1. Startup

JobsDB Luncurkan Aplikasi Mobile untuk Smartphone di Indonesia

Salah satu layanan informasi pekerjaan terbesar di Indonesia, JobsDB mengumumkan ketersediaan aplikasi mobile di berbagai platform smartphone. Tidak tanggung-tanggung, JobsDB mobile secara bersamaan saat ini telah tersedia di BlackBerry App World, App Store untuk iOS, Nokia Store, dan Samsung Apps.  Setahu saya memang JobsDB di negara tetangga sudah tersedia untuk setidaknya tiga platform utama, BlackBerry, iOS, dan Android. Selain di Asia Tenggara yang merupakan pasar utamanya, JobsDB juga tersedia untuk pasar Asia Timur, India, Australia dan Amerika Serikat.

Kenyamanan pencarian lowongan pekerjaan memang nampaknya lebih menyenangkan melalui smartphone. Dengan sedikit klik, kita bisa mencari pekerjaan yang diinginkan, mengirimkan CV langsung dari smartphone atau membaginya dengan teman-teman melalui email ataupun jejaring sosial. Tersedia pula fitur untuk menyimpan informasi lowongan kerja favorit.

Pengaksesan informasi lowongan kerja melalui aplikasi mobile di Indonesia memang masih terbatas. Saya kira belum ada layanan serupa yang memberikan fasilitas seperti ini, padahal layanan besar di luar negeri seperti Monster setahu saya sedang jor-joran menggencarkan produk mobile-nya. Pencarian lowongan kerja memang terasa lebih enak jika dilakukan secara kasual, misalnya sambil nongkrong di kafe ataupun di kendaraan umum saat pulang kantor ketimbang harus curi-curi waktu dan melakukannya di komputer kantor.

Saya ingat betul betapa pintarnya JobsDB di Singapura mengiklankan layanan aplikasi mobile-nya di pintu MRT. Pastinya tidak sedikit dari pekerja di sana yang pulang kantor malam hari dalam kondisi suntuk dan ingin mencari sesuatu yang baru, di saat itulah iklan seperti ini berbicara dan menemani perjalanan pulang dengan harapan di stasiun tujuan sudah menemukan pekerjaan baru yang diinginkan.

Untuk aplikasinya sendiri, JobsDB memberikan kesempatan kepada pengguna untuk tidak hanya mengakses informasi lowongan pekerjaan di Indonesia tetapi juga di luar Indonesia -- di mana layanan JobsDB hadir. Jadi untuk pengguna yang ingin mencoba mencari peruntungan di negara lain, Anda tinggal mengganti lokasi negara untuk menemukan pilihan yang lebih luas.

Penyedia layanan serupa macam Karir.com memang sudah mengakomodasi pengaksesan melalui versi mobile web. Tapi tentu saja jika pengguna ingin mencoba melamar pekerjaan, mengirim CV atau membagi informasi ke teman-temannya yang lain, saya pikir pengaksesan melalui aplikasi mobile adalah sarana terbaik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again