Dark
Light

Jolla Sailfish, Sistem Operasi Mobile Penerus MeeGo

1 min read
January 3, 2013

Tahun 2013 sepertinya akan dimeriahkan oleh cukup banyak sistem operasi mobile alternatif. Sebelumnya kami sempat membahas mengenai Firefox OS yang akan dirilis oleh Mozilla, Tizen yang akan dirilis oleh Samsung, dan Ubuntu versi mobile. Kali ini kami akan mengulas mengenai Jolla Sailfish, sebuah sistem operasi mobile yang merupakan penerus sistem operasi MeeGo yang sempat dipopulerkan oleh Nokia melalui seri ponsel N9 sebelum produsen ponsel asal Finlandia tersebut beralih haluan ke Windows Phone.

Jolla sendiri adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh mantan pegawai-pegawai Nokia yang sebelumnya menangani MeeGo. Jolla merencanakan untuk merilis ponsel pintar besutannya sendiri dengan menggunakan sistem operasi yang diberi nama Sailfish OS. Baru-baru ini, kepada Engadget, pengembang Jolla menunjukkan sedikit demonstrasi mengenai konsep antarmuka yang digunakan pada Sailfish OS.

http://youtu.be/7n7SY2YcQIg

Seperti yang bisa kita lihat pada video di atas, Sailfish OS memiliki konsep antarmuka yang mirip dengan beberapa konsep antarmuka lainnya seperti Swipe UI yang digunakan oleh MeeGo dan konsep gestur yang terdapat pada Blackberry 10 yang akan dirilis awal tahun ini. Selain itu, Sailfish juga memiliki grid card pada tampilan halaman muka yang dalam pandangan saya seperti gabungan antara konsep live tile pada sistem operasi Windows Phone dengan konsep widget pada sistem operasi Android.

Pandangan saya sendiri, sistem operasi Sailfish OS cukup menjanjikan sebagai alternatif dari sistem operasi yang sudah banyak beredar seperti Android dan iOS. Meskipun demikian, masih perlu ditunggu bagaimana eksekusi pembuatan perangkat kerasnya karena hingga saat ini Jolla masih menggunakan Nokia N9 dalam banyak publisitas mengenai Sailfish OS. Selain itu, sistem operasi dan perangkat keras yang bagus juga belum tentu menghasilkan keberterimaan pasar yang bagus. Dengan masuknya Sailfish OS dan beragam alternatif sistem operasi mobile lainnya, 2013 rasanya akan menjadi tahun yang sangat dinamis untuk pasar sistem operasi mobile.

 

Sumber: Engadget

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Polaroid Buka Toko Retail Cetak Foto Bernama Fotobar

Next Story

Kontroversi Mengenai Cukai Pulsa

Latest from Blog

Don't Miss

Naming Rights Agreements in Esports

In recent years, more and more non-endemic brands have decided

Comparing the Olympics With Esports Tournaments: Which One Is More Profitable?

In recent years, the popularity of esports has skyrocketed. Even