1. Startup

Jumlah Aplikasi Android, Dikabarkan Mencapai 200.000 Lebih Aplikasi

Aplikasi adalah bagian penting dari perkembangan perangkat bergerak, tidak hanya iPhone, Android pun mengejar jumlah aplikasi yang tersedia di toko aplikasi yang mereka miliki, satu pemain lain yang juga terus menambah jumlah aplikasi yang tersedia di marketplace mereka adalah Microsoft.

Untuk Android, seperti yang dituliskan AndroLib, layanan pihak ketiga yang menyediakan analisis data dari Android Market, menuliskan bahwa saat ini jumlah aplikasi yang telah tersedia di Android Market telah menembus angka 200.000 aplikasi.

Jumlah ini memang bukan jumlah resmi yang dikeluarkan Google, tetapi bisa menjadi gambaran tentang pertumbuhan aplikasi (termasuk game) yang tersedia di Android Market. Apple App Store sendiri, yang toko aplikasinya lebih dulu hadir saat ini diperkirakan telah mencapai 300.000 aplikasi, sedangkan toko aplikasi milik Microsoft telah menyediakan 5.000 aplikasi, yang dicapainya kurang dari dua bulan.

Pertumbuhan aplikasi di Android juga mendapatkan dukungan dari pertumbuhan perangkat keras yang diadopsi oleh berbagai pabrikan yang kini 'berlomba-lomba' untuk membuat perangkat dengan menggunakan OS Android, pertambahan pengguna menjadi salah satu daya tarik para pengembang untuk membuat aplikasi karena jumlah pengguna juga akan terus bertambah berarti juga peluang aplikasi untuk digunakan juga semakin bertambah.

Untuk pasar lokal, ponsel berbasis Android juga terus bermunculan dan semakin populer, meski masih dalam tahap pertumbuhan, termasuk dari tingkat pengetahuan konsumen sendiri tentang apa itu Android, aplikasi (termasuk permainan) menjadi salah satu bagian penting. Sampai saat ini pengguna lokal juga belum bisa membeli aplikasi berbayar Android, yang memberikan gambaran bahwa pangsa pasar masih luas, dengan pertumbuhan pengguna yang bertambah, bukan tidak mungkin Google akan segera memberikan akses fasilitas untuk membeli aplikasi berbayar bagi pengguna lokal di Android Market.

Pertumbuhan perangkat bergerak, termasuk ponsel pintar akan terus bertumbuh, dan diikuti juga dengan pertumbuhan aplikasi serta pertumbuhan para pengembang, konsumen juga semakin kenal dan akrab dengan berbagai aplikasi yang tersedia, kini pilihan untuk membuat aplikasi pun semakin banyak, selain untuk iPhone (iPad, iPod Touch) ada Android, toko aplikasi Microsoft serta aplikasi untuk perangkat BlackBerry.

Kita nantikan rilis angka resmi dari Google tentang jumlah aplikasi yang telah tersedia di Android Market, untuk data grafik pertumbuhan Android dari AndroLib bisa dilihat di tautan ini.

Via: TheNextWeb.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again