1. Startup

'Kandang Burung Hantu' dari HootSuite

HootSuite salah satu penyedia jasa social media dashboard atau streamreader dari beberapa social network, merilis fitur baru yang diberi nama Barn Owl. Aplikasi streamreader desktop yang berlogo burung hantu ini menjadi salah satu pilihan para tweeps yang bergerak di dunia bisnis.

Bersaing secara langsung dengan CoTweet, kini HootSuite telah dilengkapi dengan beberapa fitur baru yang akan memberikan benefit bagi user yang concern pada penggunaan Twitter untuk kegiatan marketing, customer support, dan diperuntukkan bagi mereka, para pengguna HootSuite yang mencoba untuk mengerti audience mereka dan membutuhkan informasi tambahan yang berhubungan dengan data dari tweet.

Fitur baru yang ada di Barn Owl antara lain :

Info Lebih Lengkap Tentang Teman dan Follower

HootSuite kini menambahkan beberapa keterangan tambahan tentang follower dan teman anda, termasuk Klout Score. Selain data user yang biasa, seperti keterangan jumlah follower/following serta keterangan situs dan lokasi, HootSuite kini juga menyediakan data tentang level aktivitas mereka. Sebagai contoh jika anda masuk ke fitur People, yang ada di bagian bawah dashboard HooSuite, maka dibagian pojok kanan, anda bisa melihat nilai Klout user tersebut.

Klout sendiri merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk melihat kadar keterikatan antara satu user Twitter dengan user lainnya.

Statistik

Data satistik yang lebih lengkap untuk link yang dipendekkan menggunakan HootSuite. Ada 3 jenis statistik yang bisa dijelajahi, Summary statistic yang berisi data daily cliks dalam bentuk grafik garis, dengan titik-titik di tanggal tertentu, yang jika anda hover ke titik tersebut akan muncul jumlah clikc yang terjadi di hari itu.

Lalu jenis statistik yang termasuk Referal dan Regional Stats. Dengan tampilan dua grafik terpisah dalam bentuk pie dan tab grafik, dimana kita bisa melihat dari negara mana link anda diklik, serta aplikasi apa yang digunakan user dalam mengklik link anda tersebut.

Dan statistik yang terakhir berupa Most Popular Messages, yang merupakan daftar link paling populer yang diklik oleh user lain.

Termasuk juga fasilitas untuk Add cutom URL parameters serta fasilitas untuk print dan mendownload CSV. Custom URL bisa anda tambahkan dengan mengklil kolom shorten URL, nanti ada tab adavenced, klik tab tersebut dan anda telah bisa menggunakan fasilitas ini, sedangkan untuk fasilitas download dan print CSV ada di kolom setting, di bagian atas kolom statistik.

Dengan tampilan grafik dan UI yang lumayan menyegarkan, membaca statistik menjadi sedikit menyenangkan, tapi sayangnya data ini hanya berlalu untuk link yang di-short dengan shorten url di HootSuite.

Fitur Save Draft

Fitur ini merupakan salah satu fasiltas yang sepertinya akan sangat berguna, karana bisa menyimpan link atau tweet yang belum selesai atau belum di post. Jadi, misalnya jika anda sedang mau menulis reply untuk teman anda tapi tidak jadi, namun anda tidak ingin kelupaan tweet-nya, anda tinggal klik logo disket dibagian bawah kolom update status, dan klik ikon panah di sebelahnya untuk membuka saving draft tweet anda ini.

Twitter List

Fitur groups menghilang dan digantikan list. Luasnya twitterverse bisa dikelompokkan dengan list, anda bisa membuat list anda sendiri atau menggunakan list yang telah ada di akun Twitter anda dengan mengaturnya pada fitur people. Jika anda ingin menambahkan relasi anda pada list tertentu, tinggal drag ikon profile user tersebut pada daftar list anda.

Selain itu HootSuite juga menyediakan semacam feedback dan help forum untuk perkembangan aplikasi HootSuite yang lebih baik, user bisa memilih beberapa channel yang ada seperti Help Desk dan FAQs, Feedback channel atau akun Twitter HootSuite.

Masih belum cukup, HootSuite juga merencanakan untuk memperbaiki fitur linkedIn mereka dan mempersiapkan beberapa perbaikan lain. Saya telah mencoba perkembangan terbaru ini yang secara otomatis bisa digunakan tanpa harus mendowload sesuatu pun, dan sepertinya semua berjalan dengan baik.

Anda pengguna HootSuite, bagaimana pendapat anda tentang fitur baru ini, apakah akan membuat HootSuite menambah user baru mereka, atau anda punya pendapat lain, mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again