Jualo Coba Bersaing di Pasar Iklan Baris Online di Indonesia

Jualo Coba Bersaing di Pasar Iklan Baris Online di Indonesia

jualo
jualo

Pasar iklan baris online (online classified ads) di Indonesia sesungguhnya sangat sulit ditembus mengingat dua penguasa di segmen ini, OLX dan Berniaga, sama-sama didukung oleh sistem dan permodalan yang kuat. Jualo yang sudah berdiri sejak Februari 2013 mencoba menyeruak dengan model bisnis yang cukup mirip. Selain melalui situsnya, konsumen bisa memanfaatkan Jualo melalui aplikasi mobile yang kini sudah tersedia untuk platform Android.

Founder dan CEO Jualo Chaim Fetter dalam wawancaranya dengan Liputan 6 tentang kelebihan layanannya menyebutkan, “Kebanyakan situs jual beli berusaha untuk memanjakan para penjual tapi mengabaikan pembelinya. Jualo berpikir terbalik untuk lebih memfasilitasi para pembeli karena sebenarnya uang ada di tangan mereka. Pembeli bisa menemukan barang yang dicarinya dari para penjual yang ada di sekitarnya supaya proses transaksi lebih mudah. Kita juga pantau para penjual dan pembeli secara aktif. Kalau ada laporan pengguna yang nakal kita akan sanksi, kalau perlu kita delete akunnya, blokir alamat email, dan nomor teleponnya juga.”

Meskipun hanya digawangi oleh empat orang, tampaknya Jualo tetap menempuh jalan yang sama dengan OLX dan Berniaga untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Sejauh ini mereka sudah membuat empat jenis iklan video yang berbeda. Meskipun belum seterkenal pesaingnya, Jualo sudah memiliki ratusan ribu entri yang tersebar di berbagai kategori dan terletak di berbagai daerah.

Satu hal yang berbeda saat kita memasang iklan baris di Jualo, di luar pasang iklan gratis, adalah ketersediaan paket premium bagi mereka yang menginginkan keistimewaan untuk barang yang ditawarkannya. Tersedia paket 7 hari dan 1 bulan yang memberikan peletakan khusus di atas iklan biasa dengan highlight warna kuning dan berotasi di halaman depan situs. Jualo hanya menerima pembayaran menggunakan PayPal untuk paket premiumnya.

Ketimbang toko e-commerce atau marketplace yang memungkinkan pemilik layanan mengutip transaction fee untuk setiap penjualan yang terjadi di dalam sistem, segmen iklan baris tidak mengakomodasi cara bertransaksi. Semua transaksi dilakukan secara langsung di luar sistem dan hal itu memungkinkan terjadinya penipuan, seperti yang baru-baru ini terjadi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga. Jualo mencoba menjembatani permasalahan seperti ini dengan aktif menanggapi pengaduan dan melakukan aksi terhadap pengguna yang nakal. Hal itu pula bisa menjadi andalannya supaya menjadi alternatif layanan iklan baris online yang terpercaya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…