Categories

Interview

Jalin Kerja Sama Strategis dengan Instagram, Kata.ai Lahirkan Solusi Baru

Kata.ai satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang terpilih dalam kerja sama ini

Bintoro Agung - 23 October 2020

Kabar baik singgah di Kata.ai. Startup yang fokus pada pengembangan kecerdasan buatan (AI) percakapan dan Natural Language Processing (NLP) ini terpilih sebagai satu dari sedikit perusahaan teknologi yang bisa memanfaatkan API Instagram Messenger.

Bentuk konkret dari terpilihnya Kata.ai sebagai satu-satunya mitra Instagram dari Indonesia adalah hadirnya fitur pesan Instagram pada dasbor omnichannel Kata.ai bernama Kata Instagram Solution. Layanan tersebut memungkinkan pemilik bisnis yang memakai jasa Kata.ai terhubung langsung ke fitur pesan di aplikasi Instagram ke platform omnichannel.

“Kata Instagram Solution memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola pesan dan percakapan dari konsumen secara berkesinambungan dan lebih efektif. Hal ini akan memudahkan mereka menciptakan interaksi lebih tinggi dan melayani pelanggan dengan lebih baik,” ucap Co-Founder & CEO Kata.ai Irzan Raditya dalam pernyataan tertulis.

Terpilihnya Kata.ai tidak terjadi dalam semalam. Mereka sudah menjalin hubungan baik dengan Facebook -sebagai induk dari Instagram- ketika mereka ditunjuk sebagai mitra resmi WhatsApp Business Solution Provider pada tahun 2019. Irzan juga menjelaskan bahwa mereka telah beberapa kali terlibat kerja sama dengan Facebook untuk membantu kliennya dalam mengintegrasikan serta membangun solusi di atas platform Facebook Meseenger.

Lebih jauh ia menjelaskan, lewat Kata Instagram Solution ini pemilik bisnis yang memakai Instagram dapat menangani percakapan pesan di media sosial itu secara kreatif dan mendongkrak customer engagement lewat Direct Message. Layanan baru Kata.ai ini pun sudah efektif bisa digunakan klien mereka.

“Adapun produk yang saat ini dikembangkan yaitu pemilik bisnis dapat menggunakan produk Kata Omnichat untuk dapat mengelola pertanyaan yang masuk melalui Diret Message API,” imbuhnya.

Terpilihnya Instagram sebagai platform yang bisa menggunakan API Instagram ini bisa dibilang signifikan. Pasalnya seperti diketahui bersama bahwa Instagram merupakan media sosial terpopuler di dunia setelah Facebook. Pengguna aktif bulanan mereka lebih dari satu miliar dengan rata-rata penggunaan sekitar 53 menit tiap hari. Di Indonesia sendiri, diperkirakan Instagram dipakai oleh 69 juta pengguna.

Kecenderungan yang meningkat pelanggan menghubungi pemilik bisnis melalui pesan langsung memang meningkat dibanding melalui telepon maupun email. Itu sebabnya Kata.ai punya harapan besar lewat produk terbarunya ini. Pada akhir 2018 Instagram sendiri pernah membuat survei mengenai jumlah bisnis yang memanfaatkan Instagram. Dari hasil survei tersebut diketahui 52% pemilik bisnis mengarahkan konsumennya ke profil bisnis mereka di Instagram. “Karenanya dari sini kami melihat potensinya sangat besar dan hal ini menjadi penting bagi pemilik bisnis untuk memiliki sarana percakapan pesan yang terintegrasi.”

Pihak Instagram pun menyambut kerja sama mereka dengan Kata.ai. Mereka membenarkan bahwa kerja sama ini memang memungkinkan membantu bisnis dan pelanggannya untuk berinteraksi lebih erat.

“Layanan Messenger API untuk Instagram memungkinkan pemilik bisnis dan developer untuk mengelola komunikasi dengan pelanggan di Instagram dalam skala besar,” ujar VP of Platform Partnerships di Messenger Konstantinos Papamiltiadis.

Kata.ai adalah satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang dipilih oleh Facebook dalam program ini. Selain Kata.ai, beberapa perusahaan lain yang terpilih adalah Hootsuite, Zendesk, GoDaddy, MobileMonkey, dan Sprinklr.

Kata.ai berencana mengembangkan produk terbaru ini dengan fitur-fitur lainnya sesuai dengan kebutuhan pengguna mereka. Akan tetapi Irzan menyatakan saat ini layanan Kata Instagram Solution ini masih sebatas memungkinkan pemilik bisnis mengelola pertanyaan yang masuk melalui Direct Message API.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter