Categories

Interview

Menginjak Usia Setahun, Begini Rencana dan Target Jakmall

Telah memiliki 500 penjual dan 1,7 juta pengguna, bakal menghadirkan produk kecantikan dan fesyen untuk perempuan

Yenny Yusra - 18 August 2017

Layanan marketplace produk elektronik dan gadget Jakmall, yang merupakan transformasi dari JakartaNotebook, bulan Agustus ini telah memasuki usia satu tahun. Kepada DailySocial, CMO Jakmall Tommy Lim mengungkapkan memasuki usia pertama, layanan yang pada awalnya menargetkan kalangan laki-laki untuk target konsumen, saat ini mulai menawarkan berbagai produk menarik untuk kalangan perempuan.

"Produk-produk di Jakmall pada umumnya lebih condong kepada kategori produk yang identik dengan konsumen pria seperti gadget dan aksesoris gadget. Namun seiring berjalannya waktu kategori-kategori produk untuk perempuan juga mulai disediakan. Secara khusus produk-produk tersebut masuk ke dalam kategori Fesyen dan Kecantikan."

Memasuki usia 1 tahun, Jakmall telah mengalami peningkatan transaksi dari Agustus 2016 sampai dengan Desember 2016 sebesar 58.6%. Peningkatan dari Januari 2017 sampai dengan Juli 2017 sendiri tercatat sebesar 59.5%. Secara khusus peningkatan pesat terjadi saat acara JGOS (Jakarta Great Online Sale 2017) dilangsungkan.

Jakmall juga terpilih menjadi marketplace yang dipercaya untuk menjadi pilot project implementasi API BCA. Dalam waktu seminggu sejak integrasi, kecepatan transfer bank di Jakmall diklaim meningkat 30 kali lebih cepat.

"Jakmall hadir dengan beragam produk yang unik dan membawa positioning sebagai marketplace yang menyediakan produk-produk dengan harga termurah. Jakmall ikut menjadi lima marketplace pertama yang bekerja sama dengan GO-JEK secara khusus untuk menghadirkan same-day delivery," kata Tommy.

Target Jakmall menambah jumlah produk dan penjual

Hingga saat ini Jakmall telah bermitra dengan lebih dari 500 penjual dan jumlah ini terus bertambah setiap harinya. Sementara jumlah anggota Jakmall hingga bulan Juli 2017 telah mencapai 1,7 juta akun.

Dalam hal strategi monetisasi yang saat ini dijalankan, Jakmall masih memberikan layanan free trial secara khusus ketika penjual bergabung dan menggunakan layanan yang disediakan.

"Hal ini dikarenakan fokus saat ini adalah agar konsumen kami merasakan value dari produk-produk yang disediakan oleh Jakmall," kata Tommy.

Selanjutnya fokus Jakmall adalah memenuhi kategori produk A-Z yang belum tersedia. Proses seleksi penjual sendiri dilakukan secara ketat untuk memastikan penjual adalah pemilik produk atau pemilik merek yang mampu memberikan harga termurah kepada konsumen. Sementara untuk angka pertumbuhan penjual bertambah secara bertahap.

"Sesuai dengan visi kami “Connect people through commerce”, target yang ingin dicapai hingga akhir tahun 2017 adalah terus menghadirkan penjual yang berkualitas dan penambahan jumlah SKU produk hingga lebih dari 100 ribu SKU aktif dengan harga termurah," tutup Tommy.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter