Categories

Interview

Joint Venture PropertyGuru dan Emtek Group Diharapkan Mantapkan Posisi Rumah di Pasar Properti Indonesia

Hesti Pratiwi - 25 September 2014

Grup situs properti PropertyGuru mengumumkan kerjasama joint venture dengan PT Kreatif Media Karya (KMK), yang merupakan anak perusahaan Emtek Group, untuk mengoperasikan Rumah, situs properti milik PropertyGuru yang sudah melayani lebih dari dua juta pembeli properti di Indonesia. Perjanjian ini diumumkan hari ini, Kamis (25/09) di SCTV Tower – Senayan City, Jakarta. Melalui perjanjian ini KMK akan mengakuisisi kepemilikan saham minoritas di PropertyGuru Indonesia dengan nominal yang tidak dibuka untuk publik.

Kemitraan ini dipandang kedua belah pihak sangat strategis dan diharapkan dapat memperkuat posisi Rumah untuk memimpin pasar di Indonesia. Saat ini Rumah telah melayani lebih dari dua juta pembeli properti dan memiliki 290.000 listing properti, dengan hampir 10.000 agen properti yang beriklan.

“Visi kami di bisnis online adalah melayani masyarakat. Kalau kita bicara mengenai Internet, ada banyak sekali layanan-layanan yang bisa kami kerjakan. Tapi kalau melakukan semuanya akan kurang fokus. Kami percaya kalau di properti Rumah saat ini adalah jagonya, yang bisa kami bantu dari mereka adalah memasarkannya. Untuk memenangkan pasar lokal, mereka butuh orang lokal. Kamilah partner lokalnya. Mereka sebagai pemain regional yang ada di tujuh negara, kita bisa mendapatkan know how mereka,”ujar CEO KMK Adi Sariaatmadja saat ditemui DailySocial usai acara penandatangan perjanjian.

KMK juga akan menjadi mitra di beberapa strategi dan inisiatif bisnis untuk melanjutkan pertumbuhan situs ini. KMK akan memberikan akses istimewa ke berbagai bentuk media di Emtek (Elang Mahkota Teknologi), termasuk televisi dan produk digital. Sebelum mengakusisi minoritas saham Rumah, Emtek Group juga telah berinvestasi ke startup produsen permainan mobile Artoncode.

Kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah viewer Rumah dengan pertumbuhan lebih dari 10 persen per bulannya. Mereka juga berencana akan membuka kanal khusus untuk properti dan informasi soal properti di portal Liputan 6 yang kontennya akan diisi oleh Rumah.

CEO dan Co-Founder PropertyGuru Steve Melhuish mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang tidak bisa diabaikan sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara. Dengan jumlah penduduk mencapai 250 juta orang, GDP sebesar US$ 868,3 miliar pada 2013 dan diprediksi akan meningkat 5,5 persen-5,8 persen pada tahun ini, serta pertumbuhan perumahan real estate yang tumbuh 10 persen-15 persen dalam lima tahun terakhir, diperkirakan akan ada 50 ribu agen properti yang akan menghabiskan US$ 200 juta per tahun untuk iklan properti.

Guna memastikan ambisi mereka menikmati pasar Indonesia yang besar ini tercapai, salah satu strategi Rumah adalah dengan memperkuat akses lewat perangkat mobile. Menurut mereka, Rumah adalah perusahaan pertama di segmennya yang meluncurkan aplikasi mobile untuk semua perangkat, baik itu Blackberry, iOS, maupun mobile web.

“Menurut data kami, kunjungan dari mobile tercatat memberikan kontribusi lebih dari 45 persen dari total keseluruhan kunjungan ke Rumah. Sebelum akhir tahun ini kami akan meluncurkan versi Android,” tutup Steve.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter