1. Startup

Jualo Segarkan Tampilan Situs dan Optimalkan Fitur-Fitur di Dalamnya

Optimalkan fitur GEO Search, Bidding, Exchange, Personalized Account, dan Feedback User

Tanggal 6 April lalu Chaim Fetter mengumumkan pembaruan tampilan situs iklan baris Jualo yang didirikannya. Pembaruan tampilan ini dilakukan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik lagi pada konsumen dan pengguna Jualo di berbagai perangkat. Chaim juga mengoptimalisasi beberapa fitur penting yang sudah tersemat dan menjadi keunggulan Jualo dibanding dengan layanan serupa.

Keputusan untuk melakukan perubahan desain antarmuka Jualo yang diambil oleh Chaim ini bukan tanpa alasan. Chaim mengungkapkan, setelah 12 bulan beroperasi dengan melakukan analisis terhadap aktivitas pengguna, juga mendengarkan feedback dari mereka secara seksama, dan melakukan interview terhadap ratusan penggunanya, berakhir pada keputusan untuk melakukan perubahan tampilan situs Jualo ini.

Chaim mengatakan, "Berdasarkan feedback mereka, kami mendapat pemahaman yang mendalam akan kebutuhan mereka yang menjadi dasar kami untuk membuat desain baru dan meningkatkan fitur yang ada."

Chaim juga menambahkan:

"Meningkatkan platform kami adalah proyek yang berkelanjutan yang tidak akan pernah selesai sepenuhnya karena saya percaya selalu ada ruang untuk improvisasi."

Pada pandangan pertama, Chaim mengklaim bahwa tampilan situs baru Jualo akan memberikan kesan yang lebih ramping, bersih, profesional, dan juga terorganisir jika dibandingkan dengan tampilan sebelumnya atau dengan situs e-classified serupa. Meskipun tidak terlalu berbeda dengan versi sebelumnya, tetapi Menu bar dan juga Kategori Iklan Populer kini lebih menonjol dan lebih mudah untuk ditemukan.

Misalnya jika Anda sedang mencari handphone, cukup bawa mouse pointer Anda pada Tab di Menu bar yang ada untuk memilih merek atau sub-kategori yang tersedia. Chaim mengklaim, ikon yang baru sekarang tampil lebih sederhana dan elegan jika dibandingkan dengan yang lama.

Selain itu, tampilan muka Jualo pun tidak dipenuhi oleh iklan dan ketegori seperti kebanyakan situs e-classified dan marketplace lainnya. Hal ini dilakukan agar pengguna dapat lebih mudah untuk menemukan bar pencarian, kategori iklan populer (Hot Iklan), Iklan Baru, dan juga Penawaran Terbaru yang tersedia dengan menggulir situs ke bawah (scroll down).

Optimalisasi Fitur

Selain melakukan perombakan fitur, Chaim juga mengoptimalkan kinerja fitur-fitur penting yang tersemat di platform iklan baris Jualo miliknya. Fitur-fitur yang dioptimalkan di antaranya adalah fitur pencarian (dengan memanfaatkan GEO Search), Bidding, Exchange, Personalized Account dan Feedback.

Chaim mengatakan, "Fitur GEO Search masih merupakan fitur terpenting kami, di mana pengguna dapat menemukan barang-barang di daerah (terdekat) mereka. Kami masih satu-satunya situs e-classified yang menggunakan fitur ini dan digunakan oleh sebagian besar pengguna. Kami tweak dan tingkatkan fitur ini sedikit tanpa mengubah konsep yang memungkinkan pengguna untuk menemukan barang-barang di sudut jalan mereka dengan satu kali klik."

Chaim juga mengungkapkan bahwa kini Jualo juga telah menerapkan sistem Bidding  (penawaran) yang lebih baik setelah mempelajari bahwa tawar-menawar adalah kebiasaan lama yang orang Indonesia nikmati. Chaim juga mengungkapkan bahwa kini fitur Bidding dan Exchange lebih mudah ditemukan pada profile page dan halaman hasil pencarian seiring dengan meningkatnya popularitas kedua fitur tersebut.

"Tidak ada yang menawarkan fungsi ini (Exchange) secara online. Dengan memahami kebutuhan konsumen Indonesia secara rinci dan melaksanakan fungsi seperti ini, kami akan tetap di depan persaingan," ujarnya.

Untuk fitur personalisasi akun, dalam desain baru ini, pengguna dapat membuat profil Jualo miliknya menjadi jauh lebih pribadi karena kini dapat mengunggah foto sampul dan foto profil. Selain itu Tab Contact Seller kini tampil lebih menonjol di sisi kanan bawah foto sampul. Untuk memindai iklan pengguna pada profilnya pun kini jauh lebih mudah karena iklan tidak ditempatkan dalam tab yang berbeda untuk iklan aktif dan iklan terjual.

Sedangkan dalam fitur feedback, pengguna kini tak hanya dapat memberikan feedback berupa komentar, tetapi juga bisa memberikan rating bintang untuk penjual dan pembeli. Agar feedback tersebut disetujui dan ditampilkan pada profil, baik pembeli dan penjual harus memberikan feedback satu sama lain. Menurut Chaim, penerapan rating bintang adalah tambahan yang bagus untuk memisahkan pengguna baik (pembeli dan penjual) dari yang buruk.

Target dan Strategi di Tahun 2015

Meskipun kini telah ada raksasa baru di dunia iklan baris, hasil merger OLX dan Berniaga, Chaim tetap optimis menanggapinya. Di tahun 2015 ini Chaim ingin Jualo menjadi e-classified terbesar, paling aman, paling user-friendly di mana pengguna di Indonesia dapat membeli, menjual dan menukar barang serta jasa dengan aman.

"Merger mereka datang pada waktu yang tepat bagi kita. Kami telah mengambil keuntungan dari situasi ini dan menawarkan alternatif baru bagi banyak pengguna yang dipaksa untuk 'melompat' dari Berniaga ke platform OLX," ujar Chaim.

Chaim juga mengungkapkan bahwa ia akan tetap mendengarkan pengguna dan terus mencoba untuk beradaptasi dengan permintaan konsumen dalam menghadapi persangan yang ada. Dengan demikian, menurut Chaim, maka Jualo akan tetap selalu selangkah lebih maju dari pesaing.

"Sebagai pengusaha bergairah dan terobsesi, kita dapat bergerak lebih cepat daripada konglomerat perusahaan seperti OLX. Selain itu, hanya 5 persen dari 100 juta pengguna secara online di Indonesia diperkirakan menggunakan marketplace yang berimplikasi signifikan untuk ruang pertumbuhan organik bagi kedua pihak, yaitu OLX serta Jualo," tandas Chaim.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again