1. Entrepreneur

Survei Populix: JNT dan JNE Jadi Logistik Pilihan Generasi Z dan Milenial

Laporan “Indonesia Outlook on the Logistic Delivery Services” menyoroti perilaku pengiriman barang

Salah satu industri yang ketiban rejeki akibat dari digitalisasi adalah industri logistik. Bukan hal yang mengejutkan, sebab industri ini menjadi faktor penting dalam proses distribusi barang dari penjual ke pembeli yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baru-baru ini Populix merilis laporan bertajuk “Indonesia Outlook on the Logistic Delivery Services” yang menyoroti perilaku pengiriman barang untuk pengiriman pribadi dan belanja online di Indonesia.

Dalam laporannya, Populix menemukan beberapa data menarik terkait preferensi masyarakat sebagai pembeli terhadap brand-brand logistik yang ada di Indonesia.

Riset ini menunjukkan bahwa layanan pengiriman memiliki tingkat penggunaan yang sangat tinggi di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya di antara Generasi Z dan Milenial, terutama untuk pengiriman barang secara pribadi dan belanja online.

Dari partisipan Generasi Z, sebanyak 88% responden mengungkapkan bahwa mereka menggunakan layanan pengiriman untuk pembelian online, sementara 12% lainnya menggunakan layanan tersebut untuk keperluan pribadi. Sementara itu, pada generasi Milenial, mayoritas 76% responden juga menggunakan layanan pengiriman untuk berbelanja online.

Preferensi responden dalam pengiriman belanja barang online menunjukkan bahwa Generasi Z banyak menggunakan J&T Express (58%), diikuti oleh Shopee Express (32%), JNE (27%), SiCepat (23%), Gosend (7%), GrabExpress (4%), Ninja Express (4%), Pos Indonesia (3%), TIKI (2%), Wahana (1%), Paxel (1%), Indah Logistik (0%), Shipper (0%), dan Lalamove (0%).

Pada generasi Milenial pun menunjukkan jika J&T Express (55%) merupakan layanan pengiriman yang paling sering digunakan untuk belanja online, kemudian JNE (34%), Shopee Express (18%), SiCepat (17%), Gosend (16%), GrabExpress (8%), Pos Indonesia (7%), TIKI (6%), Wahana (6%), Ninja Express (3%), Indah Logistik (3%), Paxel (2%), Shipper (1%), Lalamove (0%).

“Riset yang kami lakukan menyajikan pandangan bahwa masyarakat Indonesia khususnya Gen Z dan Milenial mayoritas menggunakan jasa pengiriman barang untuk berbelanja online. Kecepatan pengiriman, pemantauan pengiriman real-time, jangkauan wilayah pengiriman yang luas, layanan tambahan pengiriman, lokasi agen pengiriman banyak dan pengiriman untuk berbagai jenis barang adalah beberapa aspek yang menjadi pertimbangan masyarakat Indonesia dalam memilih layanan pengiriman. Hal ini dapat dijadikan acuan bagi perusahaan logistik dan penyedia layanan pengiriman untuk memaksimalkan operasional mereka guna memenuhi kebutuhan pengiriman,” ungkap Timothy Astandu, Co-Founder dan CEO Populix.

Selain itu, mayoritas responden menggunakan asuransi pengiriman (66%), dengan alasan menjaga barang dari kehilangan atau kerusakan (87%), memastikan tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan (59%), untuk barang-barang berharga (48%), memastikan barang yang dikirimkan aman (35%). Jika dilihat dari kepuasan pelanggan dari brand pengiriman, untuk pengiriman pribadi rata-rata menyebutkan puas terhadap layanan yang diberikan dengan tingkat kepuasan tertinggi dari Gojek dan Shipper. Untuk pengiriman belanja online rata-rata responden juga puas terhadap layanan yang telah diberikan oleh brand.

Mayoritas responden memilih brand pengiriman untuk pengiriman pribadi karena kecepatan pengiriman. Namun, ketika berbicara tentang pengiriman belanja online, mayoritas responden memiliki dua alasan utama dalam memilih brand, yaitu keuntungan gratis ongkos kirim dan kecepatan pengiriman.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again