Categories

Interview

Kawan Lama Grup Dirikan KlikMRO, Mudahkan Pemenuhan Kebutuhan Peralatan Industri

KlikMRO adalah perusahaan e-commerce keempat yang dimiliki oleh Kawan Lama Grup

Marsya Nabila - 19 September 2016

Perusahaan secara rutin mengeluarkan sejumlah dana untuk kebutuhan belanja, entah itu untuk membeli peralatan atau lainnya. Namun biasanya prosedur yang dibutuhkan banyak memakan waktu karena butuh approval yang berjenjang dan berlapis. Padahal di era teknologi seperti ini seluruh proses itu bisa terpangkas. Dengan memiliki visi untuk menyelesaikan masalah tersebut, KlikMRO hadir meramaikan ranah e-commerce untuk kalangan bisnis.

PT eMaRO Online Indonesia (KlikMRO), salah satu anak usaha e-commerce dari Kawan Lama Grup, secara khusus menyasar konsumen perusahaan yang membutuhkan produk pendukung proses pemeliharaan, perbaikan dan operasional (MRO), sekaligus meningkatkan produktivitas perusahaan industri. Sejak bulan KlikMRO telah resmi hadir dalam versi beta.

Perlu diketahui, KlikMRO adalah perusahaan e-commerce keempat yang dimiliki oleh Kawan Lama Grup (KLG). Ide dan konsep pendiriannya sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu. Sebelumnya, KLG sudah mendirikan KawanLama, Ruparupa (menjual barang-barang dari Ace Hardware, Informa dan Toys Kingdom) dan Krisbow (khusus menjual produk Krisbow).

Kepada DailySocial, Christianto Hermawan selaku Head of Customer Engagement KlikMRO menjelaskan umumnya saat perusahaan mengeluarkan dana untuk belanja rutin butuh belasan hingga puluhan approval. Tentu saja hal ini memakan waktu hingga berminggu-minggu sebelum barang bisa terkirim.

Pihaknya pernah melakukan studi, perbandingan harga produk dengan cost yang dikeluarkan perusahaan mencapai 1 banding 4. Artinya pengeluaran perusahaan tidak sebanding dengan harga produk yang diincarnya. Christianto mengatakan:

"Kami hadir dengan semangat ingin membantu meningkatkan produktivitas perusahaan MRO lewat teknologi. Banyak perusahaan yang butuh ada perpanjangan tangan dalam menyuplai produk sehari-hari tanpa proses tender."

Christianto melanjutkan, proses bisnis KlikMRO adalah business-to-business (B2B) dengan layanan kemudahan seperti approval level, yakni memudahkan proses approval produk bagi buyer dan manajemen dalam satu proses untuk menunjang transaksi jual beli antar perusahaan. Sistem juga didesain untuk transparansi, yakni proses pemesanan, pembelian dan pengiriman barang mudah dipantau karena ada email notifikasi kepada pihak yang berhak mendapatkan informasi dan harga yang tercantum sudah termasuk pajak.

Kemudian kemudahan yang ditawarkan dalam dashboard All in One, yakni proses pencarian, pembelian, monitoring pesanan dan fitur perbandingan tersedia dalam satu dashboard terpusat. Terakhir kemudahan untuk memanfaatkan layanan E-Quotation, E-Invoice dan E-Faktur untuk buyer yang ingin mendapatkan surat penawaran, surat penagihan maupun faktur pajak saat melakukan transaksi.

"Semua kemudahan yang kami tawarkan memiliki tujuan akhir ingin memangkas seluruh biaya yang biasa ditanggung perusahaan bila berbelanja dengan cara konvensional."

Siap tambah produk dan layanan

Saat ini terhitung lebih dari 100 ribu produk telah tersedia, dengan 180 merek yang terdiri dalam 13 kategori barang kebutuhan industri. Seluruh produk yang dihadirkan dalam situs KlikMRO adalah produk hasil kerja sama dengan pabrik dan distributor lokal yang menghadirkan produk orisinal dari merek kelas dunia seperti Philips, Schneider, AEG, Bosch dan lainnya.

Pihaknya bertekad ingin terus menambah jumlah rekanan kerja sama dengan merek lainnya. Catatannya, supplier harus memiliki barang dengan kondisi ready stock.

"Tantangan kami saat ingin menambah produk untuk industri perhotelan misalnya, rata-rata proses pembeliannya based on order, jadi tidak ada stock-nya. Ini permasalahan yang harus kami selesaikan."

KlikMRO juga ingin memberikan fitur Services untuk kliennya dalam hal instalasi barang dengan kompleksitas yang minim. Nantinya instalasi akan dilakukan oleh orang yang berpengalaman di bidangnya. Selain itu, dalam fitur tersebut akan ada tim konsultan yang bertugas memberikan masukan kepada buyer terkait masa pakai produk, cara merawatnya dan lain-lain.

Untuk metode pembayarannya, KlikMRO menyediakan berbagai pilihan metode seperti kartu kredit, debit, bank transfer dan e-wallet. Selain itu, KlikMRO telah bekerja sama dengan Modalku, untuk pemberian fasilitas pinjaman kredit.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter