Jolla Bikin Gebrakan dengan Smartphone Sailfish OS Edisi Terbatas, Jolla C

Melalui Sailfish Community Device Program, Jolla hanya menyiapkan 1000 unit Jolla C

Perjalanan karir Jolla di ranah mobile memang tak semulus Android atau bahkan BlackBerry - Kendati nama terakhir kini sedang menatap usia senja yang terbilang dini. Awal tahun lalu Jolla bahkan gagal menyukseskan proyek tablet Sailfish OS perdana mereka diakibatkan masalah finansial. Namun Jolla menolak untuk menyerah. Melewati perjuangan yang berat, mereka akhirnya mendapatkan angin segar dengan adanya pendanaan baru yang jumlah cukup besar. Kini, dengan modal finansial yang lebih besar, Jolla mulai bersiap melancarkan strategi bisnisnya melalui Sailfish Community Device Program.

Dalam program baru ini, Jolla mengajak para fans untuk bergabung bersama dan berkontribusi mengembangkan sistem operasi Sailfish. Nantinya, para partisipan akan memperoleh satu unit perangkat edisi terbatas bernama Jolla C secara eksklusif.

Dilabeli eksklusif, Jolla membatasi perangkat hanya sebanyak 1.000 unit yang tersedia di seantero Eropa, Norwegia dan Swiss dengan tenggat pengiriman pada bulan Juli 2016. Tapi, program ini tidak gratis. Untuk satu orang peserta, Jolla mengenakan biaya sebesar €170.

Tersirat dari tulisan resminya, Jolla C tampaknya bukan smartphone yang ditujukan untuk pengguna akhir. Melainkan lebih diperuntukkan bagi para pengembang dan penggemar berat Sailfish untuk mengembangkan dan menggali potensi sistem operasi tersebut. Pun begitu, Jolla C punya sederet spesifikasi yang sudah matang.

Di antaranya, ada layar 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel. Saat digali lebih dalam terdapat prosesor empat inti yang dikemas dalam chipset Snapdragon 212 dan RAM 2GB. Media simpan yang disiapkan tersedia seluas 16GB, tapi ada juga slot microSD yang bisa menampung hingga 32GB.

Smartphone yang juga mendukung jaringan 4G LTE ini tak kalah pamor dalam hal kamera. Di belakang terdapat kamera 8MP yang dilengkapi fitur auto-focus dan juga LED flash. Sayangnya di depan hanya terdapat kamera 2MP untuk keperluan selfie dan panggilan video. Sementara di bagian pasokan tenaga Jolla membenamkan baterai 2.500mAh.

Bagi para anggota program spesial ini bakal mendapatkan hak eksklusif menjajal versi beta dari Sailfish OS 2.0 saat tersedia nanti.

Sumber berita Blog/Jolla dan Jolla.