Selama 21 tahun perusahaan jasa pengiriman barang 21Express telah mampu mengakomodasi kebutuhan perusahaan dalam hal pengiriman barang diseluruh Indonesia. Kini 21Express meningkatkan layanannya dengan meluncurkan aplikasi mobile dengan layanan pick up order dan real time status pengiriman langsung dari ponsel.

Terobosan yang dilakukan oleh 21Express dengan melayani pelanggan melalui mobile apps berangkat dari semakin tingginya tingkat adopsi penggunaan smartphone di kalangan masyarakat Indonesia untuk berbagai macam keperluan termasuk pengiriman barang dan dokumen.

Mobile application ini merupakan inovasi yang memudahkan layanan pengiriman barang diseluruh indonesia, dapat digunakan oleh perorangan, ritel maupun e-commerce,” kata Managing Director 21Express Fany Wyadi di acara temu media hari ini (04/11) di Jakarta.

Aplikasi mobile 21Express secara terpadu dilengkapi dengan sistem sistem back office 21Express dan semua kurir 21 Express dibekali dengan smartphone android yang memadai, sehingga memudahkan untuk memberi kepastian kepada para pelanggan terkait dengan transaksi hingga melacak pengiriman barang hingga sampai tujuan. Fitur ini tentunya sangat memudahkan para konsumen e-commerce dalam melakukan order hingga cek status pengiriman barang.

“Kami sudah bekerja sama dengan perusahaan e-commerce fungsi dari 21Express sendiri adalah mempermudah dalam hal pengecekan barang hingga update status. Kami termasuk yang cukup advance dalam hal ini karena kami mampu menghubungkan langsung sistem tersebut kepada e-commerce dengan sistem API,” tegas Fany.

Perhitungan harga yang dibebankan oleh pelanggan berdasarkan kilometer dari kota asal hingga tujuan. Jika ada penambahan harga dari beban barang yang akan dikirimkan (Excess Baggage), nantinya petugas yang melakukan proses pengiriman akan menimbang kelebihan barang tersebut dan akan diakumulasikan dengan total biaya pengiriman.

Merekrut agen baru di seluruh Indonesia

Saat ini aplikasi mobile 21 Express sudah bisa diunduh di platform Android dan iOS di seluruh Indonesia, namun demikian untuk saat ini fitur-fitur tertentu seperti Tracking system hanya bisa digunakan di wilayah Jabodetabek saja.

“Kenapa Jabodetabek didahulukan karena pusat dari perputaran barang ada di kota Jakarta dan Surabaya. Untuk itu kami memfokuskan di awal untuk Jakarta terlebih dahulu. Untuk kedepannya kami akan memperluas tracking system di seluruh Indonesia,” kata Fany.

Layanan aplikasi mobile 21Express menjangkau seluruh pelanggan di pelosok Indonesia, baik di kota besar hingga kota-kota kecil dan sanggup melayani pelanggan perorangan, ritel maupun korporasi.

Salah satu fitur baru yang menjadi andalan aplikasi mobile 21Express adalah Fitur Nearby Agent yang menyediakan informasi agen-agen 21Express di kawasan terdekat pelanggan. Untuk mengakomodir hal tersebut, selain menggunakan agen-agen 21Express yang ada saat ini, 21Express juga membuka kesempatan untuk masyarakat luas bermitra menjadi agen 21Express untuk menambah jumlah agen di seluruh pelosok Indonesia.

Asuransi dan Loyalty Program

Sesuai dengan peraturan pemerintah, 21Express akan bertanggung jawab jika terjadinya kerusakan atau kehilangan barang saat pengiriman. Namun demikian untuk kasus-kasus tertentu akan diteliti lebih lanjut dan akan disesuaikan berapa jumlah pergantian atau asuransi yang akan diberikan kepada pelanggan.

“Asuransi  kami mengikuti peraturan pemerintah yang diberikan biasanya 10 kali ongkos kirim hingga pergantian uang maksimal Rp 1 juta, karena selama ini 21Express berupaya untuk meminimalisir terjadinya kehilangan barang dan selalu bertanggung jawab atas apapun yang terjadi,” kata Fany.

Berikutnya 21Express juga ingin memperkenalkan Loyalty Program. Pelanggan yang telah menggunakan aplikasi dapat mengumpulkan point reward dan dapat ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik. Selama bulan promo, pengguna yang telah mengunduh aplikasi mobile 21Express secara otomatis akan mendapatkan point reward sejumlah 100 poin hingga double point.

“Dengan fasilitas ini, kami harapkan pelanggan B2B dan B2C kami akan lebih hemat waktu dan tenaga sehingga seluruh proses pengiriman dokumen dan barang akan lebih efektif dan efisien,” tutup Fany.