Categories

Gadget

Janjikan Talk-Time 2 Jam Cuma Dengan Isi Ulang Selama 5 Menit, Infinix Note 4 Mendarat di Indonesia

Infinix mencoba membuktikan bahwa power bank bukan lagi aksesori krusial penunjang hidup smartphone.

Yoga Wisesa - 22 August 2017

Kecuali Anda harus pergi ke tempat terpencil yang tidak menyediakan sumber listrik, ketergantungan smartphone pada power bank pelan-pelan berkurang. Salah satu faktor pendorong perubahan ini adalah majunya teknologi semiconductor. Chip-chip baru kini menyuguhkan performa lebih cepat dan mengonsumsi daya lebih sedikit, apalagi dibantu oleh fitur-fitur canggih di baterai.

Lewat Note 4 X572, Infinix mencoba membuktikan bahwa power bank bukan lagi aksesori krusial penunjang hidup smartphone. Diperkenalkan perdana di bulan Juli 2017 di Nigeria, handset generasi keempat di seri Note itu menjanjikan baterai berkapasitas besar yang dipadu fitur XCharge 4.0, memungkinkannya berikan talk-time dua jam cukup dengan mengisi ulang baterai selama lima menit saja. Dan melalui konferensi pers yang diadakan di Jakarta tanggal 21 Agustus kemarin, Note 4 resmi mendarat di Indonesia.

Via lembar rilis pers, country manager Infinix Mobility SEA Marcia Sun menjelaskan alasan mereka menyiapkan Note 4, "Besarnya jumlah profesional muda yang memiliki mobilitas tinggi mengharuskan mereka mempunyai smartphone mumpuni dengan baterai tahan lama. Note 4 adalah jawaban atas kebutuhan itu karena selain kapasitas baterai yang besar, proses isi ulangnya tidak memakan banyak waktu."

Note 4 adalah phablet berlayar 5,7-inci. Meskipun ditawarkan di harga kelas 'entry-level', Infinix membekalinya dengan sejumlah fitur yang umumnya ditemukan di produk menengah ke atas, serta meramu desainnya agar tampil premium.

 

Desain

Handset memiliki tubuh berdimensi 159x78,8x8,4mm, tersusun atas kombinasi material polikarbonat berlapis kaca curved di punggungnya. Layarnya sendiri mengusung jenis 2.5D, melengkung pada area ujungnya, seolah-olah menyatu ke body.

Bagian belakang Note 4 terlihat menarik karena Infinix membubuhkan tekstur ala logam di bawah lapisan transparan, sehingga punggung perangkat akan menampilkan pola berbeda tergantung dari arah datangnya cahaya. Infinix menyediakan tiga pilihan warna, yakni hitam, emas dan biru.

Selanjutnya, Infinix membubuhkan sensor pemindai sidik jari, menyematkannya di tombol home mekanik yang diapit oleh tombol kapasitif back dan menu. Tombol volume dan power berada di sisi kanan, lalu tray dual SIM card/microSD bisa Anda temukan di bagian kirinya. Sensor fingerprint tersebut kabarnya bisa mengenali sidik jari pemilik device dalam waktu cuma 0,15 detik, sehingga mampu merespons sentuhan hampir seketika.

 

Layar

Karena ukurannya tergolong lebar, panel IPS 5,7-inci di sana memang perlu ditopang resolusi full-HD. Dengan kepadatan 386PPI, layar Note 4 ditunjang color gamut yang tinggi - mencapai 85 persen NTSC. Menurut Infinix, ukuran ini 20 persen lebih besar dibanding mayoritas smartphone kompetitor. Perangkat juga mempunyai tingkat kontras 1300 (Infinix belum menjelaskan secara rinci maksudnya) dan level kecerahan mencapai 500 cd/m² (candela per meter persegi).

 

Baterai

Baterai non-removable 4.300mAh di dalam diklaim sanggup menjaga Note 4 tetap aktif hingga dua hari - atau satu setengah hari jika dipakai secara intensif. Baterai tersebut didukung app XPower, yang memungkinkan Anda mengonfigurasi mode konsumsi daya - misalnya high performance, normal, atau mengaktifkan Ultra Power Mode sandainya perlu betul-betul berhemat saat baterai mulai menipis.

Selanjutnya, fitur XCharge hadir di sana untuk mempersingkat waktu pengisian ulang. Dalam keadaan benar-benar kosong, mencolokkan smartphone ke sumber listrik selama setengah jam akan mengisi 45 persen baterai. Secara teori, men-charge Note 4 X572 selama lima menit memungkinkan Anda menikmati musik sampai enam jam, dengan syarat bukan streaming.

 

Kamera

Infinix Note 4 menghidangkan kamera utama bersensor 13-megapixel yang dibantu kapabilitas auto-focus dan flash LED dual-tone untuk mendukung proses pemotretan di kondisi kurang cahaya. Buat selfie, smartphone mengandalkan sensor sensor 1.4μm 8-megapixel, dipadu algoritma 'face beauty shot' yang membuat wajah Anda tampil lebih halus.

 

XOS 2.3

Note 4 X572 dibundel bersama UI baru racikan Infinix, XOS 2.3, merupakan hasil modifikasi dari Android 7.0 Nougat. Di sana ada satu fungsi yang sangat dibanggakan oleh sang produsen: Multi Window. Fitur ini memungkinkan kita membuka dua window di satu layar, sehingga Anda dapat membalas pesan teks tanpa perlu menghentikan video.

Selain itu, XOS 2.3 turut dilengkapi XShare (fitur sharing file dengan kecepatan 200 kali lebih gesit dari Bluetooth), Freezer (buat menonaktifkan app tak terpakai demi menghemat memori), hingga XHide (untuk menyembunyikan info dan data sensitif).

 

Hardware

Note 4 yang masuk ke Indonesia ini adalah varian dengan ukuran RAM dan penyimpanan terbesar, namun chip-nya tetap serupa versi Nigeria. Berikut adalah susunan hardware-nya:

  • System-on-chip MediaTek MT6753
  • CPUocta-core Cortex A53 1,3GHz
  • GPU Mali-T720 MP3 450 MHz
  • RAM 3GB
  • ROM 32GB (bisa diekspansi hingga 128GB via microSD)
  • Konektivitas Bluetooth 4.0, Wi-Fi, 802.11 b/g/n, GPS, microUSB 2.0
  • Baterai 4.300mAh

 

Harga dan ketersediaan

Infinix Note 4 X572 akan dijual secara eksklusif melalui Lazada, dapat dipesan mulai tanggal 28 Agustus 2017 nanti. Infinix belum mengonfirmasi mengenai apakah produk juga ditawarkan secara offline atau tidak, tapi pastinya, perangkat akan dibundel bersama paket data Telkomsel. Device dijajakan di harga sangat terjangkau, hanya Rp 2,05 juta.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter