Categories

Misc

Jide Rilis Remix OS 3.0 dengan Basis Android Marshmallow

Sempurnakan fitur window management dan tambahkan kompatibilitas perangkat

Glenn Kaonang - 27 July 2016

Baru awal tahun 2016 kemarin developer asal Tiongkok, Jide, memperkenalkan sistem operasi berbasis Android untuk komputer dan laptop. Sistem bernama Remix OS tersebut menuai pujian karena kemudahan proses instalasi serta fitur-fitur pendukung seperti true multitasking dan window management, membuatnya benar-benar terasa seperti sistem operasi untuk komputer.

Menginjak pertengahan tahun, Jide kini sudah siap merilis versi baru Remix OS 3.0 yang telah mendapat upgrade signifikan berupa Android Marshmallow sebagai fondasinya. Pembaruan yang paling utama ditekankan pada faktor user experience, utamanya penyempurnaan fitur window management tadi.

Kini di bagian atas aplikasi terdapat sebuah tombol baru yang berfungsi untuk mengoptimalkan ukuran jendela masing-masing aplikasi, memastikan layout dan kontennya tersaji sesuai dengan yang developer aplikasi inginkan.

Window management pada Remix OS 3.0 jadi lebih sempurna berkat penambahan tombol baru di bagian atas tiap aplikasi / Jide

Kendati demikian, pengguna masih diberi kebebasan untuk mengatur ukuran jendela aplikasi secara manual, malahan sekarang bisa dari bagian ujung mana saja, tidak cuma terbatas di ujung kanan bawah saja. Di samping itu, aplikasi pemutar video sekarang akan otomatis ditampilkan secara full-screen saat tombol maximize ditekan.

Peningkatan stabilitas dan perbaikan sejumlah bug tentunya sudah menjadi agenda rutin setiap developer dalam merilis software update, dan Remix OS 3.0 tidak luput dari semua itu. Jide tidak lupa menambahkan dukungan terhadap lebih banyak kartu grafis besutan Nvidia dan AMD sehingga pada akhirnya Remix OS 3.0 jadi kompatibel dengan lebih banyak perangkat.

Remix OS 3.0 saat ini sudah bisa diunduh langsung dari situs Jide secara cuma-cuma. Pengguna versi sebelumnya harus melakukan instalasi dari awal mengingat Remix OS masih belum menyertakan fitur OTA (over-the-air) update.

Sumber: The Verge dan 9to5Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter