1. Startup

Aplikasi Jejakku Tawarkan Kemudahan Mencari Informasi Lokasi dan Event Wisata Indonesia

Telah menjalin kerja sama dengan komunitas @1000_Guru dan Trash Hero Indonesia

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki berbagai macam kekayaan alam serta kebudayaan yang beragam. Banyak tempat-tempat indah yang belum tersingkap dan akses informasi untuk yang sudah ada pun terkadang masih sulit. Aplikasi Jejakku mencoba hadir untuk menyediakan informasi tempat wisata lokal yang dapat bantu pelancong memudahkan kegiatan wisatanya.

Jejakku adalah salah satu proyek aplikasi yang dikembangkan oleh Upward Project yang merupakan studio pengembang digital yang berbasis di Surabaya. Selain Jejakku, Upward Project juga memiliki dua proyek lain, yakni Indonesian City Explorer dan Indonesia Memilih.

Jejakku memposisikan dirinya sebagai aplikasi Trip Organizer dan Informasi wisata khusus Indonesia yang dapat memudahkan penggunanya untuk menemukan tempat wisata impiannya. Selain Jejakku, aplikasi yang menawarkan layanan serupa di Indonesia adalah Wisata Lokal. Saat ini aplikasi Jejakku sudah tersedia untuk platform Android dengan versi 4.0 ke atas di Play Store.

Cara kerja dan beberapa fitur unggulan

Menggunakan Jejakku terbilang mudah. Saat ingin masuk sebagai pengguna pertama kali, Jejakku memberikan tiga pilihan untuk mendaftar sebagai penggunanya. Pengguna dapat mendaftar melalui email pribadinya, menautkan akun Facebook, atau menautkan akun Google Plus mereka.

Ketika masuk, pengguna akan dihadapkan pada tampilan yang sederhana namun nyaman dilihat dengan menu utama berada di pojok kiri atas. Dari sisi pengalaman pengguna, fungsi yang ditawarkan dalam fitur-fitur yang ada di Jejakku berjalan cukup mulus ketika saya coba. Setidaknya ada tujuh fitur unggulan yang ditawakan oleh Jejakku, yakni Info Wisata, Info Event, Berbagi Kisah (melalui ulasan), Sharing, Challege, Request Trip, dan Store.

Hal menarik yang saya temukan di sini adalah fitur Challenge, Request Trip, dan Store. Melalui fitur Challenge, Jejakku mencoba menerapkan sistem poin rewards untuk mendorong pengguna berkontribusi lebih banyak lagi melalui Jejakku.  Nantinya poin tersebut dapat ditukar untuk berbelanja perlengkapan traveling di Jejakku Store.

Untuk fitur Request Trip, pengguna dapat meminta pada Trip Organizer untuk perjalanan ke suatu tempat wisata. Pengguna hanya perlu mengisi beberapa data yang dibutuhkan seperti nomor telepon, alamat email, dan budget perjalanan. Pada menu Trip Organizer terdapat pilihan Tour Package yang memberi informasi paket perjalanan tertentu.

Visi dan rekanan aplikasi Jejakku

Dalam mengembangkan aplikasinya, Jejakku mengusung visi "Exploring Indonesia in a Meaningful Way" yang pada intinya ingin memberikan makna lebih di setiap perjalan yang dilakukan penggunanya. Jejakku juga memiliki keinginan untuk membantu dan meningkatkan beragam potensi kekayaan alam dan budaya tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia.

Sebagai salah satu upaya mendorong para wisatawan berkontribusi lebih terhadap tempat yang dikunjuginya agar perjalanan wisatanya menjadi bermakna, Jejakku menghadirkan fitur Challenge. Fitur tersebut hadir melalui kerja sama Jejakku yang menajlin rekanan dengan komunitas @1000_guru untuk mengkampanyekan traveling and teaching. Selain komunitas 1000 Guru, Jejakku juga telah menjalin rekanan dengan Trash Hero Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, saat ini bahasa dalam aplikasi Jejakku telah berubah seluruhnya ke dalam Bahasa Inggris. Menurut Jejakku, keputusan ini diambil karena mereka ingin wisatawan mancanegara juga dapat menikmati aplikasi ini.

Masukan untuk pengembang

Sebenarnya tak banyak kendala yang saya temukan ketika menggunakan Jejakku. Salah satu yang ditemui adalah ketika mencoba mengakses fitur Request Trip melalui menu Trip Organizer. Aplikasi malah mengalami force closed. Ini membuat pilihan fitur hanya dapat diakses melalui Info Wisata dan juga info Event.

Satu lagi yang menjadi pertanyaan adalah proses penyaringan konten yang dilakukan oleh Jejakku. Pengguna dapat menambahkan lokasi wisata baru, bahkan dapat mengubah informasi event dalam menu Info Event yang lebih detil. Bagaimana Jejakku menyaring kontennya agar informasi yang ditampilkan tidak salah?

Terlepas dari isu tersebut, aplikasi ini sangat menarik untuk digunakan. Selain berjalan mulus di perangkat yang saya gunakan, tampilannya pun sangat mudah untuk dipahami namun tidak ketinggalan jaman.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again