20 November 2012

by Amir Karimuddin

KakaoTalk Gandeng Vidi Aldiano Sebagai Plus Friend

Strategi yang dilakukan oleh KakaoTalk di berbagai negara lebih kurang serupa dengan LINE. Di Indonesia hal tersebut tak jauh berbeda. Setelah kami menemukan bahwa LINE mengundang Pee Wee Gaskins untuk membuat Official Account di platform tersebut, KakaoTalk menggandeng Vidi Aldiano sebagai Plus Friend-nya. Tidak cuma Vidi Aldiano, Trinity Optima Production sebagai manajemen artis tempat Vidi bernaung juga memiliki akun Plus Friend sendiri.

Prinsip Plus Friend di KakaoTalk tidak berbeda dengan Official Account di LINE. Pemiliknya bisa memberikan info-info terbaru soal kegiatannya kepada teman-teman yang menambahkan akun tersebut selaku temannya. Mungkin analogi yang pas seperti akun Facebook Pages. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa akun Plus Friend lokal, yaitu KakaoTalk Indonesia dan AXIS. AXIS baru saja menjalin kerjasama dengan platform messaging asal Korea ini.

Bisa dibilang pengguna KakaoTalk di Indonesia belum sebanyak di LINE. Vidi Aldiano misalnya, per tulisan ini dibuat, baru memiliki kurang dari 400 teman. Strategi menggandeng artis diharapkan bisa menarik lebih banyak pengguna KakaoTalk di sini. Karena Trinity Optima Production sudah memiliki akun Plus Friend-nya sendiri, bisa diekspektasikan bahwa artis-artis di bawah manajemennya bakal mengikuti jejak ini. Sejumlah artis yang berada di bawah manajemen grup ini antara lain Afgan, Ungu, Rossa dan Sherina.

Di Korea sendiri KakaoTalk adalah platform messaging paling populer dan menjalin kerjasama dengan salah satu manajemen artis paling besar, SM Production. Super Junior dan Girls Generation (SNSD) memiliki akun Plus Friend yang bisa diikuti oleh para pengguna KakaoTalk.