1. Startup

Gandeng Telkomsel dan XL Axiata, Kakao Tawarkan Layanan Data Internet Gratis Untuk KakaoTalk dan Kakao Game

Persaingan di dunia mobile messaging kian hari semakin ketat. Kakao yang merupakan developer aplikasi mobile messaging terkemuka dari Korea Selatan ini, baru saja mengumumkan kerjasamanya dengan dua operator terkemuka di Indonesia yaitu Telkomsel dan XL Axiata. Kerjasama ini demi merangkul pengguna di Indonesia untuk menikmati berbagai layanan dari Kakao. Seperti apa layanannya?

Kakao, dalam press release-nya kemarin, mengumumkan kerjasamanya yang ciamik kepada dua operator Telkomsel dan XL Axiata, kerjasama ini “membuahkan” hasil dimana nantinya pengguna Kakao dapat menikmati aplikasi-aplikasi Kakao dengan layanan internet 3G secara cuma-cuma. Tanpa berlangganan paket data tertentu, para pelanggan kedua operator dapat memanfaatkan seluruh aplikasi Kakao, termasuk KakaoTalk, KakaoStory, dan Kakao Game yang telah lama dinanti-nantikan oleh para penggunanya di Indonesia.

Menariknya, mulai hari ini bagi para pengguna Telkomsel sudah dapat menikmati aplikasi-aplikasi Kakao secara gratis dan tanpa batas, tentu dengan batas waktu hingga satu bulan ke depan, atau tepatnya hingga 10 Juni2013 mendatang. Bagi pengguna jaringan XL, Kakao memberikan paket data internet gratis hingga 25 MB per hari untuk semua aplikasi Kakao sampai dengan tanggal 10 Agustus 2013.

Perlu diingat, selama periode tersebut, baik pelanggan Telkomsel maupun XL dapat menikmati seluruh fitur KakaoTalk termasuk layanan populer group chatting (di Android, iOS, dan Blackberry) dan panggilan dan permainan gratis (di Android dan iPhone) tanpa terkena biaya data 3G. Semakin terjangkau bukan?

Kabar yang baik ini datang bersamaan setelah Kakao Game, yang merupakan social games tersukses di Korea Selatan diperkenalkan pada 2 Mei 2013 di Indonesia. Sesuai dengan sebutannya sebagai social games, Kakao menghadirkan fitur yang dapat terhubung melalui Daftar Teman (Friend List) di KakaoTalk, keunggulannya para pemain Kakao Game dapat berbagi dan berkompetisi untuk meraih peringkat tertinggi di papan pemimpin skor (leader board) dengan para pengguna KakaoTalk lainnya, tentu dengan sesama device yang men-support game-game besutan Kakao tersebut. Hingga berita ini diturunkan, sudah tersedia 8 Kakao games di platform Android, dan 4 Kakao games di iOS yang siap diunduh ke device masing-masing.

Kakao merupakan pelopor dari bisnis Mobile Platform dan telah berhasil membuktikan bahwasanya terdapat peluang besar bagi mobile messenger untuk menjadisebagai sebuah mobile platform. Hal ini tentu dapat membuka peluang bagi banyak kompetitor untuk mengikuti. KakaoTalk saat ini adalah aplikasi messenger paling populer di Korea dengan aplikasi yang digunakan oleh 97% pengguna smartphone di Korea.

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC '13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung's mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again