1. Startup

Kartumuu Tambah Fitur Baru dan Kerja Sama Dengan Dua Startup Indonesia

Kartumuu tambahkan beberapa fitur baru dan umumkan kerja sama dengan dua startup Indonesia. Untuk fitur baru, Kartumuu menambahkan 2 fitur yang berhubungan dengan Facebook serta fasilitas komentar. Kini para pengguna Kartumuu tidak hanya diberikan fasilitas untuk mengirimkan kartu lewat Twitter tetapi juga lewat Facebook. Fitur ini memang ada di roadmap Kartumuu dan sempat dijelaskan juga pada artikel tentang Kartumuu di DailySocial beberapa waktu yang lalu. Seperti layaknya fasilitas bagi kartu ucapan digital di Twitter, pengguna Kartumuu cukup melakukan klik pada tab Facebook yang terdapat di tab pilihan share ketika akan mengirimkan kartu, setelah mengkoneksikan akun Facebook dengan Kartumuu, maka pengguna bisa mengirimkan kartu ke teman mereka di Facebook dengan menuliskan nama teman (terdapat fasilitas auto complete), nantinya teman yang dikirimkan dan pengirim akan menerima kartu ucapan dari Kartumuu di wall masing-masing, termasuk aktivitas like dan comment.

Satu fitur yang baru yang lain adalah fitur untuk memberi komentar serta rating pada desain kartu yang ada di koleksi Kartumuu. Pengguna kini bisa memberikan komentar dari berbagai desain kartu dan memberikan rating (dengan ikon bintang) apakah menyukai desain tersebut atau kurang menyukai. Seperti yang dituliskan di blog mereka, fasilitas ini bisa membantu para desainer di Kartumuu mendapatkan kritik dan mengembangkan kreativitas.

Selain penambahan fitur, Kartumuu juga menambahkan lagi kerja sama antar brand setelah mereka memulainya lewat pemberian hadiah dari Carrefour beberapa waktu lalu. Kini, mereka menjalin kerja sama dengan dua startup Indonesia, KrazyMarket dan GantiBaju.com. Untuk GantiBaju.com, kerja sama yang dilakukan berhubungan dengan momen valentine, yaitu kuis untuk mengungkapkan dengan Kartumuu lewat Facebook, acara kuis ini telah berakhir kemarin, 13 Februari 2011, kuis ini juga menyertakan hadiah tambahan berupa voucher makan dari Calico Grill & Brewery. Satu kerja sama lagi yaitu dengan KrazyMarket. Program kerja sama hadir dengan fitur baru yang dinamakan 'Love is Giving'. Fitur ini memberikan fasilitas pada pengguna Kartumuu untuk mengirimkan kartu ucapan bertema kasih sayang dan menambahkan voucher yang disediakan oleh KrazyMarket, sebuah toko online yang menjual barang-barang unik. Pengguna tinggal memilih kartu dengan tema yang telah ditentukan, tambahkan fasilitas Kartumuu yang tersedia, seperti quotes atau pesan pribadi, setelah itu pengguna bisa memilih voucher yang ingin diberikan, tersedia 3 voucher, mulai dari Rp 50.000, Rp 100.000 dan Rp. 200.000. Layanan yang diberikan Kartumuu sebenarnya cukup klasik, yaitu memberikan kartu ucapan digital, namun dengan pertumbuhan media sosial, seperti dua yang populer Twitter dan Facebook, proses pengiriman kartu menjadi menarik kembali. Penambahan untuk membagikan kartu di Facebook juga harus dilakukan Kartumuu, selain kemudahan yang diberikan untuk melihat secara langsung kartu di wall (untuk di Twitter, sebagian besar aplikasi mengharuskan untuk melakukan klik), serta fasilitas like dan comment bisa menambah elemen viral, baik untuk kartu ucapan itu sendiri maupun untuk brand Kartumuu. Satu hal yang selalu saya tunggu dari layanan Kartumuu adalah kerja sama antar brand, unsur kerja sama telah dimulai sejak pemberian voucher belanja akhir Desember lalu, dan dua kerja sama tambahan ini memberikan gambaran bahwa peluang kerja sama dengan perusahaan lain semakin terbuka. Saya juga akan mencoba mengontak Kartumuu untuk mencoba mendapatkan informasi tentang animo pengguna Kartumuu dari program kerja sama ini. Untuk keterangan lengkap fitur baru Kartumuu, bisa dilihat di tautan ini dan fitur 'Love is Giving' bisa dibaca pada tautan ini. Disclosure: KrazyMarket adalah salah satu startup yang diinkubasi MerahPutih Inc.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again