Istilah Kamus Email Marketing yang Wajib Kamu Ketahui
Untuk menggunakan email marketing, kamu harus paham dengan istilah-istilahnya. Berikut rangkuman kamus email marketing.
Salah satu bentuk strategi pemasaran yang digunakan saat ini adalah email marketing. Penggunaan email sebagai channel pemasaran dibandingkan lainnya adalah karena sifatnya lebih personal. Namun, sebelum menggunakan email marketing, kamu wajib paham tentang kamus email marketing.
Kamus email marketing adalah kumpulan glosarium atau istilah terkait email marketing yang dapat membantu kamu memahami penggunaan email.
Kamus Email Marketing
Dikutip dari MTARGET, berikut daftar istilah yang digunakan dalam emailmarketing:
1. Acceptable Spam Report Rate
Tingkat di mana Anda dapat dilaporkan sebagai SPAM tanpa merusak reputasi pengiriman Anda.
2. Acceptance Rate
Persentase pesan email yang diterima oleh server email. Tidak semua email yang diterima oleh server akan masuk ke dalam inboxaudience.
3. Blacklist
Sesuai namanya, blacklist adalah daftar alamat IP spammer yang nantinya akan menghambat pengiriman email.
4. Bounce Rate
Persentase pengiriman email yang tidak sampai. Ada dua jenis bounce, hard bounce dan soft bounce. Rasio bounce yang dapat diterima adalah kurang dari 5%.
5. CAN-SPAM
Berisi undang-undang yang menguraikan aturan untuk email komersial, menetapkan persyaratan untuk pesan komersial, memberikan hak kepada penerima email untuk membuat kamu berhenti mengirim email kepada mereka, dan menjabarkan konsekuensi atas pelanggaran UU.
6. Clicks per Delivered
Persentase jumlah klik dibagi dengan jumlah email yang dikirim ke kotak masuk audience.
7. Conversion Rate
Persentase penerima yang menanggapi CTA bisnis kamu dalam campaign atau promosi email. Bisa digunakan untuk mengukur keberhasilan campaign.
8. Double Opt-In
Metode yang disarankan untuk membuat daftar email, mengharuskan pelanggan untuk mengonfirmasi keikutsertaan mereka dengan mengklik CTA di email konfirmasi atau menanggapi email konfirmasi.
9. Email Campaign
Serangkaian email nurturing prospek yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran secara keseluruhan.
10. Email Filter
Sesuai namanya, ini adalah teknik yang digunakan untuk memblokir email berdasarkan pengirim, baris subjek, atau konten email.
11. Email Sponsorships
Membeli ruang iklan di newsletter atau mensponsori artikel. Sponsor akan membayar agar iklan mereka dimasukkan ke dalam badan email.
12. Hard Bounce
Pengiriman email yang gagal karena alasan permanen seperti alamat email yang tidak ada, tidak valid, atau diblokir.
13. HTML Email
Mengirim email HTML memungkinkan untuk berkreasi dengan desain email bisnis kamu.
14. Landing Page
Halaman pengambilan prospek di situs web bisnis kamu yang ditautkan dari email untuk memberikan informasi tambahan yang terkait langsung dengan produk atau layanan yang dipromosikan dalam ajakan bertindak untuk memberikan informasi tentang pengguna.
15. List Segmentation
Memilih audiens target yang relevan dengan pesan email. Hal ini bertujuan agar email marketing lebih tersegmentasi untuk meningkatkan respon yang tinggi.
16. Opt-In (Subscribe)
Metode yang dapat digunakan untuk menambah contact list dalam pemasaran.
17. Opt-Out (Unsubscribe)
Ketika pelanggan memilih untuk tidak menerima email dari kamu, dan meminta penghapusan dari daftar email bisnis kamu.
18. Personalization
Personalisasi pada email marketing adalah mengubah cara orang dalam menerima dan merespons suatu email. Email ini tidak hanya sekadar menyapa nama pelanggan pada saat mengirimkan email, namun juga dengan mengingat identitas basic penerima email, seperti mengingat tanggal dalam momen penting, seperti tanggal ulang tahun.
19. Soft Bounce
Terjadi ketika email gagal terkirim disebabkan oleh masalah sementara, seperti inbox penerima penuh, server sedang down, email dianggap sebagai spam atau ukuran email yang terlalu besar.
20. Whitelist Email
Tanda bahwa sender email kamu telah disetujui oleh penerima email. Sehingga ketika kamu mengirimkan email, lalu subscriber memasukkan domain kamu ke dalam whitelist email. Maka email akan disetujui dan akan selalu masuk ke kotak pesan utama si penerima.
Nah, itu adalah 20 istilah dalam kamus email marketing. Akan tetapi, masih banyak istilah penggunaan email marketing yang bisa kamu pelajari di web MTARGET terkait Marketing 101: Kamus Email Marketing.
Disclosure: Artikel ini bekerja sama dengan MTARGET.
Sign up for our
newsletter