27 February 2013

by Iqbal Farabi

Kantar: Android Kembali Ungguli iOS di Amerika Serikat

Sebagaimana pada bulan-bulan sebelumnya, Kantar kembali merilis laporan mengenai pangsa pasar sistem operasi mobile. Jika pada edisi bulan Januari lalu Kantar melaporkan bahwa iOS masih dominan di pasar Amerika Serikat, pada edisi laporan kali ini Android berhasil membalikkan keadaan kembali.

Berdasarkan laporan terbaru ini, selama periode tiga bulan hingga akhir Januari 2013 lalu, sistem operasi Android diperkirakan telah mengalami peningkatan pangsa pasar menjadi 49,4%, meningkat sebanyak 6,4% jika dibandingkan pangsa pasar pada periode yang sama pada 2012.

Kenaikan pangsa pasar sistem operasi Android ini diantaranya menggerus pangsa pasar iOS. Pada periode November hingga Januari 2013, iOS diperkirakan menguasai 45,9% pangsa pasar sistem operasi ponsel pintar di Amerika Serikat, berkurang dari 50,6% pada periode yang sama tahun lalu.

Selain Android, sistem operasi lain yang berhasil mengalami kenaikan pangsa pasar adalah Windows. Kategori Windwos ini merupakan gabungan antara sistem operasi Windows Phone dan Windows Mobile, meskipun mayoritas pangsa pasar sistem operasi Windows tentunya dipegang oleh Windows Phone. Windows mengalami peningkatan pangsa pasar dari 2,1% menjadi 3,2%.

RIM, yang kini sudah berganti nama menjadi BlackBerry, masih menunjukkan grafik menurun. Pada Januari lalu, pangsa pasar RIM sudah dibawah angka 1%, merosot cukup jauh dari pangsa pasar 3,3% pada Januari 2012. Tentunya pangsa pasar ini belum memperhitungkan pengaruh dari peluncuran BlackBerry 10 yang baru dilakukan pada akhir Januari lalu.

Grafik berikut merangkumkan kondisi pangsa pasar sistem operasi mobile di Amerika Serikat. Untuk melihat laporan lebih lengkap, Anda juga bisa mengunjungi situs Kantar di tautan ini.