1. Lifestyle

Kaskus Rilis Tampilan Baru

Setelah sebelumnya mengumumkan ‘maintenis’ - istilah Kaskusers untuk maintenance - pada pukul 1 - 2 siang, akhirnya tampilan baru Kaskus - #KASKUSEvolution resmi diluncurkan.

Dari pantauan atas akus resmi Kaskus, potong tumpeng juga dilakukan oleh Sukan Makmuri yang adalah CEO Kaskus dengan Andrew Darwis atau yang lebih dikenal dengan Mimin sebagai penanda tampilan baru ini.

Tampilan baru Kaskus ini terasa lebih bersih dan menghadirkan menu pilihan konten yang tersusun rapih. Anda bisa mengakses berbagai tema Forum serta kategori utama FJB (Forum Jual Beli) pada bagian kiri. Akan muncul menu tambahan ketika Anda mengarahkan kursor pada kategori yang dipilih yang menghadirkan pilihan sub kategori yang lebih banyak.

Beberapa menu utama, yang juga muncul di tampilan lama Kaskus ada di bagian atas tampilan baru ini. Selain itu pengguna juga bisa menjelajah berbagai konten yang paling populer serta forum yang dipromosikan dan berbagai menu lain ketika scroll halaman ke bawah.

Di bagian kanan Anda bisa melihat daftar Top Kaskuser yang diisi menu User, Moderator serta Reg. Leader. Scroll ke bagian bawah lagi ada Kaskus Ads dan di bagian bawah ada dua kolom untuk membeli pulsa lewat Kaskus Store serta jika Anda ingin melakukan donasi.

 

Di halaman utama, hal yang paling membuat saya tertarik adalah bagian pencarian, khususnya di JFB. Bagian ini menjadi bagian paling krusial menurut saya, karena kita tahu sulitnya mencari item di FJB Kaskus jika tanpa bantuan kolom pencarian.

Di kolom ini, selain melakukan pencarian dengan teks ternyata dilengkapi juga filter pencarian berdasarkan lokasi. Jadi kita tidak usah lagi bingung jika ingin mencari barang tertentu di FJB di wilayah yang lebih khusus, misalnya mencari Tomica di wilayah Jawa Barat.

Selain itu kolom pencarian juga dilengkapi dengan filter kategori serta fasilitas pencarian dengan suara beberapa tambahan fitur yang sepertinya akan cukup membantu. Pencarian berdasarkan lokasi ini tentunya memudahkan Anda jika ingin melakukan pembelian COD atau tidak ingin ongkos kirim mahal.

Meski belum menjelajah secara lebih lama, namun perubahan tampilan juga hadir di halaman Thread. Saya mencoba menjelajah tampilan di FJB, meski secara mendasar masih sama namun layout yang ada terasa lebih bersih dengan warna pastel yang sepertinya kini mejadi ciri utama tampilan baru Kaskus.

Warna pastel ini juga mencirikan bagian utama Kaskus, warna biru untuk Forum, hijau untuk FJB, ungu untuk Groupe dan Radio yang hadir dengan warna biru juga tetapi lebih muda sedikit. Semuanya hadir dengan warna pastel.

Tampilan baru ini bagi saya sendiri seperti mengisyaratkan Kaskus yang akan bergerak ke arah portal konten dan e-commerce untuk FJB, meski bentuknya tetap forum mungkin rasa forum ingin sedikit dikikis di versi yang baru ini.

Well, agan dan sista yang sudah tidak sabar silahkan menuju Kaskus.co.id dan menikmati tampilan Kaskus baru ini. Jika Anda lebih suka tampilan lama, di bagian bawah sebelah kiri, Kaskus masih menyediakan pilihan untuk tampilan klasik.

Buat Kaskus, selamat untuk tampilan barunya gan! Salam cendol. :)

Tampilan halaman utama Kaskus yang baru

Tampilan menu sub kategori

Sumber gambar header: akun Twitter Kaskus 

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again