3 September 2014

by Oki Rosgani

Jam Tangan Pintar Apple akan Bernama iTime?

Pada tanggal 9 September 2014 nanti, Apple berencana untuk mengadakan perhelatan yang telah menjadi penantian banyak orang, sejumlah undangan telah disebar ke beberapa media di luar sana, dengan tag line "Wish we could say more." kabarnya pada acara ini Apple akan merilis sejumlah produk barunya, diantaranya adalah jam tangan pintar.

Kabar yang berkembang sebelumnya menyebutkan bahwa nama dari jam tangan pintar Apple akan dikenal Apple sebagai iWatch, namun belakangan tersiar kabar bahwa perangkat jam tangan pintar tersebut akan diberi nama iTime.

Keberadaan perangkat jam tangan pintar (smartwatch) yang akan dirilis Apple ini memang telah lama tersebar melalui beberapa rumor, dan kabar terbaru dari situs iPh0nehax menyebutkan bahwa perangkat tersebut akan dijual dengan harga $400 USD.

Menurut kabar, para eksekutif di Apple telah menetapkan harga $400 USD untuk perangkat jam tangan pintar tersebut, namun penetapan harga tersebut masih belum pasti mengingat kemungkinan akan ada dua jenis model jam tangan pintar iTime yang akan dirilis.

 

Info menarik: Twitter Bakal Buka Kantor di Indonesia

 

 

Kedua jam pintar ini akan hadir dengan fitur dan disain berbeda sehingga dipastikan akan memiliki skema harga yang berbeda pula, berdasarkan informasi yang kami dapat versi premiumnya akan menyentuh harga $799 USD.

Image Credit: patft.uspto.gov

Apa yang bisa kita dapat dari perangkat jam tangan pintar besutan Apple itu? Sejumlah rumor sebelumnya mengatakan bahwa akan ada dua versi smartwatch yang akan dirilis, salah satunya ditujukan untuk pengguna perempuan dan model lainnya ditujukan untuk pengguna laki-laki.

Rumor menyebutkan bahwa jam tangan  pintar ini akan menggunakan teknologi layar plastik OLED (P-OLED) dengan disain permukaan yang sedikit melengkung berukuran 1.52 inci. Layar tersebut kabarnya akan diproduksi oleh pabrikan LG Electronics, namun LG hanya akan menjadi pemasok komponen layar kedua karena Apple telah memilih perusahaan RiTDisplay yang berbasis di Taiwan sebagai pemasok utama untuk layar iTime tersebut.

Saat tulisan ini kami buat, ada kabar bahwa Apple baru akan memasarkan jam tangan ini tahun depan, rumor lain juga muncul dimana jam tangan ini tidak akan diperkenalkan Apple pada tanggal 9 September nanti, namun akan diperkenalkan pada bulan Oktober.

Namun indikasi keberadaan jam tangan pintar ini semakin kuat dengan adanya beberapa aplikasi baru yang akan disematkan pada iOS 8 yakni aplikasi yang bernama Health dimana di dalamnya terdapat fungsi untuk mendeteksi kesehatan dan aktivitas pengguna, salah satu fitur dari aplikasi tersebut adalah untuk memeriksa besaran kalori yang dihabiskan saat penggunanya berolahraga, fitur pedometer dan juga pembaca detak jantung.

Sayangnya, sebagian orang menilai bahwa Apple terlambat dalam merilis produk jam tangan pintar tersebut karena di pasaran saat ini sejumlah produsen telah merilis produk jam tangan pintar mereka, sebut saja seperti Samsung, Sony, Pebble, LG, Cookoo dan lainnya.

 

Info menarik: Lumia 530

 

 

Bahkan Samsung yang disebut-sebut sebagai rival terkuat Apple telah merilis Samsung Galaxy Gear S, sebuah jam tangan pintar yang mampu mengakses konten secara mandiri tanpa harus "dipasangkan" dengan perangkat smartphone atau tablet. Namun, akankah daya tarik Apple mampu merebut hati pengguna di ranah Smartwatch?

Sebagai informasi tambahan, pada perhelatan yang akan diadakan pada tanggal 9 September nanti, Apple juga diprediksi akan merilis iPhone terbaru, iPhone 6. Berdasarkan informasi yang beredar sebelumnya, iPhone 6 akan memiliki dua varian layar berbeda yakni iPhone 6 dengan layar berukuran 4.7 inci dan layar 5.5 inci.

Tapi rumor yang baru-baru ini muncul mengatakan bahwa pada tanggal 9 September nanti Apple tidak akan merilis iPhone 6 berukuran 5.5 inci, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu hanya akan memperkenalkan iPhone 4,7 inci dan iPhone 5S berkapasitas 8GB sebagai pengganti iPhone 5C yang memang kurang sukses di pasaran.

Sumber: iPh0neHax. Gambar header: 9to5Mac.