1. Startup

Kartumuu.com, Layanan Kirim Kartu Ucapan ke Media Sosial

Perkembangan media sosial serta jejaring pertemanan di internet telah membuka berbagai peluang munculnya aplikasi yang memanfaatkan pertumbuhan pengguna di berbagai layanan tersebut, termasuk di Indonesia. Salah satu startup yang kini siap hadir untuk memberikan layanan para pengguna media sosial, serta jejaring pertemanan dunia maya adalah Kartumuu.com.

Seperti namanya, Kartumuu.com adalah sebuah layanan yang akan memberikan fasilitas kirim kartu ucapan ke berbagai media sosial, jejaring pertemanan termasuk email. Jika melihat penjelasan di situs mereka, Kartumuu adalah social media untuk setiap orang yang ingin mengungkapkan perasaannya dengan kartu ucapan kepada teman terdekat melalui berbagai jejaring sosial dan juga email.

Saat ini Kartumuu.com belum rilis resmi untuk publik, untuk menggunakannya harus mendapatkan undangan terlebih dahulu, DailySocial berkesempatan untuk mencoba layanan ini, jadi mari kita lihat ada apa saja di Kartumuu.com.

Di Kartumuu.com, intinya pengguna bisa mengirimkan kartu ucapan pada teman, pacar, relasi atau pengguna internet secara umum. Kartumuu menyediakan beberapa template kartu yang bisa dipilih, selain itu pengguna juga bisa menambahkan teks sebagai keterangan tambahan dari kartu yang dikirimkan.

Kemana kartu bisa dikirimkan? Untuk sementara pengguna bisa mengirimkan kartu ke Twitter dan email, namun dalam perkembangannya Kartumuu akan mendukung media sosial lain seperti Facebook, LinkedIn serta layanan simpan kartu di Flickr atau Picasa. Untuk email, tampilannya akan menyerupai kiriman gambar seperti biasa, sedangkan untuk Twitter, kartu akan muncul di timeline, karakter yang ditampilkan bisa di atur sesuai yang diinginkan termasuk akan me-mention siapa, kartu ucapan akan disimpan secara otomatis di TwitPic, jadi tautan untuk melihat kartu akan diarahkan ke akun TwitPic. Namun beberapa Twitter client telah memberikan fasilitas yang bisa secara langsung menampilkan gambar tanpa melakukan klik.

Desain kartu pun bermacam-macam dikelompokkan berdasarkan kategori, saat ini ada 11 kategori, termasuk kategori cinta, mohon maaf, remainder serta semangat, dan beberapa kategori lain. Desain yang ditampilkan juga cukup baik dan beberapa desain juga terkesan unik, salah satunya adalah foto kemacetan Jakarta dengan teks 'selamat pulang kantor bagi yang merayakan…'

Pengguna bisa menambahkan pesan di kartu yang akan tampil di sebelah gambar atau desain kartu, ada 4 pilihan jenis font yang bisa digunakan. Sayangnya keterangan jumlah teks yang diijinkan agar tampilan teks tidak  terpotong tidak tersedia, saya mencobanya dan beberapa kali harus melakukan editing karena teks terlalu panjang. Selain itu, setelah Anda selesai menuliskan kartu dan ingin melihat tampilan kartu yang sudah jadi (sebelum mengirimkannya) jika ada kesalahan teks dan ingin memperbaiki, Anda harus mengulang proses dan mengetik ulang, sepertinya lebih menyenangkan jika kita bisa langsung meng-edit di tampilan gambar, atau minimal tidak harus mengetikkan ulang teks yang ingin diubah.

Untuk desain, selain mempunyai in-house desainer, Kartumuu juga akan menyediakan fasilitas kirim desain bagi para pengguna mereka, nantinya akan dipilih 10 desain, desain terpilih ini nantinya akan mendapatkan hadiah jika digunakan paling banyak oleh pengguna lain. Kartumuu juga menyediakan semacam 'permainan' untuk membuat layanan mereka menjadi lebih menarik, yaitu dengan kartu favorit yang hanya bisa dimiliki oleh pengguna tertentu.

Untuk urusan monetisasi, berikut penjelasan dari Dhiku, CEO dari Kartumuu.com:

  • Melalui program promosi kartu hadiah dengan brand. Misalnya perusahaan telekomunikasi A mau punya hype lebih di social media saat ulang tahunnya, maka kita bisa kerja sama untuk menyediakan kartu hadiah pulsa buat member Kartumuu untuk digunakan sendiri atau dikirim ke teman-temannya. Mekanisme buat unlock kartu hadiah bisa bermacam-macam, misalnya dibagikan random ke 100 member, atau member yang ulang tahun di bulan yg sama, atau member yang kirim kartu ucapan ulang tahun ke teman-temannya.
  • Melalui kartu hadiah semacam voucher yang nantinya bisa ditukarkan di merchant, nilai voucher-nya dari Rp. 50.000 - Rp. 200.000. Keuntungan diambil dari margin. Jadi sangat praktis untuk orang-orang yang suka bingung mau kasih hadiah ke teman-temannya.
  • Melalui kartu ucapan khusus perusahaan, misalnya perusahaan mau engage dengan client atau karyawannya maka kita akan sediakan layanan untuk kirim kartu dengan desain yang khusus
  • Melalui advertising, yaitu bisa diletakkan di web Kartumuu, email footer atau yang menariknya bisa juga part of design kartu, dengan tarif yang berbeda jika diletakkan di kartu favorit.

Sedangkan untuk penggunaan kartu di merchant, Dhiku menjelaskan mekanismenya sebagai berikut, "Kartumuu akan kirimkan lewat email kartu hadiah dengan kode khusus di email-nya, jadi nanti di-verify oleh merchant adalah kartu dengan kode tersebut. Pengirim tetap bisa kirim kartu hadiah tersebut di Twitter tapi tidak akan ada kode unik di kartunya".

Tampilan desain mereka juga cukup sederhana namun menarik, dengan ikon sapi serta elemen grafis, membuat pengguna bisa fokus dengan desain kartu yang mereka ingin kirimkan, di web mereka juga tersedia timeline yang berisi berbagai kiriman kartu dari para pengguna mereka, terutama yang dikirimkan ke Twitter, karena untuk email sepertinya tidak dicantumkan, karena akan berhadapan dengan masalah privasi. Namun sayang, untuk teks login ada di bagian agak bawah situs mereka, pengguna harus scroll mouse untuk melihatnya, mungkin lebih baik jika ditempatkan di atas di sebelah keterangan login.

Selain kartu yang berhubunan dengan pengiklan, untuk layanan kartu non-promosi, Kartumuu sepertinya bisa menyediakan konten desain yang segar unik, selain tentunya dengan elemen grafis yang menyenangkan, kartu dengan kategori kemacetan, seperti yang dijelaskan diatas sepertinya bisa ditambah lagi, jadi ketika kartu tersebut masuk ke timeline orang lain, mereka akan tersenyum dan merasa 'benar-benar' mendapatkan kartu ucapan.

Untuk rilis publik resmi, Dhiku mengatakan mereka akan meluncurkan Kartumuu untuk pengguna umum berdekatan dengan acara awarding night SparxUp Award 2010, dengan tambahan desain kartu yang lebih variatif lagi.

Kita lihat adaptasi pengguna dari layanan Kartumuu.com, jika melihat penjelasan diatas, bagaimana menurut Anda tentang layanan Kartumuu.com, akankah mendapatkan pengguna yang banyak selaras dengan pengguna media sosial kita yang tumbuh pesat?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again