23 September 2016

by Bambang Winarso

Jelang Pengumuman, Xiaomi Pamerkan Skor Benchmark Mi 5s

Skor benchmark Xiaomi Mi 5s mengalahkan OnePlus, tapi masih kalah dari iPhone 7

Kurang dari 4 hari, Xiaomi bakal menggelar sebuah acara akbar di markas mereka Tiongkok. Sebuah undangan resmi telah disebar untuk meramaikan acara yang diyakini banyak orang bakal jadi hari lahir flagship terbaru mereka, Mi 5s. Sejumlah bocoran di saat yang bersamaan juga mengindikasikan adanya Mi Note 2 dan Mi 5s Plus. Mungkinkah ketiganya bakal diungkap di hari yang sama? Belum ada yang tahu.

Tapi satu hal yang sudah pasti, bahwa apapun model yang akan diumumkan di tanggal 27 September itu bakal menawarkan kinerja prosesor yang luar biasa hebat. Sebuah teaser resmi baru saja dirilis oleh Xiaomi, menampilkan angka hasil benchmark AnTuTu sebesar 164119.

Bagi yang masih asing dengan skor ini, perlu diketahui bahwa angka-angka ini menggambarkan bahwa flagship terbaru Xiaomi membawa performa clock yang sangat mengesankan. Di atas kertas, skor ini mengalahkan perangkat kelas atas yang dimotori Snapdragon 820 mulai dari OnePlus 3. Skor ini hanya kalah oleh iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang mencatatkan skor 175,000 di AnTuTu.

Sementara itu, untuk detail spesifikasinya, sejauh ini masih sebatas rabaan yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Di bagian terluar Xiaomi Mi 5s diyakini membawa layar 5,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Skor benchmark di atas makin menguatkan rumor bahwa perangkat memang didukung prosesor yang lebih hebat dari Snapdragon 820, dan itu hanya bisa dilakukan oleh Snapdragon 821 yang notabene lebih mutakhir.

Kapasitas RAM yang dibawa sebesar 6GB untuk varian tertinggi, dan 4GB untuk varian terendah. Opsi penyimpanan meliputi 64GB, 128GB dan 256GB. Kemudian kamera 16MP dengan bekal aperture f/1.8, LED flash, PDAF, 4 –axis OIS dan kemampuan merekam video 4K.

Spesifikasi di atas memang masih sebatas dugaan. Resminya baru akan kita ketahui pada tanggal 27 September mendatang.

Sumber berita Fonearena dan gambar header ilustrasi Mi 5.