1. DScovery

Kata Pengantar Proposal, Format, Contoh, dan Struktur Penulisan

Membuat kata pengantar proposal itu mudah asalkan kamu mengetahui teknisnya dan contoh sebagai rujukan dalam membuatnya.

Kata pengantar merupakan bagian penting dalam penulisan artikel ilmiah. Kata pengantar tertulis biasanya ditemukan di berbagai publikasi ilmiah, seperti proposal, tesis, karya penelitian dan bantuan dana.

Contoh kata pengantar proposal dapat dengan mudah ditemukan di awal artikel akademik. Oleh karena itu, penyusunan kata pengantar harus didesain semenarik mungkin, agar pembaca tertarik untuk melihat isi karya ilmiah yang sudah jadi.

Berikut ini adalah contoh Kata pengantar proposal yang disarankan:

Kata Pengantar Proposal Skripsi

Sumber: Scribd

Kata Pengantar Proposal Magang

Sumber: Academia Edu

Kata Pengantar Proposal Kegiatan OSIS

Sumber: Scribd

Kata Pengantar Proposal Kegiatan Seni

Sumber: Academia Edu

Kata Pengantar Proposal Hari Sumpah Pemuda

Sumber: Scribd

Kata Pengantar Proposal Bisnis/Usaha

Sumber: Scribd

Kata Pengantar Proposal Permohonan Bantuan Dana

Sumber: Scribd

Struktur Kata Pengantar Proposal

Berikut struktur kata pengantar yang baik dan benar serta mengikuti kaidah penulisan:

1. Pembuka

Bagian pertama kata pengantar biasanya terdiri dari satu atau dua paragraf. Awal kata pengantar biasanya berisi ucapan terima kasih penulis karena telah menyelesaikan tulisannya.

Ucapan syukur di awal kata pengantar biasanya ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pada bagian ini pengakuan yang diberikan oleh penulis disesuaikan dengan agama atau kepercayaannya.

Pada bagian ini, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan karya ini. Biasanya, penulisan surat ucapan terima kasih ini diurutkan berdasarkan peran atau posisi dan bagaimana pengaruhnya terhadap penciptaan karya.

2. Isi

Susunan kata pengantar selanjutnya adalah isi, bagian ini berisi gambaran umum tentang keseluruhan isi karya. Bagian isi ditulis terlebih dahulu dengan menyebutkan judul artikel kemudian uraian singkat tentang isi artikel.

Saat menulis isi pendahuluan, lebih baik menulis bagian-bagian yang penting saja. Secara umum menggambarkan topik yang diliput dalam majalah, yang mungkin menarik bagi pembaca dalam isi majalah.

3. Penutup

Kesimpulannya adalah struktur definitif dari pendahuluan. Bagian ini biasanya berisi permintaan maaf penulis atas kesalahan atau hal-hal yang dianggap kurang oleh karya tersebut.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai kata pengantar proposal dari contoh hingga strukturnya yang dapat kamu ikuti. Semoga membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again