10 December 2012

by Amir Karimuddin

KakaoTalk Kini Bekerja Sama Dengan XL dan Erafone

Setelah menjalin kerjasama dengan AXIS, kini penyedia layanan messaging asal Korea KakaoTalk membuat partnership dengan XL Axiata (XL). Saat konser grup boyband asal Korea 2PM akhir pekan lalu, KakaoTalk menawarkan seri stiker khusus (dalam periode terbatas) 2PM untuk pengguna XL. Diperkirakan bakal ada lagi program promosi baru antara KakaoTalk dengan operator GSM yang memiliki pelanggan paling banyak ketiga di Indonesia saat ini. Selain dengan XL, KakaoTalk juga telah menggandeng Erafone, salah satu distributor ponsel nasional.

Meskipun merupakan partner, XL sendiri sampai sekarang belum memiliki akun Plus Friend KakaoTalk. Padahal menggunakan akun seperti ini, brand bisa mengkomunikasikan produknya secara terus-menerus dengan konsumen. Erafone sendiri sudah memiliki akun Plus Friend KakaoTalk dan sempat memberikan promosi potongan harga khusus untuk pengguna KakaoTalk yang datang di masa pembukaan Android Nation di Grand Indonesia.

Saya lihat KakaoTalk sendiri sudah memasang X-banner di Android Nation Grand Indonesia, artinya sudah mulai menunjukkan kehadirannya secara offline. KakaoTalk adalah layanan messaging terbesar di Korea yang telah memiliki lebih dari 70 juta pengguna. KakaoTalk sudah tersedia di empat platform smartphone besar, di mana versi BlackBerry khusus ditujukan untuk menjaring pengguna di kawasan Asia Tenggara. KakaoTalk juga telah menggandeng Vidi Aldiano dan manajemen artisnya untuk bergabung sebagai Plus Friend-nya.