1. Startup

Kaskus Hadapi Isu Teknis dan Buat Pelanggan Kebingungan (update)

Note: Artikel ini adalah terjemahan dari artikel yang sama di DailySocial versi bahasa Inggris, yang telah diterbitkan kurang lebih satu jam lalu. Ketika tulisan ini dimuat di DailySocial versi Inggris alamat Kaskus.com masih diarahkan ke Google. Saat ini alamat Kaskus.com telah diarahkan kembali ke Kaskus.co.id.

Komunitas online terbesar di Indonesia Kaskus, tengah mengalami masalah teknis yang mencegah pengguna mengakses situs mereka sejak beberapa minggu ke belakang. Masalah yang dihadapi adalah yang berhubungan dengan DNS Kaskus dan layanan domain.

Kaskus lalu mengumumkan secara mendadak bahwa mereka melakukan rebranding dari Kaskus.us ke Kaskus.com, yang megejutkan bagi banyak pengguna mereka. Kaskus berinvestasi di iklan radio untuk memberitahukan pada pengguna mereka tentang perubahan ini, meski kalau melihat sekilas dari hasil pencarian di Twitter, banyak pengguna yang marah dan kecewa dan meminta Kaskus untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Perubahan mendadak ini tidak berjalan lancar seperti yang direncanakan, domain Kaskus.com diarahkan ke situs Google, dan mengakibatkan kebingungan bagi penggunanya. Satu-satunya cara untuk mengakses situs Kaskus adalah melalui Kaskus.co.id, yang masih belum banyak dikenal bagi kebanyakan pengguna dan hal ini juga akan mempengaruhi bisnis iklan mereka.

Perubahan mendadak ini juga juga meninggalkan jutaan halaman Kaskus di Google tidak bisa diakses tanpa informasi lanjutan. Dan hampir pasti Google akan memberikan peringatan pada mereka karena memberikan halaman kosong yang terindeks di mesin pencari.

Dari analisis sederhana ditemukan bahwa catatan DNS Kaskus untuk domain .us telah hilang, domain .com mereka disembunyikan, dan dari analisis rute pada domain .co.id Kaskus terlihat tidak stabil.

Kami mencoba melakukan kontak dengan Kaskus untuk komentar atas hal ini tetapi belum mendapatkan jawaban. Sampai saat ini, Kaskus belum memecahkan masalah domain mereka, dan sampai permasalahan ini terpecahkan, mereka akan kehilangan banyak uang dari bisnis iklannya.

Update dengan keterangan dari CFO Kaskus

"DNS .us yang selama ini dipakai Kaskus mengalami masalah yang di luar kontrol Kaskus, dan ini menjadi kesempatan sempurna untuk Kaskus memfokuskan trafficnya di domain .co.id milik Indonesia. Pure Indonesian!" - Rene Adhibrata, CFO Kaskus

Disclosure: DailySocial dan Kaskus berada di bawah induk perusahaan yang sama.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again