1. DScovery

Jenis-Jenis Reksadana Online, untuk Belajar Investasi, Termudah dan Tepercaya

Investasi bukanlah hal yang rumit lagi, karena kamu sudah bisa berinvestasi hanya dengan menggunakan aplikasi reksadana online. Simak artikel ini untuk mengetahui jenis-jenis reksadana online yang termudah dan tepercaya.

Saat ini, pasar investasi sedang booming di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak yang melakukan investasi, baik perorangan maupun perusahaan.

Ada berbagai macam alasan mereka melakukan investasi, seperti menabung untuk masa depan, mendapatkan pendapatan, meningkatkan kekayaan, mengatasi inflasi, mencapai financial goals, dan lainnya.

Dulu, banyak orang mengira investasi hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar saja. Dan kalau seseorang ingin melakukan investasi, prosedurnya akan menjadi rumit.

Namun sekarang masalah itu sudah teratasi. Karena sekarang siapapun bisa melakukan investasi dan mendapat manfaat-manfaat besar yang akan mereka dapatkan.

Reksadana merupakan jenis sarana investasi populer di kalangan masyarakat sekarang. Karena, siapapun dapat melakukan investasi di reksadana dengan mudah. Serta, manfaat-manfaatnya yang menggiurkan membuat banyak orang melakukan investasi reksadana.

Mari mengenal reksadana terlebih dahulu sebelum lebih jauh.

Pengertian dan Manfaat Reksadana

Reksadana adalah jenis investasi yang memungkinkan individu berinvestasi dalam portofolio saham, obligasi, dan sekuritas lainnya yang terdiversifikasi.

Pada dasarnya, reksadana mengumpulkan uang dari banyak investor dan menggunakannya untuk membeli campuran aset yang berbeda. Aset ini dipilih dan dikelola oleh manajer investasi profesional yang bekerja untuk memaksimalkan pengembalian dana sambil meminimalkan risiko.

Salah satu manfaat utama reksadana adalah diversifikasi. Karena reksa dana berinvestasi dalam berbagai aset yang berbeda, risikonya lebih kecil daripada berinvestasi dalam saham individual, yang dapat mengalami fluktuasi nilai yang signifikan.

Dengan menyebarkan investasi mereka di berbagai sekuritas, investor reksadana dapat mengurangi keseluruhan risiko mereka dan berpotensi memperoleh pengembalian yang lebih konsisten dari waktu ke waktu.

Jenis Reksadana Online

Salah satu alasan mengapa investasi reksadana banyak digunakan masyarakat sekarang dan menyebar dengan sangat cepat adalah karena sistem investasi yang bisa dilakukan secara online.

Kamu tidak perlu pergi ke sebuah perusahaan yang mungkin jauh dari rumah, menyiapkan dokumen-dokumen yang banyak, atau menyisihkan waktu berharga kamu untuk melakukan investasi.

Karena hanya dengan bersantai dirumah saja, kamu sudah dapat melakukan jenis investasi reksadana berikut ini:

Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang, juga disebut sebagai money market funds, adalah jenis reksadana yang berinvestasi pada produk pasar uang. Jenis ini dirancang untuk memberi investor opsi investasi berisiko rendah dan jangka pendek.

Kelebihan-kelebihan reksadana pasar uang ini adalah bebas pajak, bisa dicairkan kapan saja tanpa biaya apapun, dan mudah untuk didapatkan di aplikasi yang menyediakan reksadana online.

Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap, juga dikenal sebagai reksadana obligasi, adalah reksadana yang menginvestasikan minimal 80% dari portofolio mereka di obligasi. Jika kamu ingin mencari jenis reksadana yang dapat memenuhi target keuangan dalam 1-3 tahun, maka reksadana pendapatan tetap ini adalah jawaban yang tepat untukmu.

Kelebihan reksadana obligasi ini adalah bisa dicairkan kapan saja walaupun dengan nominal yang kecil dan juga memiliki return yang terhitung tinggi, yaitu 7-10% pertahun.

Reksadana Saham

Reksadana saham adalah jenis reksadana yang populer karena menjanjikan return yang tinggi dan memiliki potensi keuntungan. Namun, mereka juga memiliki risiko tinggi karena investasi besar mereka di saham.

Jenis ini berinvestasi pada saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau bursa efek luar negeri. Dana ini memiliki portofolio saham dari banyak perusahaan, dan return-nya bergantung pada kinerja perusahaan tersebut. Sehingga, nilai reksadana akan naik atau turun tergantung seberapa baik kinerja perusahaan dalam portofolio tersebut.

Aplikasi Reksadana Online

Beberapa orang akan membayangkan investasi adalah hal yang rumit, namun dengan munculnya aplikasi reksadana online, mereka memberi investor akses mudah ke berbagai reksadana dan membantu mereka berinvestasi dari kenyamanan rumah mereka sendiri.

Aplikasi reksadana online menjadi semakin populer karena kenyamanan, aksesibilitas, dan kemudahan penggunaannya.

Berikut ini salah satu contoh aplikasi reksadana online:

Bibit

Aplikasi Reksadana Online Bibit / bibit.id

Bibit merupakan salah satu aplikasi reksadana online yang populer di Indonesia, terutama untuk pemula. Aplikasi ini menawarkan fitur "Robo Advisor" yang membantu investor dalam memilih reksadana berdasarkan pendapatan, tujuan investasi, dan sifat kepribadian mereka.

Dengan Bibit, investor dapat yakin bahwa mereka membuat keputusan investasi yang tepat dan tidak akan memilih reksadana yang salah. Kamu dapat mengenal Bibit lebih dalam lagi di Bibit.id.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again