Kaskus (Kembali) Perbarui Tampilan, Rombak Total Tampilan Halaman Muka

Situs forum terbesar di Indonesia, Kaskus, Senin kemarin (19/5) resmi tampil dengan wajah baru. Dengan tak menanggalkan tampilan berciri “V-bulletin” yang legendaris bagi jutaan Kaskuser generasi awal, tampilan baru kali ini memberikan antarmuka yang jauh lebih segar dari sebelumnya dengan navigasi penggunaan yang juga ikut diperbaiki.

Kaskus memberi nama pembaruannya #KASKUSEvolution yang dapat dipantau lewat akun Twitter resmi @kaskus. Salah satu yang paling menonjol dari perubahan ini ialah warna dasar dan letak navigasi menu di halaman muka yang diatur sedemikian rupa untuk kenyamanan pengguna menjelajah ribuan thread di Kaskus setiap saat.

Pada halaman muka Kaskus versi baru memang menjadi halaman yang paling banyak dirombak. Sebagai situs yang menjalankan konten dengan sebagian besar berbasis user-generated, halaman muka Kaskus terbaru seakan sengaja dibuat untuk memperkenalkan hampir seluruh isi konten dan kanal forum yang terdapat dalam Kaskus. Hal tersebut bisa dilihat lewat pengklasifikasian berbagai forum dan produk Kaskus FJB yang dinilai memiliki trafik tinggi seperti Top Forums, Top Products, Promoted Forums, Hot Services, dan juga Second-hand Goods.

Keseriusan Kaskus dalam menyegarkan tampilan halaman muka juga ditunjukkan lewat kehadiran sidebar yang menampilkan seluruh kanal forum beserta subforum-nya yang disajikan secara apik dan tertata rapih. Hal baru yang juga dihadirkan Kaskus kali ini ialah penyematan Top Kaskusers yang ditampilkan di halaman muka. Menu ini berisi daftar-daftar pengguna Kaskus teratas mulai dari pengguna umum, moderator, sampai regional leader.

Sangat berbeda jauh dengan tampilan Kaskus sebelumnya yang “sepi” informasi di halaman muka, Kaskus kali ini sangat kaya akan informasi yang ditampilkan saat pengguna mengakses halaman awal, hal itu tentu sangat baik bagi pengguna yang baru pertama kali bergabung di Kaskus dan ingin mengetahui seluk beluk dari situs yang berdiri sejak tahun 1999.

Pembaruan Kaskus kali ini juga bisa dikatakan menjadi “karya” perdana dari CEO baru Kaskus Sukan Makmuri yang menggantikan posisi Ken Dean Lawadinata pada akhir 2013 kemarin (baca juga: Ken membangun e-commerce Tororo). Sebagai langkah mula, pembaruan yang dilakukan Sukan dengan Kaskus cukup baik –walau sekilas terlihat Kaskus seakan masih bereksperimen.

Dari pembaruan yang baru saja dilakukan, saya berharap Kaskus juga “memperbarui” model bisnis yang dijalankan, seperti misalnya pada layanan Kaskus Ads. Layanan yang mengajak para pebisnis di Kaskus untuk beriklan dengan fasilitas exposure yang lebih baik secara berbayar ini seakan mandeg di tengah jalan dan tidak jelas kabar perkembangannya. Tentu ada baiknya jika pembaruan Kaskus dapat dialokasikan secara menyeluruh di segala sisi agar Kaskus bisa semakin menguatkan posisinya sebagai forum terbuka masyarakat Indonesia terbesar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again