Categories

Gadget

Kabarnya Console Nintendo 'NX' Segera Diproduksi Buat Dirilis Tahun Depan

Yoga Wisesa - 3 July 2015

Menyusul penyingkapan strategi mereka untuk terjun ke wilayah mobile bersama tim DeNA, Nintendo turut mengumumkan sebuah platform gaming terdedikasi dengan konsep yang benar-benar baru. Console anyar tersebut diberi codename NX, tapi sampai sekarang ia masih misterius. Nintendo tampaknya masih enggan memberi info lebih detail mengenainya.

Namun dari berita yang muncul baru-baru ini, boleh jadi di waktu dekat persaingan console game kembali memanas. Kantor berita berbasis Taiwan, DigiTimes, melaporkan bahwa produsen sistem permainan sekaligus publisher sepuh asal Jepang itu berencana untuk meluncurkan platform next generation di tahun 2016. Dan mereka juga belum lama meminta para partner pemasok hardware buat memulai proses produksi paling cepat di bulan Oktober 2015.

Salah satu nama 'perusahaan pemasok hardware' tersebut mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda, yaitu Foxconn Electronics (Hon Hai Precision Industry). Namun Foxconn bukanlah satu-satunya yang menerima order dari Nintendo. Sumber internal DigiTimes menyebutkan, Pegatron Technology juga berupaya 'merebut' sebagian jumlah produksi. Sayang baik Foxconn maupun Pegatron menolak memberikan komentar.

Info menarik: Nintendo Akhirnya Kembangkan Game Untuk Perangkat Mobile

Jika benar begitu, berarti proses penciptaan console 'NX' memang sesuai agenda Nintendo sebelumnya: melepas platform anyar mereka di 2016. Sang narasumber anonim tersebut juga menyampaikan, pesanan akan selesai antara bulan Februari atau Maret 2016, kemudian dilanjutkan oleh proses produksi massal pada Mei atau Juni 2016. Waktu perilisan ternyata cukup dekat, dilangsungkan sekitar bulan Juli tahun depan.

Selain dua nama di atas, komponen-komponen turut disediakan oleh Macronix, PixArt Imaging, Coxon Precise Industrial, Nishoku Technology, Delta Electronics, Lingsen Precision Industries dan Jentech.

Di tahun itu, Nintendo dikabarkan memiliki ambisi buat mendistribusikan 20 juta NX. Berdasarkan data bulan Maret 2015 kemarin, Wii U saja baru berpindah tangan sebanyak 9,5 juta unit sejak dilepas di 2012. Tanpa peningkatan signifikan, angka menunjukkan penjualan console paling rendah sepanjang sejarah Nintendo. Sanggupkah Nintendo NX mencapai target? Atau mungkin ia bukanlah platform seperti yang kita bayangkan.

Dahulu beredar rumor yang menyebutkan bahwa NX akan ditenagai Android (Nintendo sudah menampik kabar angin itu). Apakah ia merupakan console handheld? Lalu seperti apa wujudnya? Seandainya laporan di atas terbukti akurat, maka bisa dipastikan saat ini Nintendo telah mempunyai gambaran konkret tentang penampilan retail dari NX.

Via GameSpot. Sumber: DigiTimes. Gambar header: Wii U, Nintendo.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter