Categories

Berita

Marketplace Jual Beli Tiket StubHub Resmi Masuk ke Indonesia, Gandeng Kaskus untuk Konten

Akan ada widget khusus yang terpampang dalam homepage situs desktop dan mobile Kaskus, hadirkan konten terkait event terkini

Marsya Nabila - 26 April 2017

StubHub, marketplace jual beli tiket asal Amerika Serikat, mengumumkan ekspansinya ke Indonesia dengan menggandeng Kaskus sebagai mitra eksklusif untuk pengadaan konten. Lewat kerja sama ini, Kaskus akan memberikan konten terkait event terkini yang dapat diakses melalui widget StubHub di Kaskus, untuk mendorong transaksi jual beli tiket.

Marketplace yang merupakan anak usaha dari eBay tersebut sebenarnya sudah mulai masuk ke Indonesia sejak Oktober 2016. Hanya saja, lebih dari 50% komposisi tiket yang diperjualbelikan dalam StubHub adalah event skala internasional.

Alasan StubHub menggandeng Kaskus lantaran situs social commerce tersebut diklaim sudah memiliki lebih dari 9,5 juta orang, 30 juta unique visitor per bulannya, dan total 300 juta page views.

Pihak StubHub berharap Kaskus dapat menjadi strategi awal perusahaan untuk membuka peluang menjangkau pengguna baru, mempermudah penyelenggara event lokal agar mereka dapat memasarkan secara lebih luas, dan dikunjungi turis asing.

Mereka juga ingin mempertegas kehadirannya sebagai acuan masyarakat Indonesia yang ingin mencari tiket online seputar event dunia.

“Kami ingin jadi marketplace yang tidak sekedar memperjualbelikan tiket saja, tapi juga mendatangkan turis masuk ke Indonesia lewat event lokal,” terang Regional Manager StubHub Asia Javier Corbacho, Rabu (26/4).

CMO Kaskus Ronny W Sugiadha menambahkan, “Basis utama kami adalah user generated content. Lewat konten, kami berkomitmen untuk memberi kemudahan akses informasi mengenai event terkini untuk para Kaskuser (pengguna Kaskus) baik event lokal maupun luar negeri dan bagaimana cara membeli tiketnya.”

Strategi yang dilakukan StubHub di Indonesia tidak jauh berbeda dengan ekspansi yang di negara lainnya, perusahaan mengutamakan konsep lokalisasi mulai dari pemilihan bahasa dan mata uang yang digunakan. Selain itu, StubHub juga memberikan garansi penuh untuk pengembalian tiket apabila event batal.

Selayaknya marketplace, tidak hanya melulu penyelenggara event skala besar saja yang bisa berjualan di StubHub. Penjual tiket individu pun juga bisa berjualan tiket.

Diklaim saat ini StubHub menyediakan 10 juta event terkait olahraga, musik, hingga teater yang di lebih dari 48 negara. Jumlah unique visitor secara global lebih dari 21 juta per bulannya. Dengan data base tersebut, StubHub mengklaim dapat menjual satu tiket setiap 0,9 detik.

“Kami buka kesempatan untuk semua individu bisa berjualan tiket, bahkan tiket pribadi yang sudah terlanjur dibeli dapat dijual lagi di StubHub. Dengan exposure yang kami tawarkan, diharapkan tiket jadi lebih mudah terjual,” terang Supply Manager StubHub Indonesia Januar Parlindungan.

Ke depannya, pengguna StubHub di Indonesia dapat segera menikmati berbagai inovasi yang dihadirkan. Mulai dari pengenalan aplikasi tiket, pemetaan kursi yang interaktif, gambaran virtual tempat duduk secara 360 derajat, chatbot, dan lainnya.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter