4 April 2017

by Yoga Wisesa

Joto Ialah Robot Papan Tulis, Bisa Menggambar Sesuai Perintah Anda

Robot mampu membuat sketsa, menulis surat cinta atau daftar to-do, hingga menu harian di restoran.

Ketika para produsen hardware sedang sibuk fokus pada smartphone serta head-mounted display virtual reality, Google Creative Labs mencoba mengeksplorasi kegunaan lain dari perangkat bergerak. Satu realisasinya adalah penciptaan robot unik yang bisa menggambar di tembok, berbekal handset dan aplikasi mobile. Sayang sekali, device ini tidak dijual.

Jika hingga saat ini Anda masih menanti alternatifnya, Anda tak perlu mencarinya kemana-mana lagi. Desain studio asal Inggris Those punya solusinya, sebuah papan tulis terkoneksi bernama Joto. Seperti kreasi Google itu, Joto mampu menggambar secara vertikal. Ia menggunakan kombinasi sederhana antara pena dan papan putih untuk 'menampilkan' gambar yang Anda inginkan di dalam frame.

Joto didesain untuk digantungkan di tembok layaknya foto atau lukisan. Selanjutnya, ia bisa diperintahkan buat menulis atau menggambar apapun lewat app. Saat input dimasukkan, bagian pena akan mulai bergerak dan menggores papan secara presisi, diarahkan oleh lengan mekanik. Joto mempunyai penghapus replaceable jika Anda ingin mengganti ilustrasi atau tidak puas dengan hasilnya, dan ia juga dibekali docking agar pena tidak mengering saat tak digunakan.

Ukuran Joto tidak terlalu memakan tempat, tetapi cukup ideal buat menampilkan informasi, memiliki dimensi 390x505x120-milimeter. Ia tersambung ke perangkat Anda dengan Wi-Fi atau Bluetooth, dan membutuhkan pasokan tenaga konstan.

Robot mampu membuat sketsa, menulis surat cinta untuk pasangan atau daftar to-do, menu harian di restoran, kalender, hingga sebagai medium bermain puzzle. Those percaya, penyajiannya ini membuka banyak sekali potensi penggunaan.

Sang developer menjelaskan, "Ada hal unik dari cara Joto melukis. Ia menghipnotis, menyenangkan serta menginsipirasi. Anda jadi sadar ada beberapa hal yang lebih baik disajikan di luar layar."

Untuk mulai menggunakan Joto, Anda cukup mengunduh app companion, tersedia buat perangkat bergerak ataupun PC. Di sana Anda bisa mem-browsing koleksi ilustrasi dan para seniman yang menciptakannya, lalu Anda juga dipersilakan membuat gambar sendiri dan men-sharing-nya agar dapat 'dipajang' oleh sesama pemilik Joto. Elemen penting namun tak kasat mata di Joto terletak pada integrasi antara API dengan app-app populer seperti Trello, Slack, Google Calendar, Twitter, Amazon Alexa, sampai Spotify; sehingga Joto dengan mudah bisa menampilkan konten-kotennya.

Joto dapat Anda pesan sekarang di situs crowdfunding Kickstarter seharga mulai dari £ 165, rencananya akan didistribusikan pada backer di bulan Desember 2017 nanti.