu aplikasi permainan buatan mereka, Don Gravity (a puzzle maze game with accelerometer) yang bisa dimainkan di iPad. Permainan ini dikatakan Dody telah diunduh lebih dari 50.000 kali dalam dua minggu. NightSpade juga sedang mempersiapkan 2 permainan lagi yang akan segera diluncurkan.

Terus terang pendanaan East Ventures atas TeknoUp agak sedikit membuat saya kaget, salah satu alasannya karena ini portfolio EV yang lain daripada beberapa portfolio EV lainnya, mulai dari Urbanesia, Tokopedia, Apps Foundry, Disdus, PriceArea, Trendiest (dahulu Scraplr) dan yang terbaru NightSpade. Startup yang lain berfokus pada aplikasi atau layanan lewat internet/web, sedangkan TeknoUp adalah situs yang berfokus pada penyediaan konten (berbasis teks).

Namun ketika berkesempatan berbincang sebentar dengan Willson dari EV, salah satu alasan yang mendasari pendanaan ini adalah founder, EV melihat kapabilitas para founder di TeknoUp cukup baik dan layak untuk diberi investasi, sedangkan alasan lain adalah TeknoUp sendiri merupakan sebuah startup yang punya prospek cerah. Kalau melihat penjelasan artikel di DailySocial sebelumnya tentang rencana-rencana TeknoUp, setelah saya telaah kembali, investasi atas TeknoUp bisa jadi akan terintegrasi juga dengan startup yang menjadi keluarga besar EV lainnya, minimal bisa saling mendukung. Misalnya dengan Disdus (yang memiliki kategori khusus gadget) dan PriceArea yang juga menyediakan informasi gadget.

Sedangkan untuk NightSpade, saya iseng bertanya pada Inaz Inas Lutfhi (salah satu co-founder NightSpade) apakah mereka nantinya akan diboyong ke Apps Foundry, yang juga mengembangkan aplikasi untuk perangkat bergerak? Inaz Inas Lutfhi menjelaskan bahwa NihtSpade tetap akan berjalan seperti biasa, pendanaan juga bukan akuisisi, meski ada dana yang diberikan namun penekanan tetap pada bimbingan yang akan diberikan EV (layaknya dengan startup EV lain).

Perkenalan antara EV dan NightSpade juga berlangsung cukup singkat, kurang lebih 2 minggu dan akhirnya mereka sepakat untuk melakukan deal. Invetasi atas NightSpade bisa jadi akan menambah luas pangsa pasar portfolio dari EV di wilayah mobile, pengalaman Willson juga tentunya akan menjadi bimbingan yang berguna bagi NightSpade, Apps Foundry sendiri telah memiliki beberapa produk yang cukup sukses (dari sisi adaptasi pengguna), kini segmen permainan bisa jadi akan semakin dikembangkan dan akan lahir berbagai permainan dan produk baru dari NightSpade.

Untuk jumlah pendanaan, seperti biasa, masing-masing startup tidak mau membeberkan jumlah rupiah dari nilai investasi, setidaknya jawaban itu yang saya dapat dari NightSpade. So, mari kita lihat perkembangan apa yang terjadi dari anggota keluarga baru East Ventures, baik dari layanan, pengembangan produk atau aplikasi terbaru. Dan apakah dari Jakarta Ventures Night ini akan hadir portfolio terbaru lagi dari East Ventures? Bisa jadi, saya memperkirakan ada beberapa yang sepertinya menarik bagi EV, kita lihat saja, apakah ada berita tentang investasi terbaru dari EV pada beberapa bulan ke depan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again